Petra Peringkat 1 Indonesia (LCWCU 27 Sep 2009)

Petra Christian University Surabaya melakukan lompatan hebat dari peringkat 4 Indonesia (31 Juli 2009 yang diumumkan oleh Webometrics) menjadi peringkat 1 (27 September 2009 yang dihitung oleh LCWCU UM menurut metode Webometrics). Apa sebabnya? Berikut ini analisis LCWCU UM (Learning Center for World Class University of UM).

Indikator visibility yaitu inlink naik dari 26.000 menjadi 44.000.

Indikator scholar naik dari 1.000 menjadi 8.000.

Indikator rich files yaitu file pdf dan file ps naik dari 14.000 menjadi 162.000.

Siapa-siapa yang berperan dan apa usaha yang dilakukan Petra Christian University? Berikut ini informasi yang diperoleh dari situs Petra Christian University.

  • Drs. Heri Saptono Warpindyasmoro, M.Si. selaku Wakil Rektor III UK Petra. Heri Saptono menyatakan bahwa “Webometrics ini sangat berpengaruh bagi UK Petra. Pengaruhnya ada di citra UK Petra di masyarakat. Masyarakat akan lebih melihat UK Petra sebagai universitas unggulan yang bergerak sesuai amanat dan visinya serta menuju pada world class university”.
  • Ir. Resmana Lim, M.Eng. selaku Kepala Pusat Penelitian UK Petra dan juga Ketua Tim Webometrics. Resmana berharap agar warga kampus UK Petra dapat berkontribusi lebih dengan menjalin kerjasama antara tiap-tiap jurusan dan mitra masing-masing.
  • Ir. Aditya Nugraha, M.S selaku Kepala Perpustakaan UK Petra. Beliau memperkenalkan fitur baru dari iSPEKTRA (katalog online Perpustakaan UK Petra), yaitu fasilitas dimana para pengguna katalog online bisa menampilkan konten digital yang ada di iSPEKTRA ke account Facebook masing-masing. Fasilitas baru ini dapat ditemukan saat kita melakukan pencarian Koleksi Digital di iSPEKTRA. Saat kita meng-klik konten yang kita inginkan, akan tampak tombol baru (Share/Save). Bila mouse kita arahkan ke tombol ini akan muncul berbagai situs jejaring sosial ke mana kita bisa me-link dan menampilkan konten digital tersebut. Beberapa situs jejaring sosial yang cukup dikenal adalah Facebook, Twitter, MySpace, Delicious, Digg, dll. Aditya menghimbau segenap sivitas,termasuk mahasiswa, untuk bersama-sama memanfaatkan fasilitas ini sebanyak mungkin karena akan membantu meningkatkan visibility dari konten digital yang ada di situs web UK Petra. Aditya menekankan bahwa Webometrics bukanlah tujuan utama, tapi merupakan hasil sampingan dari kerja yang telah terstruktur dengan jelas dan kebijakan Open Access dari UK Petra yang mencerminkan keterbukaan dan akuntabilitas UK terhadap masyarakat melalui penyajian informasi di situs web-nya.

Resmana Lim sebagai Ketua Tim Webometrics memiliki “kemampuan menganalisis indikator Webometrics sehingga bisa memilih jalan yang tepat untuk meningkatkan indikator Webometrics.  Aditya Nugraha mampu “memimpin pasukan”. Mereka adalah pemimpin yang punya semangat, punya kemauan, kreatif, pekerja keras, mampu menganalisis, membuat keputusan, dan melaksanakan keputusan.

Mudah-mudahan perhitungan LCWCU UM benar dan Petra sanggup mempertahankan prestasinya sampai dengan 31 Januari 2010.  Dunia perguruan tinggi Indonesia akan mendapat kejutan baru yaitu peringkat 1 Indonesia adalah Petra.

Salam hormat dan salam kenal untuk Pak Resmana Lim dan Pak Aditya Nugraha. Selamat atas kerja keras Tim Webometrics Petra.

