LALA & LILO, Inovasi Buatan Mahasiswa Malang yang Diakui Internasional

Malang. Dunia pendidikan di Indonesia memang selalu membutuhkan inovasi terbarukan. Belum lama ini, sekelompok mahasiswa di Kota Malang pun berhasil membuat LALA & LILO yaitu Buku Bercerita Bahasa Inggris Berbunyi Menggunakan Aplikasi Android untuk anak prasekolah, sebuah inovasi untuk media pembelajaran baru anak prasekolah.

Ketua tim pembuat inovasi, Alif Hanifatur Rosyidah menyampaikan, LALA & LILO yang dibuat bersama empat orang timnya itu telah diuji coba di TK Area Malang. Hasilnya pun lebih efektif untuk anak prasekolah.

“LALA & LILO memang efektif dalam pendidikan, dan inovasi terbaru ini kami mencoba efektivitas media pembelajaran yang mudah dipahami,” katanya, Kamis (20/06).

Menggunakan aplikasi android sebagai pengeluaran suara, ia menilai media pembelajaran tersebut memiliki tingkat keamanan yang lebih baik terhadap anak prasekolah. Selain itu, dalam aplikasi android juga terdapat 10 tombol yang berisi suara tiap halaman guna memudahkan penggunaan bagi anak prasekolah.

“Aplikasi android itu bisa terhubung dengan buku menggunakan barcode scaner,” kata Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang itu.

Sementara itu, sebelumnya TK Area Malang sebelum menggunakan media pembelajaran. Biaya pembelian terjangkau dan efektif bagi pembelajaran anak prasekolah.

Saat ini, inovasi tersebut menurutnya memang dibuat khusus untuk media pembelajaran anak prasekolah. Namun menurutnya, media pembelajaran tersebut masih dapat dikembangkan untuk media pembelajaran tingkatan yang lebih bervariasi.

Sebelum menjadi produk yang akan diproduksi masal, LALA & LILO juga telah memiliki beberapa prestasi yaitu lolos seleksi nasional oleh INNOPA dan kompetisi ISIF di Istanbul.

Penulis: Indra Nurdien Hakim

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT UM angkatan 2017

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *