Arjuna sang Playboy (Bagian Ke-4)


ARJUNA SANG PLAYBOY

(Bagian Ke-4)

Oleh: Djoko Rahardjo*

Berbicara tentang hubungan antara pernikahan Arjuna dengan Subadra dalam kisah Mahabarata adalah sesuatu yang berkaitan dengan “pembelokan” takdir. Di akhir Bharatayuda, semua anak dan cucu Raja Destarata musnah. Begitu juga semua anak dan cucu Pandawa gugur di Tegal Kurusetra. Harapan satu-satunya ada pada cucu Arjuna dan Subadra yang bernama Parikesit. Suratan takdir bagi Parikesit adalah mati di dalam rahim Utari, Sang Ibunda. Penyebab kematian Parikesit adalah panah Brahmastya milik Aswatama yang dihujamkan ke rahim Utari. Memang janin yang ada di dalam Rahim Utari sudah mati tetapi oleh Basudewa Krisna dihidupkan kembali. Inilah pembelokan takdir yang dilakukan oleh Basudewa Krisna sehingga lestarilah Wangsa/Bangsa Kuru.
Lalu apa hubungan pernikahan Arjuna dengan Subadra dalam melastarikan Bangsa Yadawa? Pembaca yang budiman tentu ingat dengan kutukan Ratu Gandari kepada Basudewa Krisna bahwa semua Bangsa Yadawa akan tenggelam ke dasar laut. Basudewa Krisna pun akan mati dalam pengembaraannya di hutan. Berkat kelahiran kembali Parikesit maka lestarilah Bangsa Yadawa. Arjuna adalah Bangsa Kuru atau Cicit dari Raja Bharata sedangkan Subadra adalah Bangsa Yadawa yang sekaligus adik dari Basudewa Krisna.
Bagaimana dengan perkawinan Arjuna dengan Drupadi? Samakah kisah Drupadi dengan Banuwati dan Subadra? Jawabnya: tidak! Pernikahan antara Arjuna dengan Banuwati didasarkan pada cinta sejati. Pernikahan antara Arjuna dengan Subadra adalah pernikahan yang bersyarat untuk membelokkan takdir. Sedangkan “perkawinan” antara Arjuna dengan Drupadi adalah tragedi bagi anak manusia.
Poliandri adalah sesuatu yang tabu bagi anak manusia. Apakah karena Kunti dianggap sebagai wanita yang suci sehingga perintahnya menjadi suatu pembenaran/dasar hukum? Lebih mulia yang mana antara Arjuna yang berpoligami dengan Drupadi yang berpoliandri?
 FOTO DRUPADI
 POOJA
 
Bersambung…
 

*) Staf Subbag Umum LP3 UM

 

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.