BUKAN SALAH BUNDA MENGANDUNG

BUKAN SALAH BUNDA MENGANDUNG

Oleh: Djoko Rahardjo*)

 

Rabu, 14 Mei 2014; Sekitar jam 09.15 wib; Bertempat di Ruang Komputer Lantai II Gedung TIK UM. Kami berdua, Prof. Dr. Dawud, M.Pd dan saya (penulis) sedang membicarakan kisah Wayang Maha Bharata khusus yang menyangkut “keberadaan” Adipati Karno di muka bumi.
Memang Karno pernah mendapatkan hinaan dari para raja dan para kesatria pada saat mengikuti Sayembara yang diselenggarakan oleh Raja Drupada. Sayembara tersebut diselenggarakan untuk memperebutkan Dewi Drupadi, putri Raja Drupada.
Karno mendapatkan hinaan dengan kata-kata yang sangat menyakitkan hati. Jika dibandingkan dengan bahasa gaul ABG masa kini, ternyata bahasa para raja dan para pangeran itu lebih jelek (ancur-ancuran). Misalnya cewek ABG yang sedang ditembak/ditaksir  oleh cowok yang bukan idamannya, paling dia menolaknya begini: “Emangya elu siape? Berani-beraninya nembak gue. Ngaca dong! Ngaca dong!”
Seperti apa kira-kira kata-kata yang dilontarkan oleh para raja dan para pangeran? Hal itu akan kita bahas di lain waktu. Kali ini yang hendak kita bicarakan adalah tentang kehadiran Adipati Karno atau Surya Atmaja di jagat ini. Semua rakyat di Kerajaan Hastinapura mengetahui bahwa dia adalah anak seorang kusir kereta kerajaan.
Apakah betul dia anak seorang kusir kereta kerajaan? Tidak! Dia adalah anak Dewi Kunti. Lho? Bagaimana bisa?  Bukankah Dewi Kunti hanya memiliki tiga orang anak kandung, yaiu Yudhistira, Bima dan Arjuna?  Sebelum menikah dengan Pandu Dewanata, Dewi Kunti adalah “pemuja Dewa Surya”. Saking seringnya  Kunti membaca mantra-mantra untuk Dewa Surya maka mengandunglah dia. Setelah bayi itu lahir lalu dia larung (dihanyutkan) ke sungai. Perjalanan bayi yang hanyut itu menyangkut di pohon, kemudian dipungut oleh seorang kusir kereta kerajaan.
Ada kemiripan antara lahirnya Karno dengan lahirnya UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Lho kok bisa? Peribahasa lama menyatakan: BUKAN SALAH BUNDA MENGANDUNG. Mohon maaf tulisan ini ternyata bersambung karena penulis sedang ada tugas meliput kegiatan MONITORING PPG di Aula LP3 UM.
                                                                                       Bersambung…       
*) Staf Subag Umum LP3 UM

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.