Pelatihan Deteksi Dini dan Penanganan Anak Usia 4-6 Tahun yang Mengalami Hambatan Diskalkulia bagi Guru-Guru TK Laboratorium UM dan TK Imbas di Gugus VIII Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Pada masa perkembangan setiap anak mengalami perbedaan dan tidak semua anak usia mampu melewatinya dengan tanpa kendala. Salah satu hambatan/gangguan perkembangan yang sering dialami anak usia dini adalah hambatan dalam ketrampilan berhitung sederhana (Diskalkulia). Sebagian besar guru-guru Taman Kanak-kanak (TK) belum mendapatkan informasi dan pelatihan tentang  penanganan anak usia dini yang mengalami hambatan kemampuan berhitung sederhana (diskalkulia) berikut teknis pelaksanaannya.

Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd

Pelatihan deteksi dini  dan penanganan anak usia 4-6 tahun yang mengalami hambatan diskalkulia bagi guru-guru TK Laboratorium UM dan TK imbas di gugus VIII Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, merupakan salah satu program pengabdian kepada masyakat  dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Negeri Malang. Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan praktis tentang deteksi dini dan penanganan anak usia dini yang mengalami hambatan diskalukulia pada anak usia di jenjang pendidikan TK di gugus VIII khususnya dan TK di Kota  Malang pada umumnya.

Pelatihan yang telah dilaksanakan pada tanggal 6, 13 dan 27 September 2019 di Ruang Pertemuan Gugus VIII berasal dari elemen guru utusan dari 20 lembaga PAUD/TK di gugus VIII  Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, yang masing-masing diwakili 2 orang guru. Keseluruhan berjumlah 30 orang peserta yang diutamakan lulusan sarjana pendidikan dengan pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun agar dapat mengimbaskan wawasan, pengetahuan, sikap dan ketrampilan dari guru-guru yang telah mengikuti pelatihan kepada guru-guru yang belum pernah mengikuti pelatihan dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan internal guru yang sudah lazim dilakukan, yaitu melalui paguyuban akademik di internal masing-masing lembaga paud, melalui kegiatan kelompok kerja guru (KKG), atau melalui kegiatan-kegiatan lain yang serupa.

Tim Pelaksana pengabdian yang terdiri dari segenap dosen, mahasiswa dan alumni Program Studi PGPAUD Universitas Negeri Malang yaitu Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd, Eny Nur Aisyah, S.Pd.I,, M.Pd, Evania Yafie, S.Pd, M.Pd, Leni Gonadi, S.Pd, M.Pd, Alfiana Fajarwatiningtyas (Alumni), dan Auliya Mashitho (Mahasiswa). Materi pelatihan yang diberikan meliputi: (1) Deteksi dini anak aud yang mengalami hambatan diskalkulia(2) jenis-jenis hambatan perkembangan yang dialami anak usia dini di lembaga paud, (3) hakikat/pengertian diskalkulia dan ciri-ciri anak usia dini yang mengalami hambatan diskalkulia, (4) cara-cara penangan anak usia dini yang mengalami hambatan  diskalkulia. Peserta mampu mengikuti dengan baik melalui aktivitas diskusi dan praktik langsung selama pelatihan. Implementasi keterampilan secara berkelanjutan dan lebih baik dalam pelayanan pembelajaran bagi segenap anak usia dini menjadi harapan besar yang terwujud dan dapat dihasilkan untuk pendidikan lebih baik bagi segenap anak bangsa.

Penulis : Eny Nur Aisyah, S.Pd.I., M.Pd

Post Author: Admin Berkarya

1 thought on “Pelatihan Deteksi Dini dan Penanganan Anak Usia 4-6 Tahun yang Mengalami Hambatan Diskalkulia bagi Guru-Guru TK Laboratorium UM dan TK Imbas di Gugus VIII Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

    Charlesvex

    (30 Oktober 2019 - 10:43)

    Дмитрий 89258521541 парапсихолог, приворот по фото, возврат любимых, коррекция судьбы, магические заговоры, магические воздействия, энергетическая привязка, просмотр жизненной ситуации, чистка, снятие негативных программ, восстановление брака, отворот, отворот от соперника.

    Вернуть былую гармонию в любовных отношениях, Приворот однополых партнёров, Магические ритуалы, Ритуалы на сильную любовь, Вернуть жену, Вернуть партнёра у сильнейшего мага, Обрядовая магия, Действенные магические ритуалы, Сексуальная привязка, Магия и экстрасенсорика

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *