IDE KRS (2): Perbanyak Server Siakad

Pada saat-saat puncak ada sejumlah keluhan karena sulit untuk masuk ke halaman http://siakad.um.ac.id. Hal ini bisa disebabkan karena dua hal yaitu

  • Pemakaian bandwidth untuk akses ke server sudah penuh atau
  • Server siakad tidak sanggup menangani tingginya akses.

Solusi untuk bandwidth sudah dituliskan dalam Ide KRS Online (1): Bandwidth Internet.

Untuk hal kedua, Sdr Arrijal (Administrator Web) menyarankan untuk membuat load balancing server siakad.

Yang dimaksud adalah membuat beberapa server siakad dan masuknya tetap melalui satu alamat yaitu siakad.um.ac.id tetapi sewaktu masuk diatur sehingga beban akses terbagi rata melalui  server-server  siakad. Diusulkan agar ada total 4 server siakad yang difungsikan pada saat KRS dan setelah itu dikembalikan ke satu server saja.

Mulai hari Selasa (11 Januari 2011), kami  sudah mencoba menambah 2 server siakad walaupun bukan dengan teknik load balancing. Pintu aksesnya berbeda sehingga ada 3 yaitu siakad.um.ac.id, siakad2.um.ac.id, dan siakad3.um.ac.id. Hanya saja tidak banyak mahasiswa yang mengetahui atau memanfaatkan hal ini.

Mudah-mudahan semester depan hal ini bisa menambah kecepatan dan kemudahan sewaktu mengakses siakad.

.

Malang, 14 Januari 2011

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

Post Author: Johanis Rampisela

5 thoughts on “IDE KRS (2): Perbanyak Server Siakad

    wahyu

    (20 Januari 2011 - 04:10)

    Membagi server menjadi 3 pintu akses dengan menambah 2 server siakad merupakan satu terobosan yang cukup bagus, namun salah satu kelemahannya nanti adalah tetap tidak dapat diprediksikan seberapa besar tingkat akses masing2 siakad. Sehingga pengguna pun butuh meraba2 untuk mencari pintu tol siakad.

    Oleh karna itu, seperti sarannya Sdr. Arrijal, diterapkan saja Sistem Basis Data Terdistribusi, khususya dalam hal ini adalah “load balancing” dengan peng-quota-an sesuai banyaknya mahasiswa per fakultas. Jika sekarang masih da 3 server siakad, yang ada saja dimaksimalkan terlebih dahulu.

    Namun secara keseluruhan, PTIK memang TOP, selalu ada INOVASI!
    Sukses selalu buat PTIK dan UM.

    Johanis Rampisela

    (15 Januari 2011 - 09:42)

    @Devid Haryalesmana dan @A’an_SetroUM
    Tulisan ini idenya tentang Server Siakad sehingga saya berharap komentar tetap fokus pada ide tersebut. Akan ada beberapa tulisan lagi yang nantinya relevan dengan apa yang Sdr diskusikan. Terima kasih. 🙂

    Devid Haryalesmana

    (15 Januari 2011 - 09:01)

    @A’an_setroUM : Repot gimana? Mungkin, kamu pikir di rubah ke pdf manual sama TIK ya? Bukan gitu maksudq. Ada script buat generate pdf nya kok. Klo cara mas, anak IT mah dah tau, tapi klo yang lainnya??

    Mahasiswa
    S1. Pend. Teknik Informatika.

    A'an_SetroUM

    (14 Januari 2011 - 20:09)

    Smangat pak, terimaksih…mantab pak …

    @devid,, wah klo download gk rpot tu PTIK x? >> pke cutepdf aje alo mo print

    Devid Haryalesmana

    (14 Januari 2011 - 14:27)

    Ada hal kecil yang cukup merepotkan juga pak, mengenai cetak KRS. Seharusnya jika diklik “link cetak”, langsung download pdf untuk dicetak. Kemarin yang terjadi, g bisa cetak klo g online. Ada yang bisa online tapi g punya printer buat cetak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *