KABITARU, Karya Mahasiswi UM Peduli Anak Tunarungu

Tim mahasiswi kebanggan UM menorehkan karya terbaiknya dalam bidang edukasi, teknologi, dan disabilitas, khususnya bagi penyandang tunarungu. Berangkat dari kenyataan tentang pentingnya bahasa Inggris, keterbatasan anak tunarungu, dan tuntutan revolusi industri 4.0, mahasiswi kreatif ini menciptakan aplikasi berbasis android bernama KABITARU. KABITARU (Kamus Bahasa Inggris Tunarungu) adalah sebuah aplikasi kamus Indonesia-Inggris yang dipadukan dengan bahasa isyarat untuk mempermudah anak tunarungu dalam memahami pengejaan (spelling) bahasa Inggris.
Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling populer dan paling penting untuk dikuasai, terutama di era globalisasi seperti saat ini. Sedangkan, pada kenyataannya, pembelajaran bahasa Inggris, khususnya untuk tunarungu, masih jauh dari kata efektif. Yang lebih memprihatinkan, jumlah media pembelajaran bahasa Inggris bagi anak penyandang tunarungu masih sangat terbatas. Selain itu, sedikit sekali media pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi berbasis android. Padahal, di era revolusi industri 4.0 ini, inovasi penggunaan teknologi digital sangatlah dianjurkan untuk dapat dikembangkan dan diterapkan, tak terkecuali di bidang pendidikan.
Berangkat dari permasalahan tersebut, tiga mahasiswi UM, Risa Safira Ramadhani (Jurusan Pendidikan Luar Biasa), Nindya Ayu Rizqianti (Jurusan Pendidikan Luar Biasa), dan Nur Nilam Ayu Saputri (Jurusan Sastra Inggris) mencetuskan pembuatan aplikasi KABITARU. Pembuatan aplikasi ini berada di bawah bimbingan Drs. Abdul Huda, M. Pd. Dengan adanya aplikasi KABITARU ini, diharapkan pengajaran bahasa Inggris bagi anak tunarungu, khususnya dalam hal spelling, dapat lebih mudah dan menyenangkan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur berupa video isyarat asli dari kosakata dan video cara pelafalan bahasa Inggris yang telah disederhanakan. Selain itu, terdapat menu kuis yang dapat membantu siswa tunarungu untuk memahami lebih jauh pembendaharaan kata yang mereka pelajari. Didukung dengan tampilan aplikasi yang menarik dan ikon ilustrasi yang lucu, membuat siswa-siswi tunarungu tidak bosan saat belajar kosakata bahasa Inggris di kamus tersebut.
Aplikasi ini telah diperkenalkan ke SMPLB Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa (YPTB) kota Malang. Guru dan kepala sekolah SMPLB YPTB sangat berharap media pembelajaran ini dapat diaskes oleh siswa dan guru di sekolah, “Sedikit banyak pasti membantu, apalagi di sini ada videonya,” ujar Alma, S. Pd selaku pengajar kelas VII di sekolah tersebut. Menurutnya, visualisasi dari isyarat kosa kata bahasa Inggris yang ada di kamus elektronik tersebut mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Inggris dengan lebih baik.

PKM PSH
Ketua: Risa Safira Ramadhani
Anggota: Nindya Ayu Rizqianti & Nur Nilam Ayu Saputri

Penulis: Nur Nilam Ayu Saputri

 

Hashtags

#edukasi #teknologi #disabilitas #tunarungu #revolusiindustri4 #RisaSafiraRamadhani #JurusanPendidikanLuarBiasa #NindyaAyuRizqianti #NurNilamAyuSaputri #JurusanSastraInggris #UM #UniversitasNegeriMalang #KamusBahasaInggrisTunarungu #KABITARU #YPTB #Malang

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *