PILIH YANG 16 TAHUN ATAU YANG 83 TAHUN

Pilih yang 16 tahun atau yang 83 tahun. Dalam benak pembaca pasti akan timbul pertanyaan: “Apa-apaan ini?” Belum tahu permasalahannya, tiba-tiba disuruh memilih. Mungkin sebagian orang akan berkomentar bahwa tulisan ini mirip dengan teka-teki silang yang berhadiah sabun colek. Atau mungkin seseorang yang sedang menghitung besaran angsuran KPR BTN. Benarkah?

Bila dikaitkan dengan KPR BTN, adakah angsuran yang berjangka waktu 83 tahun? Jawabnya, belum ada! Lalu apa maksud dan tujuan dari tulisan ini? Nah…, tulisan ini ditujukan kepada Warga Kota Malang yang akan mendaftar ibadah haji pada tahun 2014. Lalu apa hubungannya dengan angka 16 dan angka 83. Mohon para pembaca bersabar dahulu.

Sebelum mengupas angka 16 dan angka 83, marilah kita cermati pejelasan atau paparan para nara sumber pada acara PEMBUKAAN MANASIK HAJI yang diselenggarakan oleh KBIH AL FALAH UM pada hari Sabtu, 10 Mei 2014, pukul 09.10 wib., bertempat di Aula Perpustakaan Masjid Al-Hikmah UM.

Foto0993

Tahun yang lalu…, Acara Pembukaan Manasik Haji KBIH Al Falah UM itu dibuka oleh Rektor UM di Ruang Pertemuan Kantor Rektorat UM tetapi hari ini…, dibuka oleh Wakil Rektor 2 UM di Aula Perpustakaan Masjid. Jadi…, perjalanannya dari masjid ke masjid. Maksudnya…, dari Masjid Al Hikmah UM ke Masjidil Haram Mekah. Begitulah penjelasan yang cukup jenaka dari Prof. Dr. H. Imam Asrori, M.Pd, selaku Ketua Penyelenggara.

Semakin sering mengikuti bimbingan manasik haji semakin baik. Hal ini saya rasakan pada saat melaksanakan ibadah haji tahun 2013. Dimana saat itu, kami tidak didampingi oleh pembimbing dari KBIH Al Falah UM. Hal itu disebabkan oleh pengurangan kuota haji sehingga pembimbing tidak bisa berangkat . Apa yang yang telah diberikan oleh Pembimbing dari KBIH Al Falah UM sangat berguna ketika kami melaksanakan ibadah haji. Testimoni ini disampaikan oleh Drs. H. Yusuf Ikhwanto.

Dahulu (beberapa puluh tahun yang lalu) setiap Orang Islam yang akan melaksanakan Ibadah Haji, asalkan sudah melunasi ongkos naik haji maka satu tahun kemudian yang bersangkutan akan diberangkatkan ke Mekah. Tahun 2014 ini di Kota Malang “daftar tunggu” sudah mencapai 16 (enam belas) tahun. Artinya, apabila mendaftar tahun 2014 maka pada tahun 2030 jamaah tersebut akan diberangkatkan ke tanah suci . Demikian informasi dari Drs. H. Imron, M.Ag, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang.

Lebih lanjut Drs. H. Imron, M.Ag menerangkan bahwa kebijakan pemerintah tahun ini akan memberangkatkan “lebih dahulu” calon jamaah haji yang berusia 83 (delapan puluh tiga) tahun atau lebih. Calon jamaah haji yang bersangkutan harus didampingi oleh 1 (satu) orang kerabat dekatnya.

KOMENTAR PENULIS:
Bila Anda seorang yang memiliki kakek atau nenek yang berusia 83 tahun atau lebih maka segera daftarkan ONH tahun ini agar Anda berangkat tahun ini bersama “sang kakek atau sang nenek”. Untuk apa harus menunggu 16 (enam belas) tahun lagi.

*) Staf pada Subag Umum LP3 UM

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.