Mimpi-mimpi Indah UM Mulai Terwujud

Sejak bertugas di Pusat TIK UM, saya sering berdiskusi dengan para “pemimpi” UM. Mimpi-mimpi indah merekalah yang menjadi pekerjaan Divisi Perangkat Lunak.

Inilah mimpi-mimpi indah yang sudah terwujud

  • Kapan registrasi mahasiswa baru lancar? Ini adalah mimpi utama Pak Noor Farochi (Kasubag RS) yang menjadi ketua panitia registrasi mahasiswa baru. Berkat kerja semua pihak yang terlibat maka mimpi ini mulai terwujud pada registrasi mahasiswa baru 2008.
  • Kapan UM masuk peringkat Webometrics? Ini obsesi Bu Yuni (Kabag PSI) yang disampaikan kepada saya sambil menunjuk potongan koran Kompas yang memuat peringkat Webometrics Juli 2008 (sampai tulisan ini dibuat, potongan koran tersebut masih ditempel di papan tulisnya). Pada bulan Januari 2009, TPJB yang dimotori Pak Ali Saukah dan dibantu oleh Bu Yuni dan Pak Ma’arif (Kasubag SI), meminta dukungan Prof Suparno (Rektor) untuk memulai e-journal. Dukungan diberikan dan Arrijal (programmer) memulai pekerjaan dibantu oleh Pak Suryono, Bu Sumarni, dan tenaga kontrak. Mimpi menjelma menjadi kenyataan, UM peringkat 13 Indonesia versi Webometrics Juli 2009.
  • Kapan UM bisa pendaftaran online? Perguruan tinggi lain sudah banyak yang online. Ini keinginan Bu Mimin (Kabag PK) dan Pak Dwi (Kasubag PE) yang disampaikan dengan muka penuh harapan. Akhirnya dengan usaha Bu Mimin dibantu Pak Dwi, Pak Noor (Kasubag RS), dan dukungan penuh dari Pak Amin (Kepala Biro AAKPSI), akhirnya Arrijal (programmer Divisi Perangkat Lunak) memulai pembuatan program dalam kesibukannya menjalani prajabatan dan pernikahannya. Saat itu, seleksi PMDK sedang berlangsung maka pendaftaran online dipakai untuk calon mahasiswa baru 2009 jalur Mandiri I, Diploma, Non-SMTA, dan Mandiri II. Meskipun begitu banyak kendala, namun berkat layanan data Pak Taufiq dan Pak Yanto dari BTN Malang, dan berkat “manusia online” yang dimotori oleh Anida dan Yuli maka semuanya bisa diatasi. Dukungan dari Pak Supriyanto (Ketua Panitia), PR I, dan Rektor sangat meringankan hati menghadapi tugas yang berat tersebut.
  • Kapan KHS bisa dilihat melalui Internet? Ini adalah mimpi Pak Dwi (Kasubag PE) yang kasihan melihat banyaknya mahasiswa yang antri di loket untuk memperoleh KHS. Pak Wahed (programmer) membuat program KHS Online dibantu oleh Pak Rijal (programmer). Mulai tanggal 27 Oktober 2009 program ini disosialisasikan melalui Internet dan spanduk.
  • Kapan pendaftaran KKN bisa dilakukan via Internet? Kami sangat repot melayani sekian banyak mahasiswa. Ini mimpi LPM. Akhirnya dimotori Pak Hendri Purwito, LPM mewujudkan mimpinya melalui bantuan Pak Wahed (programmer) yang menghabiskan banyak minggu untuk membuat program. KKN online via Internet akhirnya dimulai tanggal 12 Agustus 2009.
  • Kapan validasi keuangan mahasiswa bisa lancar? Ini keinginan dari Pak Suwadi (Kasubag DRK), Pak Waras, dan semua petugas yang melayani validasi. Antrian tak beraturan dari pagi sampai sore membuat Subag DRK menjadi tempat yang sangat ribut, panas, dan sumpek. Prof Suparno (Rektor) juga menyatakan keinginannya agar antrian mahasiswa yang kacau balau pada semester ganjil 2009/2010 jangan terulang lagi. Berkat dukungan Pak Zunaedi (Kabag Keuangan) dan Pak Andoyo (Kepala Biro AUK) maka dibeli 3 barcode scanner untuk membaca NIM dari kartu mahasiswa. Sistem antrian ditata dan disertai petunjuk tertulis, akhirnya validasi keuangan mahasiswa semester genap 2009/2010 berjalan sangat tertib dan lancar.
  • Kapan ya, mahasiswa UM bisa KRS-an dari rumah? Jangan-jangan saya sudah pensiun nih. Mimpi ini disampaikan Bu Mimin (Kabag PK) sambil tertawa kecil. Prof Dawud (Dekan FS) juga pernah menyampaikan hal ini dalam bentuk tulisan di Berkarya. Sebenarnya KRS online via Internet sudah direncanakan bersama Pak Roesdiyanto (Dekan FIK) untuk FIK pada semester ganjil 2009/2010, tetapi batal karena sesuatu hal. Sejak Oktober 2009, rencana ini dibahas lagi oleh Divisi Perangkat Lunak, para programmer menyanggupi dan tanggung jawab program ada di tangan Pak Wahed (programmer Divisi Perangkat Lunak). Bu Mimin sangat gembira mendengar rencana ini (karena belum pensiun). Kamis 21 Januari 2010, Pak Wahed menyampaikan bahwa program KRS via Internet sudah siap. Para ujung tombak segera dikabari: Bu Mimin (Kabag PK) dan Pak Dwi (Kasubag PE) dan diputuskan untuk menerapkan pada FIK dan FIS karena pertimbangan kedua fakultas baru tersebut masih kekurangan komputer untuk melayani via intranet. Prof Suparno (Rektor) sangat gembira mendengar rencana tersebut. Hari Senin 25 Januari 2010, KRS via Internet dimulai, Pak Umar (programmer) membuat program pemantau akses KRS. Pak Wahed dan saya memantau perkembangan via Internet mulai dari pukul 00.00 dari rumah kami masing-masing, sangat lega rasanya melihat angka yang menunjukkan akses KRS via Internet bertambah satu demi satu.  Setelah memantau kondisi layanan KRS via intranet, ternyata antriannya sangat panjang, maka segera dibuat keputusan “bersejarah” dan “beresiko” yaitu menerapkan KRS online via Internet untuk semua fakultas. Hasilnya segera kelihatan … antrian menurun cepat dan relatif semua lancar. Ada keluhan tentang kesalahan program tetapi diimbangi oleh banyaknya dukungan terhadap KRS online via Internet untuk semua fakultas.
  • Kapan UM masuk 10 besar Webometrics? Ini mimpi seri dua dari Bu Yuni (Kabag PSI). Mimpi masuk Webometrics sudah tercapai, sekarang mimpi 10 besar, kalau sudah tercapai mungkin mimpi seri tiga muncul lagi, masuk 5 besar hehehe. Sejak April 2009, Prof Suparno (Rektor UM) membentuk Tim Webometrics untuk meningkatkan indikator-indikator size, visibility, rich files, dan scholar. Keputusan penting juga dihasilkan yaitu semua karya ilmiah harus masuk situs UM. Prof Suparno juga tidak henti-hentinya mendorong semua unit untuk mengembangkan situsnya. Fakultas Sastra, Jurusan Fisika, Jurusan Matematika, Kemahasiswaan, Perpustakaan, Pascasarjana, dan Fakultas Ekonomi adalah unit-unit yang sudah merawat situsnya. Beberapa orang diminta menjadi prajurit Webometrics yaitu para alumni (Anida Etikawati, Indri Trisusiyanti, Syamsul Hadi), para simpatisan (Yuliatul Maghfiroh, Tini Wulandari, Delta, dkk), para mahasiswa (Michael, Ayu Siska, Febriana, Ida, Venty, Shofyan, Puji Astuti, Januar, Eko Fuji, Rizqyanne Ahmad, Ade Lucky, Anizah, Haritzah, Devid), para karyawan (Fahmi, Sandra Irawan, Rizky, Sutrisno, Fajar, Didik Suyanto, Umar Faisol, Arrijal Nagara, Nida Anisa, Yon Ade, Putut Januarta, Mujahidin Akbar). Mereka ternyata sangat lincah, cerdas, kreatif, dan profesional. Hasilnya diumumkan tanggal 10 Februari 2010 malam hari, Webometrics Januari 2010 menempatkan UM pada peringkat 1256 dunia, 28 Asia Tenggara, 6 Indonesia. Hasil peringkat 6 tersebut sama persis dengan prediksi LCWCU UM  (Learning Center for World Class University of UM). Malam itu juga puluhan SMS dikirim untuk menyampaikan berita tersebut dan membuat tulisan di Berkarya. Besok paginya, saya ikut bahagia melihat kegembiraan yang terpancar dari wajah Prof Suparno yang membaca hasil pemeringkatan tersebut. Sangat banyak dukungan berupa komentar pada Berkarya diawali oleh Michael (yang mematok target baru …), Prof Dawud (yang melayang …), Nida (yang menyarankan kerja cerdas …), Fahmi (yang ‘mengungkapkan’ penyebab mundurnya pengumuman Webometrics …), Yon Ade (yang ‘menuduh’ adanya aktor intelektual …), Cak Imam (yang hanya bisa menyampaikan sebaris kalimat …), Bu Fat (yang semakin bersemangat …), dstnya, dan dilengkapi dengan ucapan selamat dari BTN (Pak Taufiq), Telkom (Pak Dias), dan BRI (Pak Soegeng) dalam wujud spanduk-spanduk indah yang dipasang di berbagai lokasi kampus.

Sudah ada mimpi yang terwujud, masih banyak mimpi yang sedang dikerjakan, dan masih lebih banyak lagi mimpi yang akan muncul. Mudah-mudahan berkat dukungan dan kerja sama semua pihak, akan lebih banyak mimpi yang bisa terwujud.

Malang, 13 Februari 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM)

Post Author: Johanis Rampisela

18 thoughts on “Mimpi-mimpi Indah UM Mulai Terwujud

    Johanis Rampisela

    (24 Februari 2010 - 04:06)

    @jojo
    Sejak 25 Agustus 2008 sampai dengan September 2009, UM mempunyai situs ganda yaitu um.ac.id (yang baru) dan malang.ac.di (yang lama). Setelah itu, situs UM sudah tunggal yaitu http://um.ac.id. Mungkin basis data Webometrics belum diperbarui sehingga masih dideteksi ganda.

    robby

    (23 Februari 2010 - 21:22)

    wah sayang semua itu aku dag gag jadi mahasiswa UM

    merasakan yang namanya antre desak2kan ada kejadian aneh pas bayar di BNI gedung J pas antre ada mahasiswa yang nakalan gag mau ngatri tapi dia pura2 kesurupan…alhasil dia gag bisa ngntri tapi di jontorin mahasiswa yang lain dan sam para mahasiswi di pecohi(dikata2i)

    jojo

    (23 Februari 2010 - 18:34)

    peringkat webometric UM kok ada tanda asterling….. (ada indikasi mempunyai web ganda)

    adhimas wijaya

    (19 Februari 2010 - 16:33)

    moga UM bs masuk peringkat d THES
    amin
    mahasiswa kimia 2006

    alif (mahasiswa, 07)

    (17 Februari 2010 - 21:43)

    selamat Untuk UM,,,, mudah2_an keberhasilan ini tetep terjaga, dan jangan terlalu terbuai…. karena tantangan telah menanti untuk mempertahankan dan meningkatkan lagi keberhasilan tersebut. saya ada harapan mungkin ini merupaka harapan juga dari para Alumni2 JURUSAN FISIKA UM, kapan ya,,, Jurusan FISIKA dibuka PASCA SARJANANYA…. kalo bisa yang science,,,,, terima kasih… keep spiritttt…..!!!! (“;”)..

    Dyah S.P

    (17 Februari 2010 - 18:16)

    Dyah mahasiswa PGSD UM PP III Blitar. slamat bt keberhasilan tim TIK UM. alangkah lebih lengkap lagi keberhasilan itu jika dirasakan juga mahasiswa UM di PP III. kapan fasilitas TIK da di PP III?minimal hot spot area dlu lah sebagai sarana penunjang belajar mahasiswa.terima kasih.

    fatma

    (16 Februari 2010 - 12:43)

    Insyaallah mimpi bau ikan segera terwujud. Tetapi mimpi yang pernah saya lontarkan ke Pak Jo yaitu pendaftaran beasiswa online belum terwujud. Saya lamaaa mikirnya, bagaimana ya agar mimpi tersebut bisa terwujud tetapi pengelola beasiswa juga tidak mengalami kesulitan data dukung jika menghadapi pemeriksa.

    Terima kasih, salam
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan

    Mimin

    (16 Februari 2010 - 08:40)

    Masih ada mimpi yang belum terwujud yaitu registrasi online. Kami sangat menunggu hal ini segera terrealisasi, sehingga rangkaian kegiatan awal semester (Pembayaran SPP, Registrasi, KHS, KRS) dapat dilakukan mahasiswa dari mana saja dan kita tidak lagi melihat antrian puuanjang. Hal kunci adalah segera mewujudkan kerjasama dengan fihak ketiga. Semoga MoU segera ditandatangani dan semester depan sudah ok. Semoga !

    Mimin
    Kepala Bagian Pendidikan dan Kerjasama

    Abu Husen

    (15 Februari 2010 - 20:43)

    Almamaterku tercinta. hebat! 2 jempol buat kampusqu tercinta dan bapak-ibu petugas yang ada di balik semua kesuksesan ni. waktu saya kuliah, UM si anggap sebelah mata, sekarang dah peringkat 6 Indonesia. CONGRATULATIONS!

    Abu Husen, S.Pd.
    Alumni Biologi 2004
    SMAN 1 Kasiman Bojonegoro

    didin wi

    (15 Februari 2010 - 15:53)

    selamat buat um.ac.id!

    semoga makin sukses di dunia maya dan di dunia yang sesungguhnya!
    prestasi dunia maya semakin meningkat dan juga prestasi-prestasi akademis yang lain!

    sukses terus…!

    pps um, s2 pend bi

    aminarti siti wahyuni

    (15 Februari 2010 - 15:50)

    Mimpi-mimpi telah terwujud, yang belum terwujud adalah undangan makan siangnya, semoga pak Jo tidak melupakannya menjadi sebuahh janji yang lenyap terbawa angin kencang di saat imlek.

    noniexs

    (15 Februari 2010 - 08:57)

    selamat buat UM….makin baek ja kedepannya….
    dan tentunya…terus berbenah n tidak menyombangkan diri….

    noniexs
    ULPBJ UM

    Toto Nusantara

    (15 Februari 2010 - 06:54)

    Selamat kepada tim TIK UM atas kerja kerasnya untuk mewujudkan peringkat 10 besar Indonesia dan lompatan fantastis 1500 lebih ke 1256 peringkat dunia.

    dawud

    (15 Februari 2010 - 05:45)

    “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu” (Hirata, Andrea. 2008:34. Edensor. Yogyakarta: Penerbit Bentang).
    “Tanpa mimpi, orang seperti kita akan mati …” Aku merasa beku, serasa disiram seember air es. “Mungkin setelah tamat SMA kita hanya akan mendulang timah atau menjadi kuli, tapi di sini Kal, di sekolah ini, kita tak akan pernah mendahului nasib kita!!” (Hirata, Andrea. 2008:153. Sang Pemimpi. Yogyakarta: Penerbit Bentang).
    “Mentalitas merealisasikan ide menjadi tindakan nyata barangkali dapat dipertimbangkan sebagai matapelajaran baru di sekolah-sekolah kita” (Hirata, Andrea. 2008:165. Sang Pemimpi. Yogyakarta: Penerbit Bentang).
    “Capo adalah seorang pendobrak, seorang yang patut dikalungi medali. Possibility, itulah mentalitas Capo: positif dan percaya pada semua kemungkinan” (Hirata, Andrea. 2008:174. Sang Pemimpi. Yogyakarta: Penerbit Bentang).

    Malang, 15 Februari 2010
    Dawud (Dekan Fakultas Sastra UM)

    david

    (13 Februari 2010 - 22:41)

    Selamat ya Buat UM sudah Masuk 6 besar webometrics

    karena dengan adanya sistem krs,kkn,khs….
    kami para mahasiswa mendapatkan kemudahan yang sangat berarti
    smoga buat ke tahun ke depannya bertambah sukses lagi….

    fillio.david
    fakul teknik

    Johanis Rampisela

    (13 Februari 2010 - 17:25)

    @kaskuserr
    Yang disebut memang tidak semuanya hanya yang punya catatan khusus … Jangan kecewa ya … saya juga sudah berkunjung ke Unsri untuk menyampaikan selamat.

    Ferril Irham M

    (13 Februari 2010 - 13:04)

    Pak Johanis….
    Setiap masa memang memiliki tantangannya tersendiri
    Ada tiga hal yang harus kita tetapkan…………….
    Mimpi, berkarya kemudian terus berkarya dan yang terakhir kejujuran….

    Selamat buat um.ac.id

    Ferril Irham M
    Sastra Inggris
    FS Universitas Negeri Malang

    kaskuserr

    (13 Februari 2010 - 13:03)

    saya gak disebut yah, padahal duluan lo ucapin selamat ^^

Komentar ditutup.