GOLDEN SHOWER, POHON LINDUNG BERBUNGA (13)

Pohon lindung berbunga sumbangan alumni Fakultas Stasra berikutnya adalah

Cassia fistula

Nama umum pohon Cassia fistula adalah Golden Shower, memiliki nama-nama a.l. Amaltaas, Laburnum (India), Pohon Pipa Pudding, Trengguli, kayu raja, bobondelan, kolobur, tilai, bubuni, ketoka, kluwang, ladao, limbalo, dan dikenal juga sebagai pohon mandi emas.
Pohon mandi emas berukuran pohon sedang, dapat cepat tumbuh tinggi 10-30 meter dengan pertumbuhan yang cepat tumbuh dengan baik di daerah beriklim kering, yang terbaik di bawah sinar matahari penuh, memiliki mahkota terbuka dan tidak teratur.
Dalam keadaan musim kering berkepanjangan akan mekar lebih baik di mana ada perbedaan antara suhu musim panas dan musim dingin, semua pohon merontokkan daunnya dengan bunga berkelompok berwarna kuning keemasan dan menggantung.
Daun ini akan gugur dari pohon untuk waktu singkat dan dengan cepat akan digantikan oleh daun baru. Di musim panas, Golden-Shower dihiasi dengan cluster tebal mekar kuning mencolok yang meliputi cabang-cabang sedikit “melorot”.
Bunga-bunga yang mekar kemudian diikuti oleh produksi buah yang panjang, coklat tua, polong silindris yang bertahan di pohon sepanjang musim dingin sebelum jatuh ke tanah sebagai sampah.
Buahnya adalah berbentuk  kacang-kacangan , panjang 30-60 cm dan lebar 1,5-2,5 cm, dengan bau yang menyengat dan mengandung beberapa biji . Benih-benihnya yang terkandung adalah mengandung racun yang bermanfaat dalam sistem pengobatan herbal.
Pohon lindung berbunga yang populer berkembang pesat digunakan sebagai tanaman untuk hiasan properti di daerah tropis dan subtropis yang teduh.  Pohon yang juga dikenal sebagai obat herbal Ini adalah tanaman berbunga spesies asli dari benua India dan wilayah yang berdekatan Asia Tenggara.
Cassia fistula secara luas ditanam sebagai tanaman hias juga merupakan pohon nasional Thailand, dengan bunganya adalah bunga nasional Thailand.
Pohon ini memiliki kayu kuat dan yang sangat tahan lama, berbunga berlimpah berkali-kali dengan hampir terlihat tidak ada daun, pohon-pohonnya ditutupi dengan bunga kuning.  Bunga pohon ini mekar di akhir musim semi, biasa ditanam di kebun dan di sepanjang pinggir jalan.Berikut adalah foto-foto apabila bibit pohon tersebut telah besar dan berbunga (KLIK – untuk memperbesar):

Noor Farochi — Kabag UHTBMN

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.