Pemeran Fotografi

Setelah selesai mengikuti ujian tulis nasional secara online, Para Alumni SM-3T UM, Peserta PPG UM Angkatan Ke-2 mengadakan pameran fotografi dan lain-lain di Rusunanawa UM pada tanggal 10 dan 11 Februari 2015. Adapun laporan kegiatan selengkapnya disampaikan oleh Saudara Agus Widayoko (Yoko) Alumni PPG UM Angkatan Ke-2 seperti berikut.

PAMERAN FOTOGRAFI DAN SEMINAR PENDIDIKAN INSPIRATIF 2015

PPG SM3T UNIVERSITAS NEGERI MALANG

 

  1. KEGIATAN:
  2. Pameran fotografi
  3. Lomba fotografi
  4. Seminar pendidikan inspiratif
  5. Pentas kesenian
  6. Perpisahan PPG SM3T Universitas Negeri Malang
  7. TANGGAL KEGIATAN:

Selasa dan Rabu tanggal 10–11 Februari 2015

Pameran ini digelar selama dua hari dan 2 malam. Hari pertama diawali dengan seminar pendidikan inspiratif, dilanjutkan pameran fotografi. Kemudian pada malam pertama ada pentas kesenian 1 dari peserta PPG angkatan ke-2. Hari berikutnya pameran fotografi dan game tradisional. Malam kedua ada pentas kesenian 2 sekaligus perpisahan kegiatan PPG.

  1. TEMPAT KEGIATAN:

Central Park Rusunawa PPG SM3T Universitas Negeri Malang

  1. URAIAN KEGIATAN:
  2. Pameran fotografi

Pameran fotografi ini diikuti oleh semua peserta PPG SM3T Universitas Negeri Malang angkatan kedua yang sedang menyelesaikan PPG dan peserta SM3T angkatan ketiga yang baru saja datang dari tempat penugasan. Peserta pameran dibagi menjadi beberapa stan fotografi berdasarkan asal penempatan waktu SM3T yaitu stan Nunukan, Kep. Talaud, Papua, Aceh, Sumba Timur, Kupang, Alor, Manggarai, Malinau, dan Kep. Sitaro. Selain foto penempatan, setiap stan juga dihias sesuai dengan ke-khasan yang ada di daerah masing-masing. Jadi, pengunjung bisa dengan mudah memahami keadaan riil daerah penempatan masing-masing stan. Hal menarik lain ditunjukkan oleh peserta PPG yaitu para penjaga stan menggunakan pakaian adat daerah penempatan saat menerima pengunjung dan menjelaskan setiap foto, seperti ala SPG (Sales Promotion Girl). Setelah puas berkunjung, pengunjung juga bisa berselfie dengan penjaga stan atau bahkan bisa memakai pakaian adat. Pengunjung juga bisa berfoto selfie dengan menggunakan pakaian khas masing-masing daerah seperti pakaian adat dayak, papua (koteka), kain tenun dari NTT, dan lain-lain. Tujuan pameran fotografi ini adalah untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan melestarikan budaya bangsa.

  1. Lomba fotografi

Lomba fotografi ini diikuti oleh semua peserta PPG SM3T angkatan 1,2, dan 3. Foto yang dilombakan adalah foto waktu mengabdi di daerah penempatan. Ada 3 kategori foto yang dilombakan yaitu Alama, Pendidikan, dan Sosial Budaya. Lomba ini diawali dengan tahap seleksi file. Ada sekitar 500 file foto yang masuk ke panitia dan diseleksi. Hasil seleksi terdapat 40 foto terbaik dari setiap kategori. Jadi ada sekitar 120 foto yang lolos tahap awal. 40 foto terbaik tiap kategori ini akan dipamerkan saat kegiatan pameran dan akan dinilai oleh juri professional dalam fotografi yaitu fotografer harian kompas mas Bahana Ghupta. Foto diambil terbaik 1 di tiap kategori dan mendapatkan uang pembinaan.

  1. Seminar pendidikan inspiratif

Seminar pendidikan inspiratif ini menghadirkan pemateri yang handal sekaligus penulis buku pendidikan ternama. Bapak Munif Chatib, beliau adalah pemerhati pendidikan dan penulis buku. Beberapa buku yang terkenal adalah sekolahnya manusia, gurunya manusia, dan lain-lain. Seminar pendidikan inspiratif ini dilaksanakan pada hari pertama setelah acara pembukaan. Acara pembukaan dibuka oleh WR. 1 Universitas Negeri Malang. Acara pembukaan dihadiri oleh WR 1, WR 3, WR 4, ketua LP3 dan jajarannya. Acara yang diusung dengan format yang sederhana di tempat yang terbuka ini mampu menghadirkan orang-orang penting di Universitas Negeri Malang. Hal ini membuat semangat yang luar biasa bagi teman-teman karena kegiatan ini mampu menarik perhatian.

Materi yang dibawakan dalam seminar ini adalah mengenai sekolahnya manusia. Bagaimana menjadi guru yang menginspirasi murid dari hal paling mendasar. Peserta juga di training bagaimana menaklukkan siswa yang nakal dengan pendekatan-pendekatan khusus. Bagaimana menggali bakat siswa nakal, dan lain-lain. Seminar ini sangat berguna untuk menumbuhkan semangat juang teman-teman PPG SM3T yang sebentar lagi akan menyelesaikan PPG dan siap menjadi tenaga profesional.

 

  1. Pentas kesenian

Pentas kesenian ini dilaksanakan pada malam pertama. Pentas kesenian ini diisi oleh teman-teman PPG tiap prodi. Setiap prodi tampil untuk memeriahkan acara. Selain itu juga ada penampilan individu atau kelompok dari wisma maupun rusunawa.

  1. Perpisahan PPG SM3T Universitas Negeri Malang

Kegiatan perpisahan ini dilaksanakan pada malam kedua. Kegiatan perpisahan ini dimeriahkan oleh teman-teman PPG dan artis local malang. Malam kedua ini sangat meriah. Di malam kedua ini juga disebutkan pemenang award PPG, mulai dari award terfavorit, prestasi, sampai award tersexy. Ada 10 award yang diberikan dalam kegiatan ini. Selain itu juga ada foto-foto flashback kegiatan selama kegiatan PPG.

NO1

NO2

NO3

NO4

NO5
NO6

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.