Kreatif, Giatkan Literasi Sastra Anak dengan Dongeng Boneka Tangan

Oleh Bella Wahyu Wijayanti, Tim PKM-K Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (FS UM)

Tim PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Malang ciptaan media pembelajaran sastra anak bernama Plafakids.

Di saat dunia teknologi dan komunikasi yang tengah berkembang, hal tersebut rupanya menyisakkan hal yang sungguh miris. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena nyatanya banyak anak usia di bawah lima tahun yang sudah dapat menggunakan teknologi tersebut guna mengakses berbagai hal. Namun, bukan informasi yang berguna untuk tumbuh kembang mereka atau tidak sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis mereka. Selain itu, beragam aplikasi juga bermunculan, seperti TikTok, Smule, dan aplikasi sejenisnya yang bahkan nilai hiburannya tidak ada, tetapi mencontohkan hal kurang baik seperti berjoget tanpa aturan.

Seharusnya anak seusia mereka dikenalkan dengan dunia literasi, baik membaca atau yang lebih sederhana dengan memperdengarkan bacaan yang inspiratif. Bermula dari fenomena yang terjadi saat ini, Bella Wahyu Wijayanti bersama keempat anggota timnya menciptakan sebuah terobosan literasi sastra berupa produk Plafakids. Produk ini menghadirkan media pembelajaran sastra interaktif yang kompleks. Plafakids (Playing Fable for Kids as Media Literacy for Children) merupakan sebuah gerakan literasi yang memproduksi buku cerita fabel Nusantara yang mengangkat karakter hewan khas Indonesia. Teks cerita fabel yang terdapat dalam buku tersebut ada dua, yakni Kisah Seekor Musang dan Kepompong serta Gajah dan Si Monyet yang Nakal. Kedua cerita fabel tersebut menghadirkan kisah baru dengan pesan moral berupa persahabatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan emosional anak.

Selain itu, buku fabel Nusantara juga dilengkapi dengan boneka tangan dari karakter-karakter tokoh yang ditampilkan pada teks cerita fabel. Boneka tangan tersebut dapat digerakan dan berfungsi sebagai media bercerita kepada anak. Tidak hanya itu, Plafakids juga memiliki merchandise berupa gantungan kunci yang berisi quotes pendidikan karakter.

Tim PKM-K di bawah bimbingan Dr. Taufik Dermawan, M. Hum ini berharap agar produk ini mendapatkan apresiasi positif dalam dunia sastra. Serta, dengan hadirnya produk Plafakids dapat dijadikan sebagai rujukan media pembelajaran sastra interaktif bagi anak-anak, khususnya siswa TK maupun PAUD.

Editor: Arvendo Mahardika

Post Author: Arvendo Mahardika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *