XANTHOSTEMON CHRYSANTHUS, POHON LINDUNG BERBUNGA (14)

Sumbangan alumni Fakultas Sastra angkt. 1970/1971 berikutnya adalah

Xanthostemon chrysanthus

Nama Xanthostemon chrysanthus, spesies berasal dari kata Yunani Kuno xanthos – kuning, dan stemon – benang atau benang sari. CHRYSOS “emas”, dan “anthos” “bunga”.
Xanthostemon chrysanthus adalah tanaman kebun populer dengan bunga yang mekar berwarna kuning mencolok, umumnya dikenal sebagai pohon Penda Emas, yaitu spesies pohon yang ditemukan tumbuh begitu saja (endemik).
Penda Emas adalah pohon hutan terbuka atau hutan tadah hujan, ditemukan di pesisir utara Queensland utara dari Townsville ke Cape York, seringkali terdapat di sepanjang tepi atau anak sungai.
Xanthostemon chrysanthus adalah pohon berukuran sedang dengan mahkota menyebar sebagai pohon di alam liar, dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 meter tetapi dalam budidaya biasanya lebih kecil, mungkin hanya mencapai antara 5 — 10 m.
Oleh pengusaha pembibitan tanaman, dibudidayakan sebagai tanaman hias, untuk digunakan di kebun dan taman lansekap.  Pembibitan pohon ini dapat diperbanyak dengan stek atau biji, bisa juga melalui perkecambahan tapi mungkin lambat.
Xanthostemon chrysanthus, dikenal sebagai “pohon hias yang sangat menarik” tetapi cukup sulit untuk mendapatkannya.  Tanaman ini cukup kuat, mentolerir dan tahan di tanah kering, untuk kondisi panas lebih suka iklim hangat dalam posisi cerah dan kondisi lembab.
Pohon Penda Emas ini memiliki respons yang baik dengan pemangkasan dan dapat dengan mudah dibentuk menjadi semak, pagar, atau layar penahan angin dengan pemangkasan rutin dan hampir tidak memerlukan penyiraman setelah dibentuk, namun akan berkembang dalam tanah berdrainase baik.
Pertumbuhan daun yang pada awalnya berwarna kemerahan tembaga kontras indah dengan yang lebih tua.  Selanjutnya setelah dewasa daunnya kaku berbentuk ujung tombak, hijau tua mengkilap di atas dan pucat di bagian bawah dengan panjang daun sekitar 15 cm.
Di daerah sub-tropis dan tropis pembungaan dapat diandalkan, bunga-bunga terjadi dalam kelompok dekat ujung cabang.  Diantara bunga-bunga sering terdengar suara berdengung dari lebah yang mengumpulkan nektar.
Pembungaan biasanya terjadi di sini di akhir musim panas dan musim gugur menampilkan pemandangan yang menakjubkan saat bunga mekar penuh.  Benang sari adalah fitur utama dari bunga berbulu muncul di ujung cabang, nampak seolah-olah ada ratusan laba-laba di dalam bunga-bunga mekar kuning keemasan.
Pembungaan muncul pada setiap saat sepanjang tahun terjadi di musim panas dan musim gugur, berbunga berlimpah kuning cerah yang mencolok membentang di ujung cabang, sangat menarik.

 Berikut adalah gambar-gambar jika bibit pohon tersebut berhasil tumbuh besar (KLIK — untuk memperbesar).

 

 Noor Farochi — Kabag UHTBMN

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.