[SELESAI] PENERAPAN FITUR SINGLE SIGN ON PADA APLIKASI ONLINE UM

Sejak tanggal 25 Juni 2012, diberlakukan proses Single Sign On (SSO) untuk mengakses aplikasi online UM. Single Sign On merupakan proses satu pintu untuk mengakses berbagai macam aplikasi online UM, yakni pengguna hanya perlu 1 kali login dan pengguna bisa langsung mengakses aplikasi-aplikasi sesuai dengan pengaturan hak aksesnya. Pada tahap awal, SSO diterapkan pada aplikasi SIAKAD, BKD, dan E-Office. Pada tahap berikutnya, SSO diberlakukan pada semua aplikasi online UM.

Tata cara masuk SIAKAD menggunakan SSO

  1.  Akses alamat di  http://siakad.um.ac.id. Jika Anda belum login akan di arahkan ke alamat http://akun.um.ac.id, sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah ini.
  2. Masukkan User ID dan Password sesuai dengan akun yang Anda miliki sebelumnya untuk masuk ke SIAKA,  kemudian tekan tombol MASUK
  3. Jika berhasil login, akan diarahkan kembali ke http://siakad.um.ac.idyang menampilkan halaman status registrasi Anda pada semester yang berlaku saat ini, sebagaimana  diperlihatkan pada gambar-gambar di bawah ini.Halaman awal SIAKAD untuk mahasiswa angkatan 2010 ke atas
    Halaman awal SIAKAD untuk mahasiswa 2009 ke bawah
  4. Pada bagian atas terdapat link ke aplikasi-aplikasi sesuai dengan hak akses Anda. Selain itu, juga terdapat link untuk logout dari semua aplikasi sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah ini.Keterangan:
    Profil: Link ke aplikasi profil dari setiap pengguna. Di aplikasi ini terdapat fasilitas untuk mengganti password dan e-mail untuk lupa password.
    Siakad: Link ke aplikasi akademik online.
    Logout: Link untuk keluar dari sistem.

FAQ

  • Tanya: Kenapa User ID atau Password salah?
    Jawab: Pastikan Anda memasukkan User ID dan password dengan benar. Cek juga tombol Caps Lock aktif/tidak aktif.
  • Tanya: Kenapa fasilitas lupa password tidak bisa digunakan?
    Jawab: Untuk fasilitas lupa password masih dalam tahap peralihan ke sistem yang baru. Diharapkan selambat-lambatnya, Jumat, 6 Juli 2012 fasilitas lupa password dapat digunakan lagi.
  • Tanya: Apa yang dilakukan jika sudah berhasil login tetapi muncul tampilan JOSSO?
    Jawab: Ketikkan kembali alamat aplikasi yang dituju di browser Anda.

UPDATE 02-07-2012 Pukul 15.10

Fasilitas lupa password sudah dapat digunakan kembali.

Jika masih mengalami masalah untuk masuk ke aplikasi, anda bisa kirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id, tuliskan User ID, nama aplikasi dan masalahnya.

Malang, 2 Juli 2012

Pokja IT

Post Author: webmaster

38 thoughts on “[SELESAI] PENERAPAN FITUR SINGLE SIGN ON PADA APLIKASI ONLINE UM

    Helpdesk Aplikasi UM

    (2 Agustus 2012 - 15:34)

    @semua
    Utk status registrasi dan pembayaran silahkan di cek lagi di akunnya masing2 karena hari ini tgl 02 Agustus 2012 Pukul 14.30 ada update data. Jika masih ada masalah silahkan kirim via email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id

    Terima kasih

    nana

    (2 Agustus 2012 - 13:48)

    saya sudah mengirimkan e-mail ke helpdesk untuk konfirmasi ketidakjelasan masalah registrasi…
    kira kira butuh berapa hari untuk respon??
    jika harus ke A2 dan A3 apakah tidak dinamakan mubadzir waktu??
    kasihan yg rumahnya jauh sampai luar pulau
    Tolong segera di respon

    Miftahul Darmawan

    (2 Agustus 2012 - 09:26)

