Victory Of Culture Games (Voc-Games): Media Pembelajaran Matematika Berbasis 3d And Augmented Reality Sebagai Upaya Pelestarian Kebudayaan Indonesia

Tim Mahasiswa UM yang beranggotakan Fitrah Izul Falaq sebagai Ketua Tim beserta kedua anggotanya Binti Isti’towatul Isti’aroh dan  Zainur Ridho Wahyu berhasil menciptakan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika. Karya ilmiah yang termasuk dalam kategori penelitian tersebut dinamai   VOC-Games.  Karya ilmiah ini dirancang dengan mengacu pada hasil analisa problematika belajar peserta didik yang selama ini takut terhadap mata pelajaran matematika, kemudian dikembangkan dengan mengoptimalkan segala jenis sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Selain itu VOC-Games juga memasukkan unsur pelestarian budaya yang dipadukan dengan teknologi berupa augmented reality sehingga mampu mengintegrasikan matematika dengan budaya secara nyata. Sasaran dari produk ini adalah Siswa SD & SMP.   Sejauh ini, produk ilmiah tersebut telah dipublikasikan dalam Times Indonesia.

Fitrah Izul Falaq menyampaikan harapannya terkait produk yang diciptakan .

“Media pembelajaran ini dapat membantu siswa agar senang belajar matematika dan mencintai budaya lokal. Matematika bukan hanya soal angka, budaya juga bukan soal sejarah. Kolaborasi matematika dan budaya dapat menghadirkan mendidik karakter baik dengan pemikiran yang brilian”

 

Penulis: Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *