Pemanfaatan Kentang untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Taraf Ekonomi Masyarat Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan

Desa Wonokitri merupakan sebuah desa di Kabupaten Pasuruan yang berada di kaki Gunung Bromo, karena letaknya yang berada di kaki Gunung Bromo maka desa Wonokitri memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah salah satunya yaitu tanaman kentang, namun taman kentang tersebut kurang dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, kami membuat sebuah program kerja berupa pelatihan bagi warga desa Wonokitri untuk  membuat berbagai macam olahan makanan yang terbuat dari bahan baku kentang dan nantinya masakan-masakan tersebut dapat dijual kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Bromo, sehingga dapat pula menambah penghasilan untuk warga desa Wonokitri.

Kegiatan pemanfaatan kentang tersebut kami adakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada warga desa Wonokitri tentang cara memanfaaakan kentang dan membuat olahan makanan dari bahan baku kentang. Kegiatan pelatihan pemanfaatan kentang tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 01 Juni 2018 dan bertempat di Pendopo Agung desa Wonokitri pada pukul 16.00 WIB.

Kegiatan pelatihan pemanfaatan kentang tersebut juga bertepatan dengan kegiatan PKK ibu-ibu desa Wonokitri. Sehingga setelah kegiatan PKK selesai, kita mengajak beberapa perwakilan dari ibu-ibu PKK tersebut untuk bergabung memasak bersama kami. Dari perwakilan ibu-ibu tersebut kami bagi kembali menjadi 4 kelompok. Kami membagi menjadi 4  kelompok karena kami membuat 4 macam olahan makanan, yaitu donat kentang, bola-bola kentang, mashed potato, dan potato wedges. Masing-masing kelompok didampingi dan  dibimbing oleh 3 orang mahasiswa KKN dan satu kelompok akan membuat 1 macam olahan makanan.

Tanggapan dari ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan pemanfataan kentang sangat baik sekali, terlihat dari antusias yang sangat tinggi ketika ibu-ibu PKK ikut bergabung mempraktekkan memasak. Sedangkan ibu-ibu yang tidak ikut praktek, mendengarkan penjelasan dari kami dengan seksama dan langsung dicatat dalam buku catatannya masing-masing. Kami berharap dengan adanya program pemanfaatan kentang ini dapat berdampak positif bagi warga desa Wonokitri dan dapat menambah pendapatan bagi warga desa Wonokitri.

Penulis: sarah salsabillah dan farah nur khabibah

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *