Optimalisasi Pengolahan Virgin Coconut Oil (VCO) Berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Desa Mitra Gajahrejo, Kabupaten Malang

Desa Gajahrejo salah satu desa binaan Universitas Negeri Malang memiliki lahan perkebunan kelapa yang luas dan sumber daya buah kelapa yang melimpah, tapi belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Tim pelaksana pengabdian UM, melakukan kegiatan untuk membantu para warga desa Gajahrejo agar mampu mengolah buah kelapa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Saat ini salah satu olahan kelapa yang sedang digemari yaitu Virgin Coconut  Oil (VCO). VCO sudah dikenal memiliki banyak manfaat yaitu untuk Kesehatan, kecantikan dan beragam manfaat lainnya. Proses untuk mendapatkan VCO yang berkualitas, dilalui dalam beberapa tahapan yaitu dimulai dari pemarutan kelapa, pemerasan santan, pemanasan santan, pendinginan cepat, mesin mixer, sentrifugal VCO, dan proses terakhir yaitu evaporasi vakum. Agar proses tersebut bisa berjalan dengan cepat dan dapat menghasilkan VCO yang berkualitas, maka diperlukan alat Teknologi Tepat Guna (TTG).

Kegiatan dimulai dengan melakukan Forum Group Disscussion (FGD) antara para tim pelaksana dengan pihak Desa Gajahrejo. Kegiatan dilakukan sebelum masa PPKM yaitu pada tanggal 15 April 2021 bersama ketua BUMDES Gajahrejo, dan beberapa para pelaku pengolah VCO.  Kegiatan pelaksaaan pendampingan pengelolahan VCO dilaksanakan pada tanggal 2 November 2021  karena pada bulan ini bertepatan pada panen kelapa di lingkungan Gajahrejo. 

     Gambar 1. Kegiatan FGD dengan Kades, BUMDES, dan pengolah VCO

Untuk menghasilkan VCO yang berkualitas, diperlukan beberapa tahapan. Setiap tahapan dapat diproses menggunakan mesin ataupun secara manual. Mesin yang digunakan untuk mengolah 

VCO, mesin yang dugunakan yaitu mesin sentrifugal yang berfungsi untuk memisahkan cairan yang berbeda yaitu air dengan minyak agar tercipta cairan murni minyak VCO ini. 

Gambar 2 . mesin sentrifugal VCO

Bantuan yang telah dilakukan oleh tim pelaksana pengabdian UM adalah dengan memberi mesin Sentrifugal guna meningkatkan jumlah produksi VCO di Gajahrejo. Warga sangat senang mendapatkan bantuan alat ini karna dapat maksimal menghasilkan produk yang berkualitas dan tahan lama.

Harapan Ketua tim pelaksana pengabdian tahun 2021, adalah  agar dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi warga desa. selait itu nantinya produk mereka bisa dijual di daerah wisatawan sekitar Gajahrejo ataupun dijual dengan menggunakan straegi penjualan digital marketing. 

Sumber: Humas FE

Post Author: Admin Berkarya