RAIN-COAT: Mahasiswa UM Ciptakan Pengingat Inseminasi Buatan untuk Sapi dan Kambing

Oleh:

Deka Nanda Pratama (Pendidikan Teknik Informatika), Ruri Ayyul Maulidya, dan Sabri Sangjaya (Teknik Informatika)

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)

Teknologi Inseminasi Buatan (IB) merupakan teknologi yang sudah lama dikenal di masyarakat, khususnya di dunia peternakan sapi dan kambing. Dalam pelaksanaan IB, ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilannya, seperti faktor betina, faktor semen beku, dan faktor sumber daya manusia dalam melakukan inseminasi buatan. Dibandingkan dengan kawin secara alami, IB memiliki banyak keuntungan walaupun memiliki kelemahan. Perkawinan yang dilakukan dengan menggunakan IB memiliki potensi untuk mendapatkan genetik dari seekor sapi dan kambing yang unggul.

Akan tetapi, walaupun IB memiliki banyak manfaat dalam prosesnya masyarakat juga mengalami beberapa kesulitan. Di antaranya adalah masyarakat terkadang tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan inseminasi buatan. Hal inilah yang menjadikan tiga orang mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Deka Nanda Pratama (Pendidikan Teknik Informatika), Ruri Ayyul Maulidya, dan Sabri Sangjaya (Teknik Informatika) berinisiatif mengembangkan aplikasi Reminder of Artifical Insemination Cow & Goat (RAIN-COAT), yakni sebuah aplikasi berbasis Mobile Android yang digunakan untuk pengingat inseminasi buatan untuk sapi dan kambing. Pengembangan aplikasi tersebut diwadahi dalam Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC).

RAIN-COAT dikembangkan sebagai aplikasi penunjang untuk teknologi inseminasi buatan dengan memanfaatkan informasi jenis hewan, usia hewan, kapan terakhir mengalami estrus dan kondisi hewan yang harus diinputkan oleh peternak ke dalam aplikasi. Aplikasi RAIN-COAT didesain dengan layout yang memudahkan masyarakat, khususnya peternak dalam pengoperasiannya.

Tim yang dibimbing oleh Gres Dyah Kusuma Ningrum, M.Pd., dosen Jurusan Teknik Elektro ini berhasil lolos dalam pendanaan PKM Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Besar harapan aplikasi RAIN-COAT ini dapat digunakan sebagai aplikasi penunjang teknologi inseminasi buatan, terlebih aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui aplikasi Google Playstore.

Editor: Arvendo Mahardika

Post Author: Arvendo Mahardika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *