MARS UM

Atau download Mars-UM-03052012.docx

Pada upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2012, Mars UM diresmikan oleh Rektor UM. Sebelum mengakhiri sambutannya, Rektor meminta Tim Paduan Suara UM menyanyikan Mars UM tersebut. Mereka menyanyikannya dengan sangat bagus.
Penciptaan Mars tersebut dimulai dengan edaran Pembantu Rektor II UM  kepada warga UM tentang “lomba mencipta Mars” dengan rentang waktu penciptaan 17 s,d, 24 April 2012. Hasilnya, dua “calon” Mars masuk, yakni dari Prof. Dr. Bambang Banu dan Prof. Dr. Hendyat Sutopo.
Kedua “masukan” itu diolah oleh Tim untuk Mars UM. Lagu Mars UM diciptakan oleh dua bersaudara Solly Pigawahi dan Denny Pigawahi. Adapun lirik dikerjakan oleh Murdibjono, Yuni Pratiwi, Anang Brotoseno, Indra Suherjanto, Tutut Pristiati, Aminarti S. Wahyuni, dan Supangat.
Malang, 2 Mei 2012
Dawud
Dekan FS, anggota Pokja.

 

Post Author: dawud

13 thoughts on “MARS UM

    Solly Pigawahi

    (4 Juni 2012 - 01:23)

    Suatu hal yang sangat membanggakan bagi kami semua ketika diberi kepercayaan pimpinan UM untuk menjadi team perumus Mars ( dalam ejaan bahasa asing “march” yg bukan berarti nama bulan, tetapi musik yg most commonly digunakan untuk marching)Universitas Negeri Malang (UM), yg notabene adalah salah satu universitas terkemuka di negeri ini. Secara pribadi saya sangat berterimakasih atas kesempatan yg telah diberikan kepada saya yang notabene bukan merupakan alumni UM, tetapi saya jauh di dalam lubuk hati saya tetap menganggap UM sebagai bagian hidup saya ( ayah dan adik saya adalah alumni dan staff pengajar di UM, dan ibu saya almarhumah adalah alumni UM / IKIP mlg)Semoga berkenan dan dapat menjadi salah satu penyemangat bagi kiprah UM di masa2 yg akan datang demi tercapainya tujuan mulia mencerdaskan kehidupan bangsa… Jayalah UM sepanjang masa…

    Sumar

    (2 Juni 2012 - 21:56)

    Maaf saya sedang mencari sahabat saya semasa SMPN 1 di Ponorogo yg juga bernama Yoyok Adisetio Laksono, apakah benar pak Yoyok ini sahabat saya itu. Kalau benar tolong email ke sumarbagiono@gmail.com. Terima kasih.

    Sumarbagiono

    michael

    (4 Mei 2012 - 11:31)

    Untuk versi MP3: http://um.lagu.tv/mars.mp3

    dawud

    (4 Mei 2012 - 07:43)

    @Yoyok
    Iya, Pak. Usul yang bagus. Kami sampaikan ke Pimpinan UM untuk rekaman Mars dan Hymne UM sesuai dengan usul Pak Yoyok.

    Johanis Rampisela

    (4 Mei 2012 - 07:41)

    Video Mars UM tanggal 2 Mei 2012 yang diupload di Youtube oleh Pak Syamsul Hadi ditampilkan di sisi kanan blog Berkarya agar mudah dinikmati.

    Yoyok Adisetio Laksono

    (4 Mei 2012 - 06:02)

    @dawud

    Terima kasih infonya Pak. Video sudah saya download, tetapi sayang karena sifatnya live sehingga tidak jernih.

    Saya usulkan agar dibuat di studio rekaman dalam dua versi. Versi pertama hanya suara penyanyi dan versi kedua suara penyanyi disertai dengan iringan musik.

    dawud

    (3 Mei 2012 - 20:41)

    @Yoyok
    Pak Syamsul Hadi sudah memposting di Youtube.

    michael

    (3 Mei 2012 - 10:43)

    Selamat atas terciptanya Mars UM.

    Apakah ada yang dapat menjelaskan perbedaan saat kapan kedua lagu dinyanyikan?

    Misalnya, Hymne – waktu wisuda, Mars – waktu upacara bendera.

    Salam,

    Michael
    (Alumnus FS UM)

    Yoyok Adisetio Laksono

    (3 Mei 2012 - 09:29)

    Dimana bisa memperolah rekaman dalam format mp3?

    Jadi ingat dahulu pernah menjadi anggota paduan suara mewakili FPMIPA untuk lomba paduan suara se IKIP Malang.

    suhartono

    (3 Mei 2012 - 08:45)

    Pertanyaannya Pak,apakah warga terutama para pegawai UM(wajib hafal)?

    Supriyono

    (2 Mei 2012 - 13:55)

    Ketika ikut membahas konsep syair Mars UM ini dan mendengarkan notasi nadanya pada tahap awal, secara umum saya merasa sudah pas. Saya menjadi saksi betapa irama dan syairnya telah memuat dan mengandung semua nilai dan semangat yang menjadi acuan UM: nilai Pancasila, belajar sepanjang hayat, the learning university, semangat ketulusan pengabdian, berkarya dan terus berkarya, pioneering, dan menjunjung nilai perdamaian, kemanusiaan, dan pembangunan berkelanjutan.

    Selamat datang Mars UM. Semakin melengkapi komponen universitas. Terima kasih kepada para penggubah dan pengaransir. Mohon aransemen musiknya segera dilengkapi. Dan semoga segera bisa diuggah di Laman UM.

    Supriyono

    djoko rahardjo

    (2 Mei 2012 - 13:32)

    Saya adalah orang “yang awam” di bidang musik tetapi ketika mencoba mendengarkan Mars UM bahwa suara “sopran dan tenor” tidak begitu jelas. Mungkin telinga saya yang “kurang peka”. Barangkali ahlinya dapat menjelaskan mengapa terjadi seperti itu?

    Johanis Rampisela

    (2 Mei 2012 - 11:42)

    Selamat atas terbitnya Mars UM. Sudah dibuatkan menu di Berkarya ini yang setara dengan Lambang, Logo The Learning, Hymne UM.

Komentar ditutup.