Pimpinan UM atau Pemimpin UM?

Beberapa bulan lalu, saya membaca artikel Sujiwo Tejo di majalah mingguan Tempo tentang pimpinan atau pemimpin. Berikut ini intinya.

  • Bandingkan dengan asuhan dan pengasuh. Asuhan berarti orang yang diasuh, pengasuh berarti orang yang mengasuh.
  • Bandingkan dengan bimbingan dan pembimbing. Bimbingan berarti orang yang dibimbing, pembimbing berarti orang yang membimbing.

Jika dianalogikan dengan contoh di atas maka seharusnya kata yang digunakan adalah “pemimpin UM”, bukan “pimpinan UM”.

Sejak membaca tulisan tersebut, saya mulai membiasakan diri menggunakan pemimpin UM, pemimpin Pusat TIK, pemimpin fakultas. Bagaimana menyingkat rapat pemimpin? Kalau mengikuti pola lama berarti “rapem”, agak aneh kedengarannya, kalau mengambil huruf 1, 4,5 dari pemimpin maka jadinya tetap “rapim”. Bagaimana pendapat pembaca?

Malang, 1 Oktober 2009

Johanis Rampisela (Pencinta Bahasa Indonesia)

Post Author: Johanis Rampisela

1 thought on “Pimpinan UM atau Pemimpin UM?

    dawud

    (4 Oktober 2009 - 20:58)

    Untuk menanggapi tulisan Pak Jo, saya kutipkan penjelasan yang tertuang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (2002) sebagai berikut.
    (1) Pada halaman 874, disebutkan, antara lain, kata “pimpinan” bermakna ‘hasil memimpin; bimbingan; tuntunan’. Adapun kata “pemimpin” bermakna ‘orang yang memimpin’.
    (2) Pada halaman 73, kata “asuhan” dapat bermakna (a) ‘hasil mengasuh; bimbingan; didikan’, misalnya pada kalimat “Kenakalan anak itu adalah akibat salah asuhan”; (b) ‘(anak, dsb.) yang diasuh’, misalnya pada kalimat “Ia lupa akan asuhannya”. Adapun kata “pengasuh” dapat bermakna (a) ‘orang yang mengasuh’; (b) ‘wali (orang tua, dsb)’.
    (3) Pada halaman 152, kata “bimbingan” bermakna ‘petunjuk (penjelasan) cara mengerjakan sesuatu; tuntunan; pimpinan’. Adapun kata “pembimbing” bisa bermakna (a) ‘orang yang membimbing; pemimpin; penuntun’; (b) ‘sesuatu yang dipakai untuk membimbing seperti pengantar (ilmu pengetahuan)’.
    Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *