Smart Traffic Sign Games: Inovasi Game Lalu Lintas Interactive Surface dan Augmented Reality

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM)  berhasil menciptakan sebuah media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran khususnya di sekolah dasar. Tim yang diketuai oleh Anton Agus Setiawan – S-1 Teknologi Pendidikan,  beserta 2 anggotanya, Ahmad Nur Yasin – S-1 Teknologi Pendidikan , Andisa Talenta Oktaviani – S-1 Pendidikan Teknik Informatika. Karya ilmiah yang merupakan kategori PKM tersebut  berkonsep tentang pengenalan rambu-rambu lalu lintas khususnya bagi siswa sekolah dasar.

Produk berupa dekstop games application berbasis interactive surface, dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran berbasis kelas. Dalam penerapannya, smart traffic sign games memanfaatkan mobil infrared sebagai pengganti kursor dan menggunakan wii remote untuk menangkap sinyal unfrared tersebut, setelah itu akan di proses oleh bluetooth eksternal dan akan terkoneksi sesuai dengan desain dekstop game aplikasi yang telah dibuat. Dalam penggunaannya, terdapat guidebook yang dilengkapi dengan augmented reality yang akan membuat pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan.

Sudah tidak asing lagi dengan karya ilmiah satu ini karena telah dipublikasikan di beberapa media cetak, di antaranya Jawa Pos Radar Malang, suryamalang.com, dan malangvoice.com. Tidak hanya itu, untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai karya ilmiah ini dapat dilihat melalui media sosial instagram @smart_traffic.

“Harapannya produk tersebut dapat menunjang tuntutan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PPKn, melakukan edukasi dini untuk tertib dan beretika dalam berlalulintas melalui multimedia game yang menarik dan menyenangkan,” ujar Anton, ketua Tim.

Penulis : Fierda Nursitasari Amaliya

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *