Buah untuk Konsumsi Rapat UM

Pada umumnya konsumsi rapat di UM menyajikan roti, kue, ayam goreng, ayam bakar, gudeg. Semakin banyak rapat yang diikuti maka semakin banyak yang dimakan dan badan semakin gemuk. Gemuk adalah awal berbagai macam penyakit. Pola konsumsi rapat perlu diubah. Rapat-rapat sebaiknya lebih banyak menyajikan buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan bisa berupa pisang, jeruk, pepaya, mangga, anggur, dll. Merepotkan? Perlu membuat jasa katering di UM atau mengaktifkan yang sudah ada untuk menangani hal ini.

Apakah mungkin makan siang tanpa nasi, tanpa daging/ayam/ikan, tanpa cabe, dll? Banyak orang pesimis. Saya percaya dan sudah saya lakukan dan bisa. Di kantor saya di luar UM, sejak Mei 2008 kami memulai gerakan untuk mengurangi memasak, menghindari pengawet buatan, tanpa gula pasir (diganti madu), tanpa bumbu masak kimia, tanpa daging/ikan, tanpa gorengan, dll. Awalnya terasa berat tapi akhirnya bisa. Saat ini dari pagi pukul 8 sampai dengan pukul 16, semua orang di kantor hanya minum jus wortel/apel, makan berbagai macam buah-buahan. Hanya pada hari Sabtu kami boleh makan nasi, masak sendiri, mengurangi gorengan, dan tetap tanpa daging.

Biaya? Memang lebih mahal tetapi nyaris tidak ada yang mengantuk lagi, lebih sehat, lebih semangat, dan bertenaga. Nyaris tidak ada yang batuk dan pilek. Mereka yang semula kurus bisa mendekati normal, dan mereka yang semula gemuk bisa mendekati normal juga.

Kesehatan adalah harta yang utama. UM perlu mencoba, tidak perlu perdebatan panjang, yang perlu dilakukan adalah mencoba dan rasakan manfaatnya. Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, kegemukan adalah penyebab utama penyakit jantung.

Malang, 8 Oktober 2009

Johanis Rampisela

Post Author: Johanis Rampisela

7 thoughts on “Buah untuk Konsumsi Rapat UM

    Yoyok Adisetio Laksono

    (14 Oktober 2009 - 13:13)

    Kayaknya kalau saya diundang rapat dengan Rapim (Rektor dan Dekan se-UM selalu tersedia buah-buahan. Juga kalau lembur sampai malam/pagi di PE selalu tersedia buah-buahan segar. Memang terasa bedanya karena jadi kuat lemburnya.

    Johanis Rampisela

    (11 Oktober 2009 - 23:08)

    @diaz
    Petani bisa lebih sejahtera karena lebih banyak orang yang makan hasil pertanian.

    diaz

    (11 Oktober 2009 - 15:23)

    Kalau misalnya semua hidup sehat, gimana dengan petani pak????

    Devid Haryalesmana

    (10 Oktober 2009 - 13:13)

    @Pak Jo: Wahh… Bawanya susah nanti pak klo misal inlinkx buanyak. Hehehe 😀 Fresh money aja pak, biar nanti beli sendiri. Tapi pengennya ditabung aja sih… Hehehe 😀

    Johanis Rampisela

    (8 Oktober 2009 - 15:30)

    @Devid PTI07
    Bagaimana kalau honor linknya saya jadikan Pear saja?

    aLe

    (8 Oktober 2009 - 14:06)

    Hidup sehat itu kebutuhan,
    kalau di rumah ALe sih sudah gerakan anti Vitsin alias Micin atau MSG 😉

    Devid PTI07

    (8 Oktober 2009 - 11:02)

    Setuju sekali pak, dan saya suka buah Pear. Hehehe 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *