IOS Pelita Energi Sepatu Canggih Solusi Masalah Baterai Pendaki

Oleh Muhammad Fauzi Al-asy’ari ( S-1 Pendidikan Teknik Elektro), Maqhrisa Rusma (S-1 Pendidikan Teknik Elektro) dan Ahmad Salahuddin (S-1 Desain Komunikasi Visual)

Kegiatan mendaki gunung tengah marak dilakukan beberapa tahun belakangan. Akan tetapi permasalahan yang kerap dihadapi para pendaki salah satunya ialah kesulitan menjaga daya baterai handphone selama mendaki. Oleh karena itu, beberapa mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan terobosan berupa Ios Pelita Energi. Penggagas produk ini adalah Muhammad Fauzi Al-asy’ari ( S1 Pendidikan Teknik Elektro), Maqhrisa Rusma (S1 Pendidikan Teknik Elektro), dan Ahmad Salahuddin (S1 Desain Komunikasi Visual).

Ios Pelita Energi merupakan In-Sole sepatu penghasil listrik yang bisa digunakan di sepatu manapun. In-sole ini mengubah tekanan saat pendaki melangkah atau pijakan kaki pendaki pada sensor piezoelektrik yang ada di in-sole sepatu menjadi energi listrik. Sehingga pijakan-pijakan yang dihasilkan pendaki saat sedang mendaki dapat diubah menjadi energi listrik. Selanjutnya energi listrik  disimpan pada power bank yang sudah menjadi satu kesatuan dengan box IOS Pelita Energi.

Melalui jargon “Small Wearable And Portable Charger For Hiker”, Ios Pelita Energi diciptakan untuk para pendaki gunung maupun masyarakat luas. Mengingat produk ini cukup solutif, Muhammad fauzi dkk berharap agar dapat segera memproduksi Ios Pelita Energi secara masal. Ios Pelita Energi sendiri merupakan hasil karya yang diajukan untuk prposal kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Harapan kami, kiranya IOS Pelita Energi dapat segera digunakan serta diproduksi massal untuk dapat segera digunakan oleh banyak pendaki khususnya, oh iya kami punya beberapa akun media sosial untuk mengenalkan produk kami ini. Di Instagram kami memiliki akun @iospelitas, terus di Youtube ada juga channel: ios pelita energi”, ujar Muhammad Fauzi.

Editor: Inrillian Handriar Fitralino

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *