ULTRANUS: Kenalkan Budaya Nusantara Melalui Ular Tangga

Oleh:

Adelia Rokhmawati, Gradiyanto Radityo Kusumo (Pendidikan Teknik Informatika FT), dan Rofiana Irawati (Desain Komunikasi Visual FS)

Universitas Negeri Malang (UM)

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) memiliki cara unik untuk merespon dampak perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi kegiatan anak-anak. Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UM yang terdiri dari Adelia Rokhmawati, Gradiyanto Radityo Kusumo (Pendidikan Teknik Informatika FT), dan Rofiana Irawati (Desain Komunikasi Visual FS) membuat sebuah aplikasi “Ultranus” yang merupakan singkatan dari Ular Tangga Nusantara. Ultranus merupakan sebuah aplikasi berbasis Mobile Android yang memuat pengetahuan mengenai kebudayaan nusantara melalui permainan ular tangga.

Karya tersebut lahir dari semakin banyaknya fenomena anak-anak yang memegang gadget/handphone setiap harinya dan salah satu konten yang digemari oleh anak-anak pengguna smartphone adalah game. “Terdapat banyak konten game yang dapat diunduh melalui aplikasi Google Playstore, salah satunya adalah permainan ular tangga,” ujar Adelia. Lanjutnya, terdapat kurang lebih 170 permainan ular tangga, tetapi hanya terdapat tiga permainan ular tangga yang memuat konten edukasi yakni mengenai Museum Kepresidenan RI, Ular Tangga Pintar, dan Soal Berhitung. “Sehingga belum ditemukan permainan ular tangga yang memuat pengetahuan mengenai kebudayaan nusantara. Hal inilah yang menjadi latar belakang ide kami untuk mengembangkan aplikasi,” katanya.

Ultranus dikembangkan dengan memanfaatkan konsep permainan ular tangga karena kelebihannya seperti melatih berhitung, melatih ketelitian, dan mengasah kesabaran. “Aplikasi Ultranus ini didesain unik dengan layout-layout yang mencerminkan kebudayaan nusantara seperti gambar batik, gambar karakter pemain dengan pakaian adat, nama karakter pemain, dan lain-lain,” lanjut Adelia.

Karena dilengkapi dengan pengetahuan mengenai kebudayaan nusantara, maka aplikasi ini cocok digunakan untuk anak-anak sebagai media bermain sekaligus belajar. Terbukti, aplikasi yang dikembangkan dengan dibimbing oleh Irawan Dwi Wahyono, S.T., M.Kom, Dosen Jurusan Teknik Elektro FT UM ini berhasil lolos dalam pendanaan PKM Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. “Besar harapan aplikasi Ultranus ini dapat digunakan sebagai media bermain sekaliagus belajar yang dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak segala usia khususnya siswa PAUD, TK, dan SD mengenai kebudayaan nusantara sejak dini melalui permainan ular tangga yang dapat diunduh secara gratis melalui aplikasi Google Playstore,” tutup Adelia.

Editor: Arvendo Mahardika

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *