Geraba, Inovasi Aplikasi Android Belajar Salat untuk Anak

Permasalahan yang sering muncul bagi anak-anak adalah sulit untuk menghafal karena kegiatan menghafal bagi anak-anak merupakan hal yang membosankan. Salah satu kewajiban yang perlu dihafal adalah salat. Selain susah untuk menghafal, anak-anak otomatis akan susah menerapkannya karena tidak melihat secara langsung gerakan salat. Inilah mengapa Grezi Bimbi Mandira, Muhammad Andri Wicaksono, dan Dyna Sumda Aswad menciptakan aplikasi Geraba (Gerakan Salat dan Bacaannya) untuk menyelesaikannya.

Lokasi pengabdian masyarakat berada di TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach”  Malang yang terletak di  Jalan Ikan Tombro Tengah Sawah Kelurahan Tunjung Sekar  Kecamatan Lowokwaru Malang. TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach”  Malang ini terletak di tengah-tengah kawasan padat penduduk dan lumayan jauh dari kota Malang. TK ini ada 3 kelas setiap kelasnya berisi  20 anak jadi total anak yang bersekolah disini sekitar 60 anak yang mengikuti pendidikan.

Jika sebelumnya di TK ini menerapkan sistem menghafal bacaan salat setiap pagi, maka dengan adanya Geraba ini sistem penghafalan akan menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, aplikasi  ini dapat menunjang kemampuan anak-anak untuk mempermudah memahami dan menerapkan gerakan salat setiap hari.  Di dalam proses pelaksanaannya tim yang diketuai oleh Grezi ini melalui beberapa tahap berdasar pada silabus yang telah dibuat, antara lain sosialisasi program, pengenalan aplikasi, penerapan, pendampingan, dan evaluasi.

Pelaksanaan program Geraba yang dilakukan mulai tanggal 20 April 2018 sampai tanggal 26 Mei 2018 ini memiliki tujuan merubah pola menghafal yang ada di TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach” Malang, mengenalkan program aplikasi Geraba kepada anak-anak TK Tarbiyatul Athfal “Al-falach” Malang guna membantu anak menghafal gerakan salat dan bacaannya.

Penulis: Tismen Yoga Pradana

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *