Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Kelima Telah Terbit

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI) Edisi Keempat yang terbit tahun 2000 dirasakan perlu disempurnakan setelah 10 tahun dipergunakan sebagai pedoman oleh sivitas akademika UM dalam menulis karya ilimiah yang berupa skripsi, tesis, disertasi, artikel jurnal, makalah, tugas akhir, dan laporan penelitian.
Untuk itu Rektor membentuk Tim Revisi yang diarahkan langsung oleh Rektor, dengan Ketua: Prof. H. Ali Saukah, M.A.,Ph.D., Anggota: Prof. Dr. H. Ah. Rofi’uddin, M.Pd, Prof. Dra. Herawati Susilo,M.Sc.,Ph.D., Prof. Dr. H. Amat Mukhadis, M.Pd, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed.,M.Si, Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, Drs. H. Guntur Waseso, Drs. Margono, M.Pd, M.Si, Koordinator Sekretariat: Dra. Aminarti Siti Wahyuni. Kemudian penyuntingan akhir dilakukan oleh Drs. H. Mulyadi Guntur Waseso dan Prof. H. Ali Saukah, M.A., Ph.D., dan setting dilakukan oleh Dra. Aminarti Siti Wahyuni, Doni Irwanto, S. Kom, dan  Prihatini Retnaningsih, S.E.
Tim bekerja mulai bulan Juli 2010 dan baru pada bulan September 2010 draf akhir revisi PPKI Edisi Kelima berhasil diselesaikan setelah membahas semua masukan dari berbagai pihak yang masuk secara tertulis ke Subag SI berupa email, fax, dan surat, maupun diskusi diantara anggota tim. Dalam PPKI Edisi Kelima ini terdapat beberapa perubahan , penambahan,dan koreksi, mengikuti perkembangan IPTEKS dan tuntutan peningkatan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.
Saat draf akhir PPKI sudah diperiksa dan Kata Pengantar Edisi Kelima sudah ditandatangani Rektor di akhir bulan September 2010 dan selanjutnya dikirim ke percetakan untuk naik cetak pada awal bulan Oktober 2010, tertunda karena Prof. H Ali Saukah, M.A., Ph.D. melontarkan ide untuk melengkapi PPKI Edisi Kelima dengan Salinan PP Mendiknas no 17 Tahun 2010 mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di PT sebagai Lampiran 20a dan Cara Menghindari Penjiplakan (Plagiasi) sebagai Lampiran 20b. Akhirnya ada perubahan waktu cetak, ditambah karena kesibukan Subag Sistem Informasi sebagai sekretariat Dies Natalis ke 56 UM dengan berbagai kegiatannya, maka draf PPKI Edisi Kelima baru siap naik cetak akhir Oktober 2010.
Bersyukur akhirnya pada tanggal 10 November 2010 PPKI Edisi Kelima telah selesai cetak dan dipasarkan pertama kali kepada para peserta Penloknas Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah angkatan 27 di Agrokusuma, Batu yang berasal dari berbagai PTN dan PTS seluruh Indonesia , dan mendapat sambutan yang baik. 81 buah buku PPKI laku terjual.
Selanjutnya memenuhi kebijakan Rektor, telah pula dicetak PPKI edisi khusus gratis untuk para dosen UM pembina Penulisan Karya Ilmiah mahasiswa. PPKI gratis tersebut dibagikan pada tanggal 24 November 2010 melalui Kabag/ Kasubag TU masing-masing fakultas, sedangkan bagi para mahasiswa yang ingin memiliki PPKI Edisi Kelima bisa membeli  di KOPMA UM , PPS UM, Penerbit percetakan UM jalan Gombong, dan Subag SI UM, Gedung A2. Lantai 2.
Semoga PPKI Edisi Kelima ini bermanfaat tidak hanya bagi para sivitas akademika UM, tetapi juga bagi semua pihak di luar UM untuk keperluan penulisan karya ilmiah.

Post Author: Aminarti Siti Wahyuni

23 thoughts on “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Kelima Telah Terbit

    Listin Ngantung (di Kalteng)

    (1 Desember 2012 - 08:09)

    Terimakasih, saya beli bukunya PPKI ini msh sangat berguna bagi saya saat ini sebagai guru untuk mengajarkan kepada anak didik saya bagaimana cara penulisan karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.

    inggit_Sasindo03

    (16 Maret 2012 - 05:01)

    PPKI ini msh sangat berguna bagi saya saat ini sebagai guru untuk mengajarkan kepada anak didik saya bagaimana cara penulisan karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.. saya mohon apabila ada revisi tolong bagi alumni dikabari yaa,,terima kasih..(UM selalu di hati)

    Aminarti Siti Wahyuni

    (8 Agustus 2011 - 14:12)

    @fahmi
    Tolong dicermati tulisan saya di atas, PPKI direvisi setelah 10 tahun jadi tidak tiap tahun ganti.
    Demikian penjelasan saya atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Kabag PSI,
    Aminarti S. Wahyuni

    fahmi

    (6 Agustus 2011 - 23:04)

    tiap tahun ganti kok plin planya pak. kl undang2x ganti tiap tahun apa g mubazir pak. ga efisien baru 1 tahun buku dibuang lagi. qt kan lembaga pendidikan ko g mendidik hemat, palagi bukunya mahal n yang berubah hanya sebagian bukan keseluruhan. mohon dipertimbangkan

    haehany

    (1 Maret 2011 - 21:43)

    alAngkAh LUCUNYA kAmpUSku….
    INGIN mahaSIswanya CePaT LuLuS TaPi PPKI kok tetp bElLi…!!?

    maav ini komentar dari sya yg KURANG mENGerti tata bahasa yg benar
    karena sya belum punya PPKI 2010

    angga

    (9 Februari 2011 - 06:32)

    mbok yo gak usah dikomersilkan bagi mhasiswane dewe

    dsatyananda

    (31 Desember 2010 - 21:01)

    Saya rasa ada hal-hal yang bisa dikomersialkan, dan ada hal-hal yang dibuat menjadi free (free dalam cara mendapatkan dan dalam hal biaya). PPKI merupakan sesuatu yang menjadi acuan dosen dan mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah, tidak ada salahnya dibuat menjadi free, dengan hak cipta tetap pada penulis. Saya rasa UM bisa kok membayar penulisnya dengan layak sembari menyebarluaskan panduan ini baik dalam bentuk cetak dan elektronik. Kalaupun membayar konteksnya hanya pada penggantian biaya cetak atau medianya, bukan untuk komersialisasi, apalagi royalti.

    KOBOY KAMPUS

    (29 Desember 2010 - 17:15)

    MEDIT REK…

    priyo

    (29 Desember 2010 - 16:34)

    saya sepakat dengan mas adi wibowo.PPKI memang harus ada, tetapi apakah harus ada pula revisi. karena hal itu akan membuat mahasiswa BINGUNG. apalagi mahasiswa yang telah memiliki PPKI edisi sebelumnya.
    selaon itu, dalam PPKI edisi kelima ini, setelah saya liat masih ada kesalahan-kesalahan yang tidak konsisten antara contoh dan penjelasan.harap diperhatikan lagi, agar nantinya tidak ada revisi lagi…
    kasian mahasiswa yang sudah punya PPKI edisi sebelumnya dengan harga yang segitu…terima kasih,,,
    JAYA UM..!!!

    Aini

    (29 Desember 2010 - 10:24)

    Menarik, dimana dan bagmn cara kita memperoleh buku panduan tersebut..???

    Farid GUn

    (27 Desember 2010 - 18:23)

    alangkah efektifnya buku ini bila bisa di akses dengan gratis oleh mahasiswa…karena harga sebuah ilmu tidak harus melulu di ukur dengan satuan materi…begitu dosen saya mengatakan…

    merry

    (20 Desember 2010 - 21:28)

    harganya 36.000

    Winata

    (14 Desember 2010 - 22:15)

    Dalam PPKI yang baru, ada beberapa pembatasan tentang karya ilmiah seperti Skripsi, Thesis dan Disertasi..

    Mengapa harus ada pembatasan2 semacam itu?

    ferum fisika 2006

    (13 Desember 2010 - 19:45)

    ys mintak pdf nya dan supaya bisa di download gt………….

    M. Guntur Waseso

    (7 Desember 2010 - 16:28)

    Yth. Adi Wibowo
    Terima kasih atas komentar Anda. Edisi (baru) diperlukan jika ada hal-hal baru yang ditambahkan atau hal-hal lama disempurnakan. Inilah tradisi penerbitan buku, dan itu jugalah yang dilakukan untuk PPKI.
    Tentu bisa saja yang diterbitkan hanyalah perbaikannya. Akan tetapi, itu hanya berguna untuk yang SUDAH memiliki buku (edisi lama), bukan? Bagaimana dengan yang belum punya buku (edisi lama) itu? Akan lebih tepat menerbitkan edisi baru (dengan segala perbaikannya itu)daripada, misalnya, mencetak-ulang edisi lama PLUS menerbitkan halaman-halaman revisinya.
    Sekali lagi terima kasih.

    adi wibowo

    (6 Desember 2010 - 22:22)

    kalau setiap saat pedoman penulisan karya ilmiah selalu berganti apa tidak membuat mahasiswa bingung?
    terus bagaimana dengan PPKI yang telah diterbitkan dan dibeli pada tahun-tahun sebelumnya itu tidak menjadi sia-sia?
    kalau menurut saya, sebaiknya PPKI ya cuma satu saja kalaupun ada penyempurnaan sebaiknya diterbitkan bagian yang disempurnakan saja biar tidak membingungkan pembaca

    tulus_ndeso

    (2 Desember 2010 - 15:27)

    mungkin akan lebih baik bila panduan tersebut berupa PDF yang bisa di download oleh mahasiswa ..
    kan lebih berguna dan amal ibadah yang bikin panduan dapat segera tersalurkan ..
    hehehe .. 😀
    masa sama mahasiswa sendiri perhitungan pak .. 😀

    yungsi

    (2 Desember 2010 - 13:10)

    Bisa download softcopynya ga???

    aminarti siti wahyuni

    (30 November 2010 - 09:14)

    Yth. P Masnur Muslich
    Untuk kesamaan acuan antara dosen dan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis,TA. dan LA, PR I telah mengedarkan Surat no 6178/H32.I/TU/2010, tanggal 15 Nopember 2010, hal: Penggunaan PPKI, yang ditujukan pada Para Dekan/Direktur PPS dengan tembusan: 1. Rektor, 2. Para Pembantu Dekan I/Asdir I PPs, 3. Para Ketua Jurusan/PSSJ PPs, 4. Kepala BPM, 5. Para Kabag TU Fakultas,dan 6. Para Fungsionaris Mahasiswa Universitas dan Fakultas, untuk menegaskan kepada para dosen agar berpedoman pada PPKI Edisi Kelima mengacu pada Pedoman Pendidikan UM edisi Tahun 2010, Pasal 45 ayat 5.
    Demikian penjelasan kami, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih

    M. Guntur Waseso

    (29 November 2010 - 09:07)

    Untuk Pak Masnur Muslich Yth., dalam paragraf pertama Kata Pengantar yang dibuat oleh Rektor Universitas Negeri Malang, telah dinyatakan bahwa PPKI merupakan pedoman resmi yang harus diikuti oleh segenap sivitas akademika UM dalam penulisan karya ilmiah. Mungkin memang ada baiknya jika Rektor membuat edaran lagi kepada semua unit kerja, fakultas/jurusan, dan lembaga, untuk menegaskan kembali posisi PPKI itu. Terima kasih.

    Untuk Elvigto Yth., harga (jual) PPKI dapat ditanyakan kepada Penerbit UM. Jika Anda berada di Malang, Anda dapat mencari & membeli PPKI antara lain di KOPMA UM (Jl. Semarang) dan Penerbit/Percetakan UM (Jl. Gombong). Terima kasih.

    Untuk Putut Yth., sayang PPKI tidak dibuat dalam format file pdf. PPKI adalah buku yang sebenarnya juga diterbitkan untuk diperdagangkan (secara komersial). Terima kasih.

    Masnur Muslich

    (29 November 2010 - 00:32)

    PPKI yang disusun oleh Tim Ahli ini layak dijadikan acuan oleh dosen pembimbing skripsi/tesis/disertasi. Sebab, berdasarkan pantauan saya, masih banyak dosen pembimbing yang tidak mengacu pada PPKI ketika memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Saran saya, agar ada keterikatan, sebaiknya Rektor menerbitkan Surat Keputusan atau Surat Edaran yang berisi kewajiban semua dosen di lingkungan UM agar menerapkan PPKI sebagai acuan pembimbingan skripsi/tesis/disertasi.

    elvigto

    (26 November 2010 - 16:54)

    Berapa harganya? Terima Kasih

    putut

    (26 November 2010 - 11:07)

    sudah tersebar di berbagai jurusan, bisakah seperti kalender akademik berupa file pdf, yang bisa di download oleh pengunjung

Komentar ditutup.