Prof. Wahjoedi Pembuat Logo UM

Prof. Dr. Wahjoedi, M.E termasuk pemenang sayembara logo UM pada 21 Juni 1999. Ketika itu merupakan masa menyongsong perubahan IKIP menjadi UM. Karyanya dinobatkan menjadi juara II. Tetapi anehnya karyanya dipatenkan sebagai logo UM. Dia lantas menunjukkan logo UM yang sudah jadi tersebut. Berbentuk lingkaran yang ada di dalamnya merupakan kolaborasi lingkungan berupa pohon kalpataru, bintang, dan simbol UM bewarna kuning. Setiap bagian di samping logo tersebut ditulis maknanya.

Bentuk lingkaran yang melambangkan perkembangan global. Gambar pohon kalpataru bewarna hijau yang dimaknai sebagai pohon kehidupan. Lengkungan hijau menyerupai kaki, melambangkan kelangsungan kelembagaan IKIP menjadi UM. Bintang warna kuning merupakan simbol Pancasila sebagai filsafat bangsa dan negara. Simbol UM bewarna kuning yang dilukiskan berupa empat garis vertikal. Maknanya, empat orientasi nilai keilmuan yang universal, nilai kebangsaan, nilai kemanusiaan, dan nilai kebudayaan dalam mewujudkan visi, misi dan fungsi UM.

Bagian kuncup bunga warna kuning terdiri tiga bagian dalam pelukan pohon kalpataru melambangkan tiga makna. Bagian kuncup yang mengarah ke atas melambangkan pendidikan generasi. Bagian kuncup sebelah kanan dan kiri melambangkan dua program studi, yakni kependidikan dan non kependidikan. Bagian kuncup sebagai simbol tridarma perguruan tinggi.

Post Author: Johanis Rampisela

1 thought on “Prof. Wahjoedi Pembuat Logo UM

    HM Masykur

    (6 Januari 2010 - 14:09)

    Selamat buat Pak Wahjoedi jadi Juara ngono meneng wae
    Sukses Selalu

Komentar ditutup.