Mahasiswi UM Ciptakan CoCoA, Bantu Siswa SMA Tentukan Jurusan Langsung dari Ahlinya

Tim Mahasiswi UM yang terdiri atas Norberta Fauko Firdiani, Risa Restiana (Psikologi), dan Almas Amalia Azhar (Pendidikan Teknik Informatika) mengkreasikan sebuah aplikasi Media Konsultasi Jurusan yang dinamai CoCoA. CoCoA yang merupakan kepanjangan dari Course Consultant Application ini berfungsi sebagai alternatif media konsultasi jurusan perkuliahan dan arah karier pada siswa SMA dan sederajat.

Risa Restiana, salah satu punggawa tim, menyatakan bahwa produk ini dibuat karena banyaknya siswa SMA dan sederajat yang bingung dalam menentukan jurusan kuliah. “Selain itu data dari Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) menunjukan bahwa sebanyak 87% mahasiswa merasa salah masuk jurusan,” kata Risa. Sehingga, ia dan timnya menciptakan produk aplikasi CoCoA, yang dituangkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam skim Karsa Cipta (PKM-KC).

CoCoA merupakan aplikasi moblie berbasis Android yang dapat diunduh melalui Play Store. CoCoA akan hadir di Google Play Store pada bulan Juni. “Dalam aplikasi tersebut berisi alat tes psikologi yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, yaitu tes minat dan tes bakat,” papar Risa. Kedua tes tersebut dapat menentukan jurusan kuliah dan arah karir yang sesuai dengan minat dan potensi/kemampuan user. “Tes tersebut dapat diakses secara gratis dan data dari user akan dijamin kerahasiannya,” katanya.

Selain itu, menurut Risa, aplikasi ini memiliki keunggulan dibanding aplikasi psikologi lain, yaitu tersedianya fitur chat dan telepon langsung dengan psikolog yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi). “Sehingga mempermudah pengguna untuk melakukan konsultasi mengenai jurusan dan arah karir dengan psikolog terercaya,” ujar mahasiswi angkatan 2016 itu.

Timnya tekah mempublikasikan hasil penelitiannya tersebut ke HaloMalang dan MalangToday. Setelah produk ini muncul, diharapkan dapat mengurangi angka mahasiswa yang salah jurusan saat menjalani kuliah. “Semoga CoCoA dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi,” tandas mahasiswi Psikologi tersebut.

Penulis: Arvendo Mahardika

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *