BERKARYA DAN TERUS BERKARYA

Mencermati sambutan Rektor pada acara pelantikan pejabat dan serah terima jabatan tanggal 23 Oktober 2009 nampak bahwa semua pejabat dan keluarga besar UM dalam pelaksanaan tugas disamping dituntut untuk  berorientasi kemajuan, pelaksanaan juga harus berorientasi kedisiplinan dan ketertiban.

Tuntutan kinerja pejabat dan kinerja semua staf pegawai di UM mulai 1 Januari 2009 berkaitan dengan status UM sebagai Badan Layanan Umum (BLU) penuh sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 27/KMK.05/2008 tanggal 24 September 2008. Status baru itu menuntut kerja keras karena tuntutan kemampuan memberikan layanan prima kepada masyarakat.

Dari hal tersebut, tuntutan untuk berkarya lebih lanjut sesuai slogan “Berkarya dan Terus Berkarya” perlu langkah lebih lanjut sesudah Akses KHS Online via Internet yang sudah dicoba sejak 1 Oktober 2008 untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat.  Karya selanjutnya disamping menambahkan catatan pemberitahuan tentang batas masa studi juga kemungkinan “konsultasi dengan dosen PA, memprogram matakuliah, dan modifikasi ” secara online.

Layanan ini akan sangat menguntungkan mahasiswa dari segi biaya, waktu, dan tenaga karena mereka nantinya akan tinggal cetak sendiri KRS yang sudah berisi matakuliah yang sudah direncanakan, selanjutnya masuk kuliah sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yang tidak kalah pentingnya untuk bisa memberikan layanan prima adalah tempat staf pegawai yang melayani mahasiswa.

Sudah saatnya staf pegawai dalam melayani mahasiswa dengan face to face, tidak dibatasi oleh terali besi, yang terkadang untuk berbicara harus dengan dengan nada yang agak keras karena terhalang oleh kaca dan melalui lubang dibawahnya.  Kemungkinan karena seringnya berbicara dengan nada yang agak keras itu bisa menimbulkan kesan negatif, petugasnya galak.

Slogan “Berkarya dan Terus Berkarya” semoga terus berlanjut sesuai dengan QS. Al-Insyirah (terlepas dari penafsiran sebagian ahli tafsir), “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain  (QS. Al-Insyirah: 7)”

Post Author: Noor Farochi

5 thoughts on “BERKARYA DAN TERUS BERKARYA

    heri

    (2 November 2009 - 08:42)

    Demi kebaikan bersama saya mendukung seratus persen keberadaan tralis besi yang ada di semua loket-loket pelayanan di gedung A3 L1 di hilangkan, supaya kita lebih leluasa dalam melayani mahasiswa untuk urusan-urusan yang dibutuhkan.

    serly

    (29 Oktober 2009 - 14:53)

    wah selamat bagi para DEP IT UM jaya terus dan para MAHASISWA gunakan fasilitas yang ada dengan sebaik-baikya jangan di salah gunakan
    salam kenal

    moslem

    (29 Oktober 2009 - 11:04)

    Memang dengan adanya terali besi kesannya seperti besuk dalam penjara (kita sebagai staf yang merasa seperti bang napi ….) sudah saatnya kita harus berbenah diri dan mengaplikasikan sistem pelayanan prima yang salah satunya adalah kepuasan pelanggan (mahasiswa) so… hilangkan terali besi

    Noor Farochi

    (28 Oktober 2009 - 08:34)

    @Imam Kh
    Ya Pak Imam, semoga saja TIK lebih maju dalam “berkarya dan terus berkarya” sehingga nanti softwarenya lebih siap lagi menata database termasuk dengan status mahasiswa dan batas masa studi.
    Cocok dengan: “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain (QS. Al-Insyirah: 7)”

    Imam Kh

    (28 Oktober 2009 - 07:43)

    Pak Noor akan lebih baik jika Heregistrasi juga dengan cara online dimana saja dan kapan saja (tentu sesuai dengan jadwal) layanan prima kita tambah siip!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *