Gangguan koneksi Internet

Salam,

Koneksi Internet di Kampus UM telah mengalami gangguan serius mulai hari Senin tanggal 4 Oktober 2010 dan berangsur mulai normal sejak hari Jum’at tanggal 8 Oktober 2010 meskipun masih terdapat hal-hal yang mengganggu aktifitas akses. Kejadian ini bukan karena serangan atau gangguan dari luar namun disebabkan oleh kegiatan pemindahan koneksi Internet dari satu produk ke produk lain dari ISP yang sama. Sebelumnya UM menggunakan produk Astinet dan kemudian berpindah ke produk IP Transit sesuai dengan kontrak tender pengadaan koneksi Internet. Kegiatan ini telah kami sampaikan ke segenap Pimpinan UM, Pimpinan Fakultas, Pimpinan Lembaga, Pimpinan Biro, dan Pimpinan UPT untuk disosialisasikan lebih lanjut ke jajaran di bawahnya. Namun demikian jika sosialisasi yang terjadi belum merata, kami memohon maaf.

Perlu kami jelaskan sedikit berkaitan dengan perubahan penggunaan produk dari Astinet ke IP Transit dari sisi pengguna (informasi produk ini bukan bagian dari pemasaran ISP tetapi untuk menjelaskan manfaat yang dibutuhkan). Pertama, pengguna Astinet akan diberikan alamat IP (identitas komputer dalam jaringan komputer) oleh ISP berupa IP yang telah diregister atas nama ISP tersebut. Sehingga identitas pengguna Astinet adalah identitas dari ISP tersebut (bisa dicek melalui www.whois,net). Identitas ini penting berkaitan dengan kecepatan akses yakni berkaitan dengan pencarian jalur terpendek/tercepat untuk menemukan sebuah host atau server dalam jaringan. Kedua, pengguna Astinet tidak dapat mengatur besarnya bandwidth koneksi ke luar negeri dan ke dalam negeri karena langganan bandwidth Astinet sudah ditetapkan dengan rasio tertentu antara koneksi ke luar negeri dan ke dalam negeri (misal 1:1, 1:2, dst. UM menggunakan 1:1 yaitu koneksi ke luar negeri sama dengan ke dalam negeri). Karakteristik pengguna Internet di UM (berdasarkan alamat IP yang diakses) menunjukkan bahwa  jumlah akses ke luar negeri tidak sama dengan jumlah akses ke dalam negeri dalam kurun waktu yang sama. Hal yang sama juga terjadi di beberapa perguruan tinggi yang lain sehingga perlu mengatur besarnya bandwidth koneksi ke luar negeri dan bandwidth ke dalam negeri ketika akan menggadakan langganan Internet tiap tahunnya.

Pusat TIK melalui pengadaan koneksi Internet tahun telah memprogramkan untuk berpindah layanan IP Transit pada bulan Juli 2010. Namun karena proses pengajuan alamat IP dan AS Number yang memakan waktu hingga 3 bulan maka kegiatan pemindahan baru dapat dilaksanakan pada bulan September-Oktober disamping bulan Juli-Agustus terdapat banyak sekali kegiatan yang didukung oleh koneksi Internet. Kegiatan ini telah dimulai dengan menyiapkan perangkat jaringan untuk gateway yang meliputi router, firewall, DNS, dan Core Switch. Persiapan yang telah dibuat dengan baik ini ternyata masih menghadapai kendala ketika diimplementasikan terutama berkaitan dengan pihak-pihak luar yang berkaitan dengan koneksi Internet UM, misal APJII, IIX Admin, APNIC, dan lain-lain. Kendala ini sudah kami antisipasi namun dampaknya ternyata lebih besar dari yang kami duga sehingga gangguan yang terjadi cukup fatal akibatnya terhadap kegiatan akses Internet dari seluruh jaringan di UM. Oleh karena itu sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan atas layanan yang kami sediakan dan mudah-mudahan dapat normal kembali sebelum hari Jum’at tanggal 15 Oktober 2010.

Terimakasih,

Hormat kami,

Dr. Muladi, Kepala Pusat TIK

Post Author: humas admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.