    Selamat Siang Admin.
    saya mau melaporkan masalah siakad saya.
    1. saya tidak bisa login siakad.
    2. kemaren ketikan saya ingin membayar SPP d Bank BTN, nama saya justru tidak terdaftar???
    3. saya sudah mengirimkan email berkali-kali k helpdesk UM, tpi sampai saat ini belum ada balasan.
    mohon, penanganannya bapak. mengingat jadwal KRS sdh dekat.
    terima kasih sebelumnya.

    cipta

    (2 Agustus 2012 - 09:00)

    Maaf, sya sudah membayar spp di BNI. Tapi status di siakad masih belum membyara dan belum registrasi. saya sudah mengirim email ke helpdesk um tapi belum ada balasan. kalau ingin mengurus ini harus kemana ya? Mohon bantuannya.

    arif

    (1 Agustus 2012 - 08:06)

    kenapa saat ini siakad susah dibuka padahal saya ingin, melihat apakah status bayar saya telah berubah

    Ahmad

    (31 Juli 2012 - 22:37)

    terima kasih pencerahannya pak dawud,,

    dawud

    (31 Juli 2012 - 14:13)

    @Ahmad
    Berdasarkan hasil rapat tadi pagi, KRS online diatur sebagai berikut
    (1) Masa antre 6 s.d. 10 Agustus 2012.
    (2) Masa modifikasi 10 s.d. 14 Agustus 2012.
    Oleh karena sekarang belum waktunya KRS on line, tentu saja Anda tidak bisa registrasi akademik. Sekarang ini baru bisa registrasi Administrasi.
    Info resmi tunggu pengumuman dari Pembantu Rektor I UM.

    dawud

    (31 Juli 2012 - 14:10)

    @ABI
    Anda bisa memperbaiki biodata Anda di Sububag Registrasi dan Administrasi UM, Gedung A3 lantai 1

    dawud

    (31 Juli 2012 - 14:08)

    @edi purwanto dan santi
    Silahkan anda kirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id dengan menyebut nomer NIM anda.

    Terima kasih
    Helpdesk Aplikasi UM

    Santi

    (31 Juli 2012 - 11:47)

    siang pak,.

    pak permasalahan saya sama dengan Edy Purwanto
    saya sudah membayar dan mendapat resi dari pihak bank, tapi di siakad belum tertulis “anda belum registrasi”,.bagaimana itu solusinya pak??

    terima kasih

    Ahmad

    (31 Juli 2012 - 11:31)

    pak mau tanya katanya KRS online sudah dimulai tgl 31 tapi kenapa masih ada keterangan “Pendaftaran KRS sudah ditutup”
    mohon kejelasanannya..

    abi

    (31 Juli 2012 - 10:36)

    saya mahasiswa dari jurusan BK, kebetulan pengurus hmj, saya mendapat info dari teman kalau pada biodatanya jenis kelamin yang seharusnya perempuan namun tertulis laki2.
    lalu bagaimana cara mengurus kesalahan tersebut?
    trimakasih atas perhatian dan bantuannya

    Edi Purwanto

    (25 Juli 2012 - 23:00)

    maaf Pak… saya ingin tanya kenapa di siakad status saya belum membayar padahal saya sudah membayar dan mendapat resi atau tanda bukti dari bank yang bersangkutan… terimakasih..

    Edi Purwanto
    Pendidikan Geografi
    2010

    Helpdesk Aplikasi UM

    (25 Juli 2012 - 14:00)

    @M. Nafik Ul Akbar
    Email dari anda sepertinya belum masuk ke kami, silahkan kirim ulang permasalahan anda ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id.

    Terima kasih
    Helpdesk Aplikasi UM

    M. Nafik Ul Akbar

    (25 Juli 2012 - 10:10)

    assalamu’alaikum admin,
    saya tidak bisa login, tulisannya userID atau password salah (saya sudah cek ke bagian humas Pusat TIK dan ternyata hasilnya error gagal login silahkan login dulu).
    Saya sudah mengirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id. Tapi sampai sekarang belum ada balasan.
    mohon bantuannya, terima kasih.

    M. Nafik Ul Akbar

    (25 Juli 2012 - 10:02)

    assalamu’alaikum admin,
    saya tidak bisa login, tulisannya userID atau password salah (saya sudah cek ke bagian humas Pusat TIK dan ternyata hasilnya error gagal login silahkan login dulu).
    Saya sudah mengirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id. Tapi sampai sekarang belum ada balasan.

    Helpdesk Aplikasi UM

    (24 Juli 2012 - 10:24)

    @Furintasari
    Perbaikan Akun UM anda telah dikirim ke alamat email yang anda daftarkan pada sistem.

    Terima kasih
    Helpdesk Aplikasi UM

    Furintasari

    (24 Juli 2012 - 10:13)

    assalamu’alaikum, .
    saya tidak bisa login, padahal ID dan password sudah benar (saya sudah cek ke bagian humas Pusat TIK).
    Saya sudah mengirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id. Tapi sampai sekarang belum ada balasan.
    Mohon segera dibalas, mengingat jadwal KRS sudah dekat, terimakasih, .

    Helpdesk Aplikasi UM

    (23 Juli 2012 - 13:13)

    @NISA
    Senin, 23 Juli 2012 pukul 09.00 SIAKAD sudah kembali normal karena sebelumnya ada pemadaman listrik di UM pada hari Minggu, 22 Juli 2012. Jika anda tetap mengalami masalah silahkan kirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id dengan menyebutkan NIM dan keluhan anda.

    Terima kasih
    Helpdesk Aplikasi UM

    nisa

    (23 Juli 2012 - 11:33)

    Assalamu’alaikum
    saya mau tanya,kok DHS saya tiba2 nggak bisa di buka ya? kalau di klik pasti keluarnya malah biodata. Padahal KHS dan yg lainnya bisa dibuka dan kemarin DHS saya masih bisa dibuka.

    Aplikasi Helpdesk UM

    (18 Juli 2012 - 20:51)

    @Agus Suparman
    (1) Setoran mahasiswa on line sebagaimana tercetak di print out pembayaran HOST TO HOST, status pembayaran dan status registrasi di SIAKAD otomatis akan berubah, dengan catatan status mahasiswa pada semester sebelumnya aktif/regisrasi.
    (2) Setoran mahasiswa secara manual (mungkin pada saat itu setoran di bank ada gangguan), mahasiswa tersebut dilayani secara manual pula, yakni datang ke bagian keuangan di gedung A2 Lt.1

    Terima kasih

    agus suparman

    (18 Juli 2012 - 11:33)

    admin>>>>>ingin menanyakan terkait registrasi yang tercantum di siakad…..kemarin sudah membayar di bank,,,,tapi masih belum berubah status regiatrasi di siakadnya,,,,tertulis belum membayar registrasi,,itu bagaimna yaa,,mohon penjelasannya,,terimakasih

    agus suparman
    309522314839
    teknik sipil
    fakultas teknik

    Helpdesk Aplikasi UM

    (16 Juli 2012 - 09:46)

    @Rohim
    Jika anda belum mendapatkan balasan dari fasilitas Lupa Password si SIAKAD, anda bisa kirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id dengan menyebutkan NIM dan keluhan anda.

    Terima kasih
    Helpdesk Aplikasi UM

    Helpdesk Aplikasi UM

    (16 Juli 2012 - 09:42)

    @kurnia
    Silahkan anda kirim email lagi ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id dengan menyebut nomer NIM anda, karena keluhan anda via email aplikasi.helpdesk@um.ac.id belum ada.

    Terima kasih
    Helpdesk Aplikasi UM

    Rohim

    (15 Juli 2012 - 21:58)

    Ma’af.,.
    Saya kok masih lum mendapatkan kiriman pasword melelui e-mail.,.
    padahal saya sudah mendaftar disiakad.,.
    mohon bantuannya pak,.
    karena pndaftaran jadwal pndaftaran KRS sdah dekat.,.

    arfi

    (12 Juli 2012 - 22:34)

    Di siakad angkatan 2009 kok gag bsa d detail waktu mlihat nilai d khs, tpi klo angktan 2011 kok bsa..
    trus sya sdah byar rgistrasi d bank, tpi tlisan d siakad kok msih tetap belum byar y…
    mhon pnjelasannya…

    kurnia

    (11 Juli 2012 - 16:54)

    maaf bapak saya sudah menggunakan fasilitas lupa password dan sudah dibalas tetapi tidak ada passwordnya hanya ada tulisan Password Anda: (kosong). kirim emailpun sudah di aplikasi.helpdesk@um.ac.id tetap saja tidak di balas. saya harus bagaimana?

    nicha

    (9 Juli 2012 - 08:08)

    .Untuk memperbaruhi biodata apa dapat dilakukan setelah melakukan registrasi??
    .mohon infonya.

    dawud

    (9 Juli 2012 - 05:08)

    @NUNING
    Ya, benar, untuk memperbaiki biodata Anda, silakan datang ke Gedung A3 lantai 1.

    Nuning

    (6 Juli 2012 - 11:46)

    jenis kelaminku kok laki-laki ndek biodata..!!
    bisa diganti langsung online po harus ke A3??
    suwun.

    Ahmad

    (5 Juli 2012 - 20:56)

    terima kasih atas penjelasannya pak dawud..

    dawud

    (3 Juli 2012 - 21:29)

    @guruh
    (1) coba gunakan fasilitas LUPA PASSWORD (ikuti langkah-langkah yang dtulis oleh Dedi Mukhlas SOLUSI AWAL GAGAL MASUK SIAKAD New di Suara Kita).
    (2) jika masih gagal, kirim identitas Anda dan permasalahannya via e-mail ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id
    Semoga berhasil.

    guruh

    (3 Juli 2012 - 13:42)

    sampai sekarang saya masih belum bisa mengakses siakad (belum bisa log in).padahal saya udah sesuai dengan panduan di atas. mohon pencerahannya pak admin?????

    dawud

    (3 Juli 2012 - 12:08)

    @Ahmad
    Penyempurnaan SIAKAD sudah selesai hari ini. Jadi bisa digunakan. Jika masih ada persoalan, ikuti prosedur yang tercantum dalam tulisan di atas.

    @Nadia
    Untuk saat in, SIAKAD compatible dengan browser OPERA MINI. Untuk browser yang lain sedang kami pelajari dan kami pertimbagkan.

    @swachayani
    Segera kami tambahkan fitur perubahan nomor HP.

    @dedi mukhlas
    Coba ikuti prosedur yang telah dituangkan dalam tulisan di atas, termasuk gunakan fasilitas lupa password.

    Terima kasih.

    Dawud
    Pokja IT

    Dedi Mukhlas

    (2 Juli 2012 - 19:29)

    Dear Pak Dawud,

    Setelah melihat penjelasan tersebut banyak beberapa teman saya yang masih tetap tidak bisa masuk kedalam siakad baru tersebut. Hal ini sudah sesuai dengan ID dan PASWORD, namun tetap tida bisa. Bagaimana solusi mengenai hal tersebut. Kemudian kapan update siakad untuk KHS diperbarui, karena sebentar lagi kita juga akan melakukan registrasi dan KRS Online.

    Terima kasih

    swacahyani

    (2 Juli 2012 - 18:09)

    bagaimana dengan akun / profil yang no ponselnya sudah ganti??

    kok tidak ada link untuk mengubah no ponsel yang sudah ada??

    dulu kan ada ??

    Nadia

    (2 Juli 2012 - 14:21)

    Siakad saya buka dari HP kok tulisan ‘masuk’ tìdak ada pak?
    Apa siakad sekarang tidak bisa dibuka lewat hp? Terimakasih.

    Ahmad

    (2 Juli 2012 - 13:08)

    sampai kapan laman baru siakad diperbaiki??
    apa bisa rampung sebelum proses registrasi online tgl 31 juli??

Komentar ditutup.