[SELESAI] Tips Menjadi Mahasiswa Baru Berprestasi

Dear Mahasiswa Baru,

Menjadi mahasiswa baru memang susah-susah gampang, suasana yang berbeda dan kondisi lingkungan berbeda menjadikan kita harus bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru tersebut. Namun suasana baru bukan berarti kita tidak bisa menjadi mahasiswa baru yang berprestasi bukan? Na, kali ini saya akan membagikan beberapa pengalaman saya selama menjadi mahasiswa dan sampai sekarang masih mahasiswa, He…he… Hal ini karena saya masih menjadi mahasiswa di Jurusan TEP FIP UM angkatan 2009, dan sedang menjalani semester 7. Oke, langsung saja kita mulai cara dan beberapa tips menjadi mahasiswa baru yang sukses.

  1. Langkah pertama adalah lokasi kos, memang secara tidak langsung lokasi kos memberikan dampak saat Anda sedang menjalani masa kuliah nanti. Misalnya kos Anda jauh, maka Anda harus pandai dalam mengatur waktu dan memprediksikan waktu tempu menuju kampus.
  2. Peralatan kampus, sudah disiapkan? Ngampus memang tidak jauh beda dengan sekolah bedahnya pakaian dan cara berfikir kita yang lebih matang, tapi soal baju baru, tas baru, sepatu baru, dan alat tulis baru tetep jalan. Iyakan?
  3. Fasilitas lihat fasilitas apa saja yang sekarang kamu punya, hal ini penting untuk mendukung prestasi yang akan dicapai nanti. Mulai dari komputer, motor, laptop, bahkan ponsel. Jika nanti untuk foto-foto cewek/maba juga. Ha..ha..
  4. Lokasi Makan, wa kalau yang satu ini harus dipertimbangkan untuk makan jika kamu nanti bergadang malam-malam lapar karena Ospek, he..he.. Tapi jangan lupa siapkan Mie Instan di kos karena itu adalah makanan wajib Mahasiswa Berprestasi.
  5. Kenali jurusan kamu, jurusan kamu perlu kamu kenali dengan baik agar kuliah jadi semangat dan tidak sia-sia. Kenali juga dosennya minta nomor hape kalau perlu, tapi nanti jika sudah mulai kuliah.
  6. Na, sekarang baru cari teman dan gebetan, cari teman yang baik dan bermanfaat. Bukan kita pilih-pilih teman tapi teman sangat berpengaruh pada prestasi Anda. Contoh real, teman Anda suka bergadang tidak jelas, Anda tiap malam diajak terus. Pagi Anda ngantuk mbolos kuliah, hayooo ngaku? Tapi nanti pas ospek bergadang rame-rame satu Angkatan, he…he…
  7. Ups… hampir lupa kenali kampus kamu mulai dari nama gedung, fasilitas, perpustakaan, informasi, siakad, taman, dan sebagainya.

Oke, itu dulu yang bisa saya bagikan untuk teman-teman. Salam Mahasiswa dan Sukses untuk Anda | by Dedi Mukhlas

Post Author: Dedi Mukhlas

I Like Technology Education and Internet

10 thoughts on “[SELESAI] Tips Menjadi Mahasiswa Baru Berprestasi

    dawud

    (22 Juli 2012 - 21:04)

    @kurniasari
    (1) Sabar, pada saat PKPT, Anda mendapatkan informasi tentang kesejahteraan mahasiswa, salah satunya tentang beasiswa.
    (2) Anda bisa minta informasi lengkap tentang beasiswa, termasuk beasiswa bidik misi, di Bagian Kemahasiswaan UM, Gedung A3 Lantai 3.

    kurniasari

    (22 Juli 2012 - 20:19)

    @DAWUD: iya pak terimah kasih untuk informasinya…

    pak saya mau tanya tentang beasiswa bidik misi itu bagaimana sistemnya?
    karena saya maba bdik misi pak
    mohon penjelesan selengkapnya…

    dawud

    (21 Juli 2012 - 11:13)

    @kurniasari
    (1) iya, gedung jurusan pendidikan tehnik bangunan sama dengan gedung jurusan teknik sipil di FAKULTAS TEKNIK (FT).
    (2) Presensi sama dengan daftar hadir.
    (3) Temua BEM FAKULTAS TEKNIK pada tanggal 1–3 Agustus 2012 di stand BEMFA depan gedung Sasana Budaya UM untuk memperoleh penjelasan tentang PKPT.

    kurniasari

    (20 Juli 2012 - 17:29)

    @dawud: iya pak terimah kasih atas informasinya…
    pak saya mau tanya untuk gedung jurusan pendidikan tehnik bangunan apakh sama dengan gedung fakultas tehnik sipil?
    saya ingin mengetahuinya pak karena untuk pelaksanaan PKPT
    maba harus presensi dulu ke fakultas masing”?
    dan presensi itu sebenarnya seperti apa pak?
    mohon penjelasannya

    dawud

    (18 Juli 2012 - 20:18)

    @kurniasari
    Tentang PKPT
    (1) Dari Panitia Pusat hanya itu.
    (2) Di samping itu, ada kegiatan yang disusun oleh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Fakultas (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan)
    (3) Untuk itu hubungi ormawa fakultas Anda.
    Tentang Jas Almamater dan Kartu Mahasiswa (KM)
    (1) Jas almamater dapat Anda ambil tanggal 1–3 Agustus 2012 di Gedung Sasana Budaya. Jika tanggal itu Anda tidak bisa ambil, bisa Anda ambil tanggal 6 Agustus 2012 di Gedung A3 Lantai 3.
    (2) Kartu Mahasiswa dapat dicetak dan dapat Anda ambil jika semua persyaratan telah Anda penuhi. Tempat pengambilan Kartu Mahasiswa di Gedung Sasana Budaya pada tanggal 1–3 Agustus 2012. Setelah tanggal itu, dapat Anda ambil di Gedung A3 Lantai 1.

    kurniasari

    (18 Juli 2012 - 07:19)

    @ dedi muklhas: saya sudah daftar di suara.um.ac.id pak namun saya masih belum dapat kiriman pasword di e- mail saya lalu bagaimana pak?
    mohon bantuannya

    kurniasari

    (18 Juli 2012 - 07:17)

    @Dawud : ia pak saya sudah membacanya namun yang masih saya bingungkan apakah hanya itu saja yang harus di laksanakan untuk PKPT untuk semu jurusan dan fakultas?
    apakah tidak ada tugas lain untuk PKPT untuk masing” fakultas dan jurusan?

    dan saya mau bertanya untuk pengambilan jas almamater dan kartu ktm paling lambat pada hari apa? dan dimana sementara saya belum melengkapi berkas” bidik misi dikarenakan masih mengurus SKTM?
    Mohon informasinya pak

    dawud

    (18 Juli 2012 - 00:53)

    @kurnia sari
    Baca Pengumuman Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) mahasiswa baru Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2012/2013 di halaman utama web ini.

    Dedi Mukhlas

    (17 Juli 2012 - 20:52)

    Dear kurniasari,

    Silahkan untuk masuk ke alamat: suara.um.ac.id

    Terima kasih, semoga bisa bermanfaat.

    kurniasari

    (17 Juli 2012 - 19:43)

    PAK saya maba bidik misi fkltas tehnik (jrsan pnddkan tehnik bngunan)
    say tertinggal mengenai informasi ospek dan tugas ospek yang harus dibawa ?
    saya bingung harus tanya siapa karena saya belum mempunyai kenalan teman yang sama fakltas dan jurusannya?
    tolong bantuannya dan termah kasih?
    mohon segera di blas ya pak?

Komentar ditutup.