Kita, UM, perlu orang-orang yang memiliki kualitas seperti mereka untuk menuju universitas kelas dunia.

Malang, 27 September 2009

Johanis Rampisela (Peneliti LCWCU UM)

Post Author: Johanis Rampisela

10 thoughts on “Petra Peringkat 1 Indonesia (LCWCU 27 Sep 2009)

    ichwana

    (25 Juni 2010 - 15:21)

    Selamat atas pencapaianya..
    kunjungi website kumpulan jurnal kami : repository.unand.ac.id

    Johanis Rampisela

    (18 November 2009 - 18:03)

    @Tedjokusuma
    Informasi tersebut hanya berasal dari web, soal benar atau tidaknya analisis tersebut yang tahu adalah orang-orang Petra sendiri.
    Ya Pak, LCWCU baru dimulai Januari 2009 sejak UM mengembangkan e-journal.
    Peringkat terbaru per 31 Oktober 2009 versi LCWCU (http://lcwcu.um.ac.id/?p=1116), dengan menggunakan metode Webometrics, sudah diumumkan, hasilnya Petra peringkat 3 Indonesia.

    Penurunan ini terutama akibat perubahan file PS yang dulunya 79.000 turun menjadi 39.000 (dan masih cenderung turun). Hal ini mungkin disebabkan karena file-file tersebut pernah ditempatkan di folder lain, diindeks Google, kemudian dihapus, dan rupanya saat ini Google memperbarui indeksnya.

    Terima kasih.

    Bambang

    (18 November 2009 - 17:20)

    Salut buat Pak Johanis Rampisela.
    PCU tambah terkenal, UM tambah maju.

    UM Semangat

    (18 November 2009 - 11:33)

    Pak Rampisela,

    Kalau Bapak bisa menghitung peringkat Petra, maka rumusannya udah diketahui. Artinya Bapak bisa menjadi Resmana dan Aditya-nya UM lho..

    Rekan2 UM lain tentu akan mendukung.

    Semangat !

    Tedjokusuma

    (18 November 2009 - 08:54)

    Pak Johanis ysh,
    Luar biasa sekali Bapak. Hanya berbekal informasi dari web dapat membuat analisa yang begitu tajam. Salut juga dengan keberadaan LCWCU UM. Dari beberapa institusi yang pernah saya kunjungi ini yang pertama saya ketahui. Bahkan, ketika saya berkunjung ke UM (2006?) LCWCU belum ada ya Pak?
    Salam hormat saya untuk Pak Johanis, senior dan kolega di UM. Hasil kerja Pak Johanis akan saya share dengan rekan2 di kampus.
    Terima kasih.

    anita

    (10 November 2009 - 21:36)

    bangga sebagai civitas PCU…..sukses buat PCU…

    jemiro

    (7 November 2009 - 20:42)

    ^^ sebuah usaha untuk meningkatkan kualitas yang begitu tinggi, perlu dijadikan contoh dan juga motifasi ^^, tapi ingat, harus tetap menunjukan etika dan rule yang telah ditetapkan 🙂

    yon ade

    (29 September 2009 - 14:57)

    Bila beberapa orang saja dapat mengangkat peringkat webometrics UM, bukan hal yang mustahil UM dapat “menghantam” peringkat Petra atau minimal UB, jika seluruh “penduduk” UM yang lebih dari 20.000 berpartisipasi.

    Johanis Rampisela

    (28 September 2009 - 14:37)

    Setuju, yang begini ini yang ditunggu, ayo semangat. Masukkan sebanyak mungkin program kreativitas mahasiwa, skripsi, dll sehingga masyarakat luas bisa merasakan manfaatnya.

    Nida

    (28 September 2009 - 14:25)

    Wah lompatan peringkat Petra Christian University keren banget.
    Tapi bukan tidak mungkin kita UM dapat menempati peringkat teratas jika orang-orang di dalamnya semangat untuk kerja keras, tidak lain untuk meningkatkan kualitas UM tercinta. Siapa lagi jika bukan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *