UM Berjaya di Ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2011

Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur tahun 2011 telah digelar pada Rabu, 14 September 2011. Bertempat di kantor Balai Bahasa Jawa Timur, Buduran Sidoarjo, acara yang rutin digelar tiap tahun itu diikuti oleh 42 peserta dari seluruh wilayah Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, UM mengirimkan 12 peserta (6 putra, 6 putri) yang kesemuanya berasal dari Fakultas Sastra.
Rangkaian seleksi terdiri tiga sesi, di antaranya tes UKBI, wawancara (wawasan kebahasaindonesiaan, wawasan budaya daerah, dan kemampuan bahasa asing), dan sesi terakhir presentasi ilmiah.
Seluruh peserta mengikuti sesi pertama dan sesi ke dua, selanjutnya untuk masuk sesi tiga, panitia hanya memilih masing-masing 10 finalis putra dan 10 finalis putri. Alhamdulillah, 9 Wakil UM berhasil lolos final yaitu 5 putra dan 4 putri. Prestasi ini sempat membuat Tim UM terkejut sekaligus bangga karena tidak menyangka akan ada sebanyak itu yang masuk final. Setelah masuk final (menjawab pertanyaan juri di hadapan semua hadirin), jajaran juri mengumumkan 3 pemenang utama, baik putra maupun putri. Bersyukur, 3 finalis dari UM berhasil meraih juara yaitu Dyah Rahmawati (Sastra Indonesia) berhasil meraih Juara I dan berhak mengikuti seleksi Duta Bahasa Tingkat Nasional di Jakarta. Sementara Abu Amar Fauzi (Sastra Inggris) berhasil meraih Juara II dan Sigit Purnomo Juara III. Juara II putri diraih oleh mahasiswa UIN Maliki Malang, Juara III mahasiswi UB. Sementara Juara I putra diraih oleh kontestan asal Jember.

Prestasi ini tentu diraih bukan tanpa usaha. Di Fakultas Sastra, sebelumnya sudah diadakan seleksi yang diikuti 24 peserta yang berasal dari berbagai jurusan.  Setelah terpilih kandidat yang sekiranya layak, semua kandidat tersebut diberi pelatihan singkat sebagai bekal mengikuti kompetisi. Terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, utamanya dari jajaran pimpinan Fakultas Sastra yang telah memfasilitasi keperluan peserta dari UM. Semoga presatsi ini kian mengharumkan nama almamater kita tercinta.

Selamat untuk TIM UM.

Post Author: humas admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.