UM Memiliki Dua… (Bagian Ke-5)

UM MEMILIKI DUA PASUKAN KHUSUS

(Bagian Ke-5)

Untuk mengubah perilaku guru dari penyampai pengetahuan ke pembangkit belajar, perlu dilakukan upaya secara sistematis pelatihan terpadu dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas dan dilakukan terus menerus (ongoing) secara siklus (cycle), yakni merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, refleksi, memperbaiki pembelajaran, dilanjutkan melaksanakan refleksi, memperbaiki pembelajaran lagi, dan seterusnya. Proses peningkatan profesionalisme guru pola cycle tersebut, dikenal dengan lesson study.

 

Adapun hubungan antara Pembelajaran Bermakna, Lesson Study dan TEQIP terpolakan seperti pada diagram berikut.

TEQIP_LS

TEQIP UM memiliki energi, kekuatan karya ilmiah dan revitalisasi pembelajaran bermakna, seperti pada masing-masing diagram berikut.

ENERGI_TEQIP

KEKUATAN_KARYA

REVITALISASI

Memang masih banyak informasi yang lain tentang kiprah TEQIP UM dalam melaksanakan misinya untuk meningkatkan mutu para guru di sekolah dari Sabang sampai Merauke, khususnya guru sekolah dasar (SD). Di lain waktu, penulis akan mencoba menuliskan kembali tentang TEQIP UM. Adapun pasukan khusus UM yang ke-2, yang bernama Alumni SM-3T UM sudah ditulis pada judul lain: “Mencari Guru Yang Sejati”.

Selesai.

Malang, 19 Oktober 2015

Djoko Rahardjo, Tenaga Kependidikan pada LP3 UM

Post Author: Djoko Rahardjo

1 thought on “UM Memiliki Dua… (Bagian Ke-5)

    Mega Setiani

    (14 Maret 2018 - 11:22)

    semoga pengajaran dari dosen ke mahasiswa semakin efektif agar dalam penyerapan ilmu dapat tersampaikan dengan baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *