MONSTLER: Music Player Multiguna Pengusir Nyamuk dan Tikus

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menginovasikan sebuah produk yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk dan tikus bagi masyarakat. MONSTLER (Mosquito and Dangerous Animals Ultrasonic Wave Killer) memanfaatkan gelombang ultrasonik dalam proses kerjanya dengan rentang frekuensi yang dipancarkan antara 20-60 kHz. Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari Sahal Fawaiz (S-1 Pendidikan Fisika), Achmat Muhajir (S-1 Pendidikan Fisika), dan M. Fajar Dian Pratama (S-1 Fisika) mengungkapkan bahwa MONSTLER juga dilengkapi dengan fungsi MP3 Player. Hal ini bermanfaat ketika digunakan untuk mengusir tikus dengan radius yang lebih luas menggunakan suara agonistik tikus jantan berkelahi. Proses pengisian daya pada produk ini menggunakan baterai yang telah tersedia beseta modul charger. Selain itu desain inovatif dan ukiran kayu khas Situbondo semakin menambah nilai artistik pada MONSTLER yang membuatnya menjadi lebih menarik dan unik.

Produk penelitian ketiga mahasiswa UM tersebut dapat digunakan di rumah, baik oleh masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Harapannya MONSTLER dapat bermanfaat secara maksimal bagi masyarakat untuk mengusir nyamuk dan tikus tanpa menimbulkan efek samping bagi manusia di sekitarnya. Info grafis dan detail tentang MONSTLER dapat diakses melalui akun Instagram @monstler_iw.

 

Penulis: Andita Eka Wahyuni

Post Author: Andita Eka Wahyuni

1 thought on “MONSTLER: Music Player Multiguna Pengusir Nyamuk dan Tikus

    Terjemahan

    (10 Agustus 2018 - 18:03)

    Bagus banget ini, mungkin akan lebih bagus kalau ada yang menggandeng mereka, agar yang mereka buat bisa di aplikasikan ke Aplikasi Android ataupun IOS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *