Prediksi 10 Besar Perguruan Tinggi Indonesia

Tanggal 21 Juni 2010, Learning Center for World Class University (LCWCU) Universitas Negeri Malang mengukur indikator Webometrics perguruan tinggi Indonesia dan memprediksi peringkatnya sebagai berikut.

Prediksi Peringkat 21 Juni 2010

Peringkat Webometrics Januari 2010

Nama Perguruan Tinggi Domain

1

5

Universitas Gunadarma (UG) gunadarma.ac.id

2

4

Universitas Kristen Petra (Petra) petra.ac.id

3

12

Institut Pertanian Bogor (IPB) ipb.ac.id

4

1

Universitas Gajah Mada (UGM) ugm.ac.id

5

2

Institut Teknologi Bandung (ITB) itb.ac.id

6

6

Universitas Negeri Malang (UM) um.ac.id

7

3

Universitas Indonesia (UI) ui.ac.id

8

9

Universitas Airlangga (Unair) unair.ac.id

9

11

Universitas Diponegoro (Undip) undip.ac.id

10

16

Universitas Islam Indonesia (UII) uii.ac.id

Perkembangan indikator Webometrics perguruan tinggi Indonesia dalam bulan April, Mei, dan Juni 2010 menunjukkan bahwa sejumlah perguruan tinggi berusaha keras untuk memperbaiki indikatornya.

Dalam kelompok 10 besar ini, yang peringkatnya melompat paling banyak adalah IPB. IPB berhasil naik 9 peringkat dari 12 menjadi 3. IPB adalah salah satu peserta Lokakarya Nasional Strategi Meningkatkan Peringkat Webometrics. Apakah ada hubungannya?

UII berhasil naik 6 peringkat. Tim linknya berlayar ke seluruh dunia … sukses!

UG melompat peringkatnya dari peringkat 5 menjadi peringkat 1. Hebat dan selamat untuk para pejuangnya.

Petra juga berhasil menaikkan indikatornya dari peringkat 4 menjadi peringkat 2. Mudah-mudahan prestasi ini bisa dipertahankan sampai pengumuman resmi Webometrics.

UM  memang tidak menunjukkan perbaikan peringkat yaitu tetap peringkat 6, tetapi sebenarnya UM telah meningkatkan indikatornya cukup banyak, terbukti berhasil menggeser UI (walaupun sangat tipis perbedaan nilainya). Mudah-mudahan dalam sisa waktu yang ada, UM bisa tetap berada di peringkat 6, syukur-syukur bisa naik ke peringkat 5 (perbedaan nilai dengan ITB cukup besar).

Melihat perbaikan indikator yang terjadi dengan sangat cepat dalam 10 besar Indonesia maka Gunadarma, IPB, dan UM akan mengikuti jejak UGM, ITB, UI, dan Petra untuk masuk 1000 besar dunia.

Jika ini benar terjadi maka dunia perguruan tinggi Indonesia pasti “hangat”, tentu saja UGM, ITB, dan UI akan berusaha untuk memperbaiki indikatornya. Semua ini akan mengakibatkan semakin banyaknya perguruan tinggi Indonesia yang masuk 1000 besar dunia.

Perlu diingat bahwa INI HANYALAH SEBUAH PREDIKSI, masih harus bersabar menunggu akhir Juli atau awal Agustus 2010 untuk pengumuman resmi Webometrics.

Malang, 22 Juni 2010

Johanis Rampisela (Peneliti LCWCU)

Post Author: humas admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.