Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) Terlibat Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Masyarakat Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabaupaten Pasuruan

Pasuruan. Hidup sehat dimulai dengan kebugaran jasmani yang baik. Kesegaran jasmani merupakan suatu aktifitas yang tujuanya untuk mendorong, mengembangkan serta menimbulkan potensi fisik dan mental yang bersarana pada manusia yang lebih sehat dan kuat. Tubuh bugar sehat jasmani merupakan dambaan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat dan bugar akan dapat melaksanakan aktivitas. Orang yang sehat belum tentu bugar, sebab untuk dapat melakukan aktivitasnya tidak hanya dituntut bebas dari penyakit. Namun, orang dituntut juga untuk memiliki kebugaran jasmani. Oleh sebab itu mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) mengajak masyarakat menjaga kebugaran jasmani melalui program kegiatan kebugaran jasmani.

Kegiatan kebugaran jasmani ini dilatar belakangi oleh keinginan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) untuk membantu menjaga kebugaran jasmani masyarakat di desa Wonokitri ini, mengingat udara di Desa Wonokitri yang dingin dan juga sebagian besar masyarakatnya berpencaharian sebagai petani maka sangat diperlukan lah penjagaan kondisi fisik serta kekebalan tubuh agar supaya tidak mudah terserang virus dan menyebabkan sakit, oleh karena itu mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) ingin membantu merealisasikan dengan cara melakukan kegiatan senam untuk para ibu – ibu PKK, Para remaja, dan Pra Lansia, dan juga melakukan pelatihan sepak bola untuk anak – anak di Desa Wonokitri mengingat antusiasme anak – anak di desa Wonokitri ini sangat lah tinggi di dalam permainan sepak bola.

Mochammad Mukhlis Widianto selaku mahasiswa Fakultas Ilmu keolahragaan sekaligus penanggung jawab program kerja ini mengemukakan bahwa pentingnya kekebalan tubuh masyarakat wonokitri sangatlah di perlukan, melihat cuaca disini sangat dingin dan mayoritas mata pencaharian masyarakat Wonokitri sebagai petani yang setiap hari bekerja mencangkul dan memanggul barang – barang berat, maka ia harus memiliki kekuatan otot, anaerobic power, daya tahan, dan sebagainya yang lebih baik daripada masyarakat kota yang mayoritasnya seorang pekerja kantor. Pekerja kantor tidak banyak menguras tenaga, ia hanya membutuhkan buku – buku dari meja ke rak buku atau menekan tombol – tombol keyboard komputer. Dengan demikian kebutuhan kebugaran jasmani masyarakat Wonokitri sangatlah berbeda dengan masyarakat di kota.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan setiap hari senin pukul 15.00-16.30 untuk sepak bola, dan setiap hari sabtu 18.00-20.00 untuk kegiatan senam sejak KKN dimulai akhir mei 2018. Antusiasme masyarakat patut diapresiasi mengingat pagi atau siang hari masyarakat Desa Wonokitri sibuk diladang.

Penulis: Mochamad Syafii – Pendidikan Luarbiasa Universitas Negeri Malang

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *