Workshop Penyusunan Program Pengembangan Kelembagaan dan Pembelajaran Pada POS PAUD di Kecamatan Sukun yang Adaptif terhadap Perkembangan Teknologi Informasi Terkini dan Potensi Lingkungan Sekitar

Foto 1. Proses Penyapaian Materi Pelaksanaan Workshop

Layanan pendidikan anak usia dini yang terintegrasi dengan layanan bBina Keluarga Balita (BKB) dan Pos Pelayananan Terpadu (POSYANDU), berdiri dengan tujuan untuk memajukan pendidikan anak usia dini bagi keluarga yang memiliki keterbatasan untuk memasukkan anaknya ke layanan pendidikan PAUD formal adalah wujud POS PAUD yang hingga saat ini ada dan berkembang.. POS PAUD dibentuk atas kesepakatan bersama masyarakat setempat dan dikelola atas dasar kerelaan, gotong royong dan kebersamaan. Persoalan sumberdaya manusia, sarana belajar dan media belajar, bahan belajar, strategi pembelajaran, lokasi belajar, dan pembiayaan pembelajaran pada POS PAUD. Khususnya pada permasalahan terbesar di kegiatan pengasuhan dan pembelajaran anak PAUD belum memiliki desain pembelajaran dan pengasuhan yang relevan dengan karaktersitik anak usia dini serta situasi teknologi informasi yang berkembang saat ini..

Workshop penyusunan program kelembagaan dan pembelajaran POS PAUD yang benar-benar adaptif terhadap perkembangan informasi teknologi dan karakteristik anak didik (warga belajar) POS PAUD merupakan bagian dari upaya Universitas Negeri Malang untuk turut serta berkontribusi bagi pendidikan pada jenjang pra sekolahi khususnya di  POS PAUD Kecamatan Sukun. Total dari 33 POS PAUD yang ada di Sukun, teridentifikasi kehadiran peserta  workshop yang berjumlah 24 orang yang menjadi utusan dari 24 lembaga yakni dari unsur kepala sekolah dan guru.

Pelaksanaan workshop dan pendampingan pembuatan rencana pembelajaran tersebut dilakukan melalui teknik penyampaian materi pelatihan buttom-up dengan metode diskusi terbuka, sharing, simulasi penyusunan program  dan pendampingan klinis yang melibatkan instruktur berkapasitas memadai dari unsur tim pengabdi kepada masyarakat yaitu Dr. Hardika, M.Pd, Kukuh Miroso Raharjo, M.Pd, Eny Nur Aisyah, S.Pd.I., M.Pd. Yuspita Ria Anina, S.Pd (Pengawas POS PAUD Kecamatan Sukun Kota Malang), Novia Intan dan Sunarni (mahasiswa dari prodi yang relevan dengan karakteristik anak didik POS PAUD dan juga alumni Universitas Negeri Malang.

Foto 2. Simulasi Penyusunan Program

Workshop dilaksanakan selama 34 jam pertemuan, yang terbagi menjadi 18 jam efektif  interaktif di lokasi (on location interaction) dan 9 jam melalui konsultatif menggunakan online system.

Foto Bersama Peserta Workshop Penyusunan Program Pengembangan Kelembagaan dan pembelajaran POS PAUD di Kecamatan Sukun yang Adaptif terhadap Perkembangan Teknologi Informasi Terkini dan Potensi Lingkungan Sekitar

Bertambahnya wawasan dan pengetahuan, keterampilan serta motivasi kuat para peserta workshop menjadi tujuan utama dari pengabdian kepada masayarakat yang dilaksanakan mulai 23 Agustus s.d 3 September 2019. Hasil dari workshop berupa 24 Program Kelembagaan dan Pembelajaran POS PAUD di Kecamatan Sukun yang Adaptif terhadap Perkembangan Teknologi Informasi Terkini dan Potensi Lingkungan Sekitar pengembangan. Semangat belajar dan keberanian peserta untuk mau berubah dan berinovasi serta berkarya dengan segala keterbatasan adalah hal terbaik yang dapat memajukan POS PAUD  ke masa depan untuk melahirkan generasi cerdas kompetitif bagi Indonesia. (Penulis: Eny Nur Aisyah)

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *