Jas Almamater Baru…

Oleh: Arvendo Mahardika*

Senang rasanya, pagi ini saya seperti terlahir kembali. Mengapa demikian? Mungkin karena jas almamater baru ini.

Setiap orang yang bertemu saya di kampus pagi hingga sore tadi, selalu bertanya, “Lho, kamu ikut seleksi lagi, Ndo?”, “Kamu kan pernah ikut di kelas saya, sekarang PKKMB lagi, mas?”, “Jurusan apa mas? Masuk UM lewat jalur apa?”, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang memberi kesan bahwa saya adalah seorang MAHASISWA BARU (lagi) setelah satu tahun melepaskan status tersebut.

Selain itu juga, mereka-mereka yang sebelumnya dikenal tegas atau kurang ramah, ternyata malah mengembangkan senyumnya di depan saya, yang tentunya juga saya balas dengan senyum terbaik saya. Entah karena jas saya atau bukan, yang jelas tampak senyum mereka tulus, bukan sedang ‘ngece’ atau menertawakan.

Tidak aneh memang, tapi saya merasakan bahwa warna jas yang sudah sangat aktual dengan Statuta UM ini memberikan hal-hal yang segar bagi saya. Terutama saat mengisi materi “Kemitraan UM dengan Institusi Dalam dan Luar Negeri” serta “UM on Media” bersama Kabag Kerjasama dan Hubungan Masyarakat BAKPIK UM, Dra. Aminarti Siti Wahyuni dengan waktu yang sangat singkat di depan 6.701 maba UM di Graha Cakrawala, siangnya. Menatap wajah mereka yang masih segar, masih abu-abu dengan perkuliahan, saya melihat semangat yang tinggi dan mata yang berbinar-binar, ingin segera masuk ke dalam atmosfer akademik UM di kelas-kelasnya.

Setidaknya ada dua hal berharga yang saya dapat di hari ini. Pertama, UM perlahan sudah mulai berubah. Aroma feodalisme mulai hilang dari sini, perlahan berganti dengan pelayanan prima dan penuh keramahan. Kedua, warna almamater yang “diperbaiki” dari sebelumnya gelap menuju biru cerah ini, seakan turut membawa makna filosofis, UM sudah siap “diperbaiki” dan “memperbaiki diri” menuju masa depan yang lebih cerah dengan pelayanan prima dan prestasi yang lebih membanggakan.
.
*Penulis adalah Kabid Diseminasi Informasi, di Unit Layanan Terpadu UM
**Momen spesial ini diabadikan oleh @desybq

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *