Website UM Sudah Bisa Diakses dari Luar UM

MASALAH

Sejak penggantian layanan internet IP Transit menjadi layanan internet ASTINET 11 November 2010 (baca “Website UM Berusaha Bangkit Kembali” di http://berkarya.um.ac.id/?p=4147), akses internet dari dalam UM ke luar sudah lancar. Yang masih menjadi masalah adalah akses yang tidak stabil (kadang bisa/kadang tidak bisa) ke subdomain Website UM, misalnya ke PERPUSTAKAAN (http://library.um.ac.id), KARYA ILMIAH (http://karya-ilmiah.um.ac.id), BERKARYA (http://berkarya.um.ac.id), SUARA KITA (http://suara.um.ac.id), WEBMAIL (http://webmail.um.ac.id), SASTRA (http://sastra.um.ac.id), PABTI (http://pabti.um.ac.id), PKBI (http://pkbi.um.ac.id), dll.

TINDAKAN DAN HASIL

Pada awalnya, saya, Sdr. Iwan (administrator server), dan Sdr. Arrijal (administrator web) menduga bahwa hal ini terjadi karena masih propagasi (pengenalan) DNS (domain name system). Menurut teori propagasi waktunya maksimum 72 jam. Dalam masa itu, sudah banyak sekali pihak yang menyampaikan keluhan, mulai dari yang menyampaikan secara langsung, melalui telepon, atau melalui SMS. Pak Isnandar (PR IV), Pak Darmono (Kepala Perpustakaan), Pak Imam Supeno (Kepala UPPL), Pak Noor Farochi (kasubag RS), Bu Mimin (Kabag PK), Pak Dwi (Kasubag PE), Pak Amin (Kepala BAAKPSI), Pak Andoyo (Kepala BAUK), Bu Wahyuni (Kabag PSI), Pak Ma’arif (Kasubag PSI), dan Pak Arif Wicaksana (PKBI)  mengeluh bahwa website tidak bisa diakses. Pak Dawud (Dekan FS) bahkan dengan jelas mengingatkan bahwa akan terjadi kekacauan pada pengisian KRS jika SIAKAD (http://siakad.um.ac.id) belum bisa diakses. Saya menyampaikan bahwa gangguan ini awalnya berasal dari usaha meningkatkan layanan akses internet UM yaitu mengganti layanan ASTINET Telkom menjadi layanan IP Transit. Penggantian ini kemudian menyebabkan tiga hal yaitu (1) warga UM sulit mengakses internet, (2) warga UM sulit mengakses website dan e-mail, (3) pihak di luar jaringan UM tidak bisa mengakses website UM. Masalah yang pertama sudah bisa dicarikan solusinya yaitu sejak tanggal 11 November 2010, layanan IP Transit dihentikan dan dikembalikan ke layanan ASTINET. Masalah yang kedua sudah bisa “diakali” Sdr. Iwan pada tanggal 18 November 2010. Masalah ketiga ini yang belum berhasil diselesaikan dan ditunggu karena dikira masih butuh pengenalan di internet.

Setelah lewat 13 hari ternyata website UM belum stabil dan mulai timbul keraguan di antara kami, apakah ini benar propagasi atau ada penyebab lain? Kenyataan di lapangan seperti ini: Akses dari jaringan Indosat sering bisa tetapi kadang tidak bisa, akses dari Telkomsel Flash banyak tidak bisa tetapi kadang bisa, akses dari Speedy kadang bisa kemudian direfresh lagi tidak bisa, akses dari satu wifi dengan 2 komputer ternyata satu bisa satu tidak bisa, akses dari SMART juga demikian. Semua data tersebut meyakinkan saya bahwa ada sesuatu yang salah, ini bukan propagasi lagi, tetapi ada yang salah pada sisi UM. Saya menghubungi Pak Rahadyas Bharata (Account Manager Telkom Malang) untuk meminta tolong mencari bantuan ahli DNS dari Speedy. Tanggal 29 November 2010 siang hari, muncul e-mail dari Pak Rahadyas tentang 6 butir analisis dari Pak Haris (ahli DNS dari Speedy Jakarta). Saya kemudian menghubungi via telepon Sdr. Iwan (administrator jaringan), Sdr. Fahmi (administrator jaringan), dan Sdr. Arrijal (administrator web)  untuk mendiskusikan dan meneruskan e-mail analisis kepada mereka. Tanggal 30 November pagi hari saya mengirim SMS ke Kepala Pusat TIK untuk minta ijin mendatangkan tenaga ahli. Hal ini kemudian ditindaklanjuti dengan rapat pukul 12.00 yang dihadiri oleh Pak Isnandar (PR IV), Pak Muladi (Kepala Pusat TIK), Pak Heru (Ketua Divisi Infrastruktur), Pak Imam (Kasubag), dan saya (Ketua Divisi Perangkat Lunak). Pak Isnandar dengan tegas menyampaikan bahwa Pusat TIK harus menangani hal ini dengan cepat, keluhan sudah sangat banyak. Rapat kemudian memutuskan untuk mengundang sejumlah ahli.

Sore harinya, komunikasi terus-menerus dilakukan dengan Pak Rahadyas dan Pak Haris, saya kemudian meminta Sdr. Iwan untuk mencoba melakukan rekomendasi Pak Haris dari Telkom Speedy tentang perubahan DNS. Kali ini saya benar-benar bersyukur dengan adanya telepon … hehehe … karena pada saat eksperimen Sdr. Iwan di Pusat TIK, Pak Rahadyas di Telkom Blimbing Malang, Pak Haris di Telkom Speedy Jakarta, saya di daerah Klojen Malang, Sdr. Fahmi di daerah Lowokwaru Malang, dan Sdr. Rijal di daerah Sulfat Malang. Percobaan dilakukan dan beberapa saat kemudian Pak Rahadyas berteriak dengan gembira … ada kemajuan, semua subdomain website UM berhasil diakses … beberapa saat lagi … telepon lagi … suaranya melemah … ahhh “Suara Kita” kok tidak bisa diakses lagi. Sdr. Iwan kemudian menenangkan … masih propagasi Pak, biasanya sehari. Semalam itu, Pak Dyas, saya, Sdr. Arrijal, dan Sdr. Fahmi memantau web melalui jaringannya masing-masing. Pada umumnya akses dari Speedy sudah bisa tetapi kadang-kadang tidak bisa, dari Telkom Flash belum bisa, tetapi saya optimis bahwa sudah membaik karena aksesnya menjadi jauh lebih cepat (tidak lama berputar-putar), malam itu juga saya menelepon beberapa orang yang sangat perhatian dan berkepentingan dengan website UM misalnya Pak Isnandar (PR IV), Pak Dawud (Dekan FS), Pak Darmono (Kepala Perpustakaan), Bu Wahyuni (Kabag PSI), Pak Noor Farochi (Kasubag RS), dan Pak Dwi Waluyo (Kasubag PE). Besoknya, Pak Rahadyas mengatur telekonferensi dengan Sdr. Iwan dan Pak Haris. Sdr. Iwan kemudian mencoba lagi melakukan pengaturan DNS. Malamnya Sdr. Fahmi mengabari bahwa Telkomsel Flash sudah bisa mengakses semua subdomain. Pak Isnandar (PR IV) menyambut baik langkah-langkah yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai. Komentar Sdr Michael di tulisan “Website UM Berusaha Bangkit Kembali” yaitu “Hari ini, tampaknya sudah mulai agak lancar.” juga menambah keyakinan bahwa “BADAI” sudah mereda dan langkah yang diambil sudah benar.

Rapat hari Kamis, 2 Desember 2010, dihadiri oleh Pak Isnandar (PR IV), Pak Muladi (Kepala Pusat TIK), Pak Heru (Ketua Divisi Infrastruktur), Pak Imam Khotib (Kasubag), dan saya (Ketua Divisi Perangkat Lunak), dari Telkom: Pak Rahadyas Bharata, Pak Made Ardhita, Bu Amelia Yudaningrum, Pak Khudhori, Pak Argo Dwi R., Pak Chamdan Fauzi, dari VIP Net: Pak Kisran dan Pak Edo, Pak Budi Laksono dari FIP, dan Mas Michael (pemerhati website, alumnus FS, mahasiswa PABTI). Rapat yang dipimpin oleh Pak Isnandar berjalan seru dan bersemangat, beberapa teman dari Telkom menyampaikan pendapat dan ditanggapi dengan tujuan mencari solusi. Rapat berakhir dengan cepat karena sesungguhnya dua hari sebelumnya sudah dilakukan eksperimen dan berhasil. Memang masih tertinggal beberapa hal yang perlu dipikirkan. Juga dicapai kesepakatan untuk tidak melakukan eksperimen lagi tetapi menjaga agar sistem stabil minimum dua bulan karena warga UM sudah jenuh dengan gangguan yang ada.

PENGHARGAAN

  • Saya sangat berterima kasih kepada Pak Rahadyas (ACCOUNT MANAGER TELKOM MALANG), yang walaupun menjadi “tertuduh” tetap mampu melayani kami dengan sabar, walaupun kadang-kadang suara kami agak “kelewat keras”. Kesabaran tersebut berhasil membalik posisi “tertuduh” menjadi “pahlawan”. Kerja keras Pak Rahadyas dalam membantu dan mengamati website UM menyebabkan setiap kali saya menerima telepon Pak Rahadyas, saya mulai dengan “Ini dari Pengamat Website UM ya …” dan disambut tawa gembira dari Pak Rahadyas. Akhir-akhir ini malah saya sambut dengan “Ini dari Ketua Divisi Perangkat Lunak ya …”. Seandainya mungkin maka saya dengan rela hati meminta Pak Rahadyas untuk mengganti saya sebagai Ketua Divisi Perangkat Lunak.

  • Terima kasih kepada Pak Haris (TELKOM SPEEDY JAKARTA) atas analisis yang sangat tajam dan cara memeriksa DNS. Mudah-mudahan suatu waktu bisa berjumpa di Malang karena Pak Iwan hanya mendengar suara Pak Haris tetapi tak kenal mukanya.
  • Terima kasih kepada TELKOM MALANG: Pak Muhammad Anwar dan Pak Khudhori yang juga mendukung perbaikan website UM. Sebelumnya Pak Khudhori itu “selingkuhannya” Mas Fahmi dalam kasus IP Transit, sekarang Pak Khudhori itu “selingkuhannya” Mas Iwan dalam kasus DNS. Kata “selingkuhannya” adalah istilah Sdr. Iwan untuk mengungkapkan seringnya berkunjung dan telepon-teleponan.
  • Terima kasih atas sumbang saran dalam rapat untuk TIM DNS TELKOM JATIM yang datang dengan sangat lengkap: Pak Made Ardhita, Bu Amelia Yudaningrum, Pak Argo, Pak Chamdan Fauzi. Juga diskusi dan ngobrol santainya setelah rapat di KL Suki.
  • Terima kasih kepada Pak Irvan Nasrun (VIP Net) yang sudah mengirimkan e-mail analisis serta solusi yang ditawarkan. Juga terima kasih Pak Kisran dan Pak Edo yang selalu rela membantu.
  • Terima kasih kepada Sdr Michael (alumnus FS, mahasiswa PKBI) yang sejak dulu kala sangat mencintai website UM.
  • Terima kasih kepada Pak Budi (FIP) yang juga memberikan pendapat, saran, dan pengalamannya dalam hal DNS.
  • Terima kasih secara khusus kepada Sdr. Iwan (administrator server) yang selama ini menanggung stres yang hebat setiap kali menerima pertanyaan “bagaimana perkembangan”, “kok masih error ya”, “apa tidak ada setting yang salah”. Untungnya, Sdr. Iwan ini tiap kali stres, maka yang dilakukan bukan banyak makan tetapi malah mengangkat barbel, sehingga stresnya bisa hilang. Banyak yang “ngiri” dengan badan binaragawannya.

PENUTUP

Mudah-mudahan suasana di Pusat TIK segera normal lagi, mudah-mudahan Sdr. Iwan (administrator server) yang biasanya mukanya tegang terus, sudah bisa tersenyum dan tertawa-tawa lagi. Saya masih terkenang pada kejadian di mana saat Sdr. Iwan dan Sdr. Fahmi lembur, malam hari saya datang mengunjungi dan “ngeri” karena melihat Sdr. Iwan dengan muka yang jengkel, marah, dan suara keras sedang menuangkan isi hatinya dalam suatu pembicaraan telepon. Untunglah akhirnya suasana hati ini bisa sedikit mencair dengan ngobrol-ngobrol sambil makan di Restoran Amsterdam. Gangguan infrastruktur internet yang sekian lama sejak 4 Oktober 2010 sampai dengan sampai dengan 2 Desember 2010 (dua bulan) sangat melelahkan dan mengesalkan banyak orang. Untuk itu semua, saya pribadi mohon maaf atas ketidaknyamanan layanan ini. Untuk menyelesaikan gangguan tersebut benar-benar diperlukan perhatian/penghargaan kepada staf, kejujuran/kesabaran, koordinasi/kepemimpinan, kerja sama/komunikasi/diskusi, mendengar pendapat orang lain, dan kerendahan hati (tidak merasa paling benar/pintar sendiri), kemampuan analisis, keyakinan, dan dukungan keuangan. Pada saat lelah, saya barulah mengerti arti kata-kata mutiara yang kebetulan saya lihat di website KSU Pointer (http://ksupointer.com) yaitu:

Tidak ada pelaut ulung yang dilahirkan dari samudera yang tenang, tapi ia akan dilahirkan dari samudera yang penuh terpaan badai, gelombang, dan topan.

Mudah-mudahan semua kejadian ini membuat staf Pusat TIK menjadi pelaut ulung. Walaupun demikian saya juga tidak mengharapkan adanya terpaan badai, gelombang, dan topan terus menerus … hehehe.

Terima kasih ya Tuhan Yang Maha Pengasih, website UM sudah pulih.

.

.

Malang, 2 Desember 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

Post Author: Johanis Rampisela

27 thoughts on “Website UM Sudah Bisa Diakses dari Luar UM

    Fakhrurrazi Nourman

    (13 Januari 2012 - 20:25)

    Salam,

    Saya seorang putra Aceh. Saya sangat berminat terhadap Hikayat Raja Jeumpa dan Hikayat Malem Dewa. Bisakah saya mendapatkan kiriman ebooknya. Atau dimana saya bisa membeli buku tersebut.

    Terimakasih atas bantuannya.

    agnes

    (7 Januari 2011 - 21:04)

    bapak,saya maba 2010.Bapak tentang KHS khususnya mata kuliah agama, ini saya dgn teman teman fakultas MIPA dimajukan di semester ganjil ini,sehingga di semester genap nanti kami tidak menjalani mata kuliah agama lagi.Pak sedangkan nilai di KHS belum muncul dan status dari dosen agama saya nilai terlambat masuk.Bagaimana saya mengurus nantinya bapak?terimakasih sebelumnya bpak..

    linda

    (17 Desember 2010 - 16:21)

    kemaren aku coba daftar di PT PLN persero, tapi kenapa persyaratannya S1 untuk regional malang harus dari kampus UB.
    http://www.poltek-malang.ac.id/seleksi-pt-pln-di-polinema/

    Richard

    (15 Desember 2010 - 09:40)

    Saya dapat kabar katanya hari ini ada tender ya ?, dimana pesertanya Telkom, Lintas ARta.
    Selamat memilih operator terbaik, jangan sampai salah pilih.

    Ingat langganan IP Transit Telkom nggak bisa dipakai …. ?, ingat nasib Jardiknas yang pake lintas arta ….

    Jangan hanya pilih isp yang paling murah tapi jaringannya jelek.

    Moch Syahri

    (11 Desember 2010 - 05:44)

    ketika situs gak bisa diakses, bener-bener seperti hidup dijaman purba

    Moch Syahri

    (11 Desember 2010 - 05:43)

    sukses Pak Yo, memang semua harus dicapai dengan kerja keras

    Haritsah

    (11 Desember 2010 - 03:10)

    Alhamdullilah Web UM bangkit.. Ayo Pak Jo.. kita kejar lagi posisi peringkat webometric kita…

    Budi

    (10 Desember 2010 - 19:06)

    wah komenku mana ?

    Ananda

    (10 Desember 2010 - 07:04)

    TYerimaksih atas usaha yang telah dilakukan..

    Budi

    (9 Desember 2010 - 20:12)

    Bapak-bapak di UM,
    Nanti kalau ada tender lagi jangan cuma pilih ISP yang harganya murah tapi sering bermasalah, pilih yang bagus dong supaya koneksinya juga bagus.

    Luthfi

    (9 Desember 2010 - 10:01)

    Saya tadi nyoba ngeklik beberapa subdomain
    sudah lancar semua nih 🙂
    Oh iya, koneksinya pake NetZap – Jakarta

    Agus N (AW)

    (8 Desember 2010 - 23:05)

    suksesssss…………selalu…..buat TIK UM yang pastine jangan sampe kebobolan lagi…hehehehe….^_^

    tooman

    (8 Desember 2010 - 05:51)

    akhirnya 😀

    michael

    (4 Desember 2010 - 10:20)

    Untuk dua bulan ke depan, bagaimana kalau kita fokus mengembangkan konten web? 🙂

    Perlu digalakkan kembali program satu unit/dosen, satu blog.

    Sejauh pengamatan saya, tampaknya program blog di UM Community kurang dilirik oleh pengguna. Mungkin pengguna lebih nyaman dengan blog engine yang sebenarnya, semacam WordPress, Blogger, dsb.

    Michael
    (Alumnus FS UM, mahasiswa PABTI-UM)

    Johanis Rampisela

    (4 Desember 2010 - 09:13)

    @Wicak
    Terima kasih atas dukungannya. Mohon maaf atas surat atau pun SMS yang tak kunjung dijawab sehingga merasa dicuekin. Mudah-mudahan PKBI bertambah maju.

    wicak

    (3 Desember 2010 - 18:43)

    SELAMAT…..SELAMAT….SUKSES.
    makasih pak jo atas jerih payahnya, yang pasti di TIK harus ada yang jadi motivator untuk bisa mengatasi persoalan, biar tidak merasa di cuekin.

    iwan

    (3 Desember 2010 - 10:24)

    @amin,

    Memang idealnya begitu, namun saat ini memang kami masih tambal sulam dikarenakan resource yang masih terbatas. Namun ke depannya kami juga berharap tiap-tiap server dipisahkan dan isinya bisa ditata secara tepat guna dan maksimal. Saat ini kami juga sudah mengembangkan virtualisasi untuk menjaga efektivitas penggunaan server.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Johanis Rampisela

    (2 Desember 2010 - 22:56)

    @Amin
    Terima kasih sarannya, akan saya sampaikan ke Mas Iwan (admin server).

    Amin

    (2 Desember 2010 - 22:29)

    Pak Jo,
    Apakah tidak sebaiknya dipisahkan servernya, antara webserver dan DNS Server supaya lebih optimal.

    Saya lihat server http://www.um.ac.id jadi satu mesin dengan dns server.

    Johanis Rampisela

    (2 Desember 2010 - 22:13)

    @Amin
    Penyebabnya adalah karena kami salah setting DNS. Telkom malah sangat membantu dengan menganalisis DNS dan memberikan solusi.

    Amin

    (2 Desember 2010 - 20:51)

    Hore web UM sudah bisa diakses … lancar Jaya ….

    Penyebabnya pasti Telkom lagi ya ? ….

    Johanis Rampisela

    (2 Desember 2010 - 20:11)

    @michael
    E-mail relatif sudah lancar juga ya … Terima kasih atas perhatian dan bantuannya selama ini.

    michael

    (2 Desember 2010 - 19:43)

    Web sudah dapat diakses dengan lancar. 🙂

    Hasil tes penerimaan dan pengiriman email:

    Ke xxxxxx@um.ac.id

    Tes dari GMail.com : Sukses
    Tes dari Yahoo.it : Gagal
    Tes dari Yahoo.co.id : Sukses
    Tes dari Yahoo.com : Gagal
    Tes dari YMail.com : Sukses

    Dari xxxxxx@um.ac.id

    Tes ke GMail.com : Sukses
    Tes ke Yahoo.it : Sukses
    Tes ke Yahoo.co.id : Sukses
    Tes ke Yahoo.com : Sukses
    Tes dari YMail.com : Sukses

    Michael
    (Alumnus FS, Mahasiswa PABTI UM)

    Johanis Rampisela

    (2 Desember 2010 - 18:06)

    @diding
    Terima kasih atas informasinya bahwa akses dari Bakrie Telecom lancar.Kalau begitu, saya juga berminat memakai Bakrie Telecom, Pak … hehehe.

    Mohon bantuan teman-teman lainnya untuk ikut memberi informasi.

    diding

    (2 Desember 2010 - 17:44)

    Hari ini, tgl 2 Des 2010, pukul 18.00, saya mengakses website UM dari rumah, lacar-lancar saja. Mungkin saya bisa jadi relawan pelapor yang lain daripada yang lain, karena saya memakai bakrie telecom. Email juga saya buka, lancar.

    Johanis Rampisela

    (2 Desember 2010 - 16:03)

    @Noor Farochi
    Terima kasih informasinya. Setelah normal total mestinya tidak perlu diulang-ulangi. Mudah-mudahan tambah lancar, mohon doanya Pak Noor.

    Noor Farochi

    (2 Desember 2010 - 10:31)

    Ya pak, sudah bisa saya coba dari rumah malam-malam, tp ya gitu, saat tidak bisa trus diulangi lagi jadi bisa juga. Coba kirim-kirim e-mail juga cepat kok.

Komentar ditutup.