IDE: Semester Depan, KRS-an Dimulai Sabtu

Perlu dipertimbangkan memulai KRS-an via Internet pada hari Sabtu-Minggu dan dilanjutkan Senin-Kamis melalui Internet atau intranet. Jumat cetak DHK.

Keuntungannya adalah

1. Mahasiswa tidak berdesakan pada satu tempat karena terdistribusi pada ratusan atau ribuan tempat (warnet, rumah, kampus, dll). Sediakan hotspot outdoor dengan kekuatan yang memadai di kampus.

2. Jaringan kampus dan database bisa digunakan maksimum untuk KRS karena pada hari tersebut karena tidak dipakai untuk pekerjaan rutin.

3. Waktu KRS-an menjadi jauh lebih panjang … Sabtu 24 jam, Minggu 24 jam. Yang cepat bangun dan ada fasilitas Internet bisa memulai pk 00.00 …

4. Jika satu jam menghasilkan 150 KRS maka selama Sabtu dan Minggu akan dihasil 48 x 150 = 7.200 KRS. Hari Senin mestinya tinggal sedikit sekali atau sudah habis, karena berdasarkan pengamatan semester ini, 6.490 mahasiswa yang mengubah KRS via Internet.

Malang, 27 Januari 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK)

Post Author: Johanis Rampisela

6 thoughts on “IDE: Semester Depan, KRS-an Dimulai Sabtu

    dawud

    (31 Januari 2010 - 08:33)

    Peran PA perlu diredefisini, antara lain, dengan diatur begini: (1) mahasiswa yang tidak bermasalah capaian IP & SKS-nya, langsung mengisi atau memodifikasi isian KRS; (2) mahasiswa yang bermasalah capaian IP dan SKS-nya (yakni tidak memenuhi syarat) atau mahasiswa yang semester sebelumnya cuti kuliah, tidak bisa langsung, melainkan konsultasi dulu dengan PA-nya. Dengan demikian, konsultasi mudah, mahasiswa nyaman, dan dosen pun bisa konsentrasi penuh untuk menangani mahasiswa yang menghadapi masalahnya.
    Malang, 31 Januari 2010
    Dawud (Dekan FS UM)

    anto

    (31 Januari 2010 - 08:21)

    kebanyakan mahasiswa melakukan KRS-an online dengan menggunakan Handphone, karena lebih praktis dari pada menggunakan komputer. Namun kadang kala browser tertentu pada HP tidak bisa menampilkan halaman SIAKAD UM dengan sempurna. hal ini mungkin karena disebabkan halaman SIAKAD UM hanya dipersiapkan untuk ditampilkan pada layar komputer. semoga kedepannya nanti SIAKAD UM bisa diakses dengan HP dengan tampilan yang lebih baik (disediakan link khusus buat HP atau disediakan aplikasi khusus untuk HP).
    Go UM!!!!

    fatma

    (30 Januari 2010 - 12:41)

    Bagaimana kalau konsultasinya dengan dosen PA via internet? Jadi mahasiswa bisa berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja?

    Khairul Anwar

    (30 Januari 2010 - 12:11)

    ya.. saya setuju sekali kalau KRSan lewat internet sebab banyak keuntungan yang didapat oleh mahasiswa maupun kampus UM sendiri, sebab hal itu sesuai dengan slogan UM The Learning University. saya mengusulkan agar tanda tangan PA pada saat modifikasi di tiadakan sebab ada dosen PA yang malah menghambat mahasiswa ?

    Johanis Rampisela

    (28 Januari 2010 - 08:41)

    Kelihatannya peran PA perlu didefinisikan dalam perkembangan pengisian KRS via Internet. Tentu saja hal tersebut perlu dibicarakan oleh pihak terkait.

    Agus Setiawan

    (28 Januari 2010 - 06:57)

    Ide yang bagus. Tapi, nggak perlu berhadapan dengan dosen PA untuk berkonsultasi selama proses modifikasi KRS ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *