Kiat Menghafal Tabel Periodik di SMA/SMK

Nur Chandra Eka Setiawan S.Si., S.Pd., M.Pd

Malang. Menghafal tabel periodik terutama untuk murid yang sedang sekolah di bangku SMA/SMK memang terkadang perlu trik khusus. Trik-trik khusus inilah yang akan diulas bersama Nur Chandra Eka Setiawan S.Si., S.Pd., M.Pd, yang merupakan dosen FMIPA Universitas Negeri Malang. Wawancara kali ini dilakukan oleh tim humas via WA untuk melaksanakan protokol kesehatan yang diterpkan oleh Universitas Negeri Malang.

Tim Humas      : Selamat malam Pak Chandra, mohon maaf mengganggu waktu istirahat Pak Chandra. Saya ingin melakukan wawancara dengan Pak Chandra bisa?

Nur Chandra   : Bisa Mas, langsung saja.

Tim Humas      : Ini ada permasalahan Pak, yang dihadapi oleh teman-teman yang masih sekolah di SMA/SMK, tentang tabel periodik. Sebenarnya tabel periodik dalam kimia itu apakah ada tata nama aturannya dalam kimia atau bagaimana?

Nur Chandra   : Iya, sudah ada tata aturannya.

Tim Humas      : Kalau boleh tahu, trik apa yang mesti digunakan oleh murid SMA/SMK untuk menghafalkan tabel periodik tersebut?

Nur Chandra   : Sering dibaca pasti lama-lama akan hafal dan anak-anak SMA/SMK itu punya cara untuk menghafal. Seperti dibuat nyanyian dll.

Tim Humas      : Jadi dibuat model active learning begitu ya? Lantas apa ada cara untuk melakukan labeling unsur kimia berdasarkan tata nama dalam tabel periodik?

Nur Chandra   : Iya betul. Tabel periodik itu terbagi berdasarkan golongan dan periodenya. Masing-masing memiliki karakteristik sesuai dengan golongan dan periodenya.

Tim Humas      : Wah, lantas apa ada peluang tabel periodik dalam unsur kimia terus bertambah?

Nur Chandra   : Masih ada peluang untuk itu mas.

Tim Humas      : Kira-kira adakah peluang untuk menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran kimia, terutama untuk memahami tabel periodik?

Nur Chandra   : Banyak peluang utk itu. Media pembelajaran ttg tabel periodik dapat berupa media fisik maupun media digital. Di jurusan kimia sudah dikembangkan hal tsb

Tim Humas      : Sebenarnya, manfaat langsung tabel periodik dalam kehidupan sehari-hari itu seperti apa? Maksudnya apakah unsur-unsur dalam tabel periodik itu bisa dilakukan dengan menyenangkan? Apa bisa dilakukan dengan bernalar?

Nur Chandra   : Bisa…karena masing2 unsur memiliki manfaat bagi kehidupan

Tim Humas      : Begini Pak, apa ada relasi antara kemampuan menghafal tabel periodik dengan koginitif yang dimiliki oleh murid SMA/SMK?

Nur Chandra   : Untuk sekarang sepertinya tidak Mas. Saat ujian pasti akan ditunjukkan no.atom n no.massanya. Sebenarnya konsep tentang tabel periodik untuk periode dan golongan yang lebih menentukan karena masing-masing punya karakteristik yang berbeda.

Tim Humas      : Jadi kemampuan mengidentifikasi penciri unsur dalam tabel periodik itu memegang peranan utama ya Pak dalam memahami tabel periodik?

Nur Chandra   : Iya

Tim Humas      : Adakah saran dari Bapak bagi murid SMA/SMK yang sekarang sedang belajar berkenaan tabel periodik?

Nur Chandra   : Pahami karakteristik periode dan golongan

Tim Humas      : Pertanyaan terakhir ini Pak, adakah relasi antara waktu yang dihabiskan untuk belajar tabel periodik dengan kemampuan untuk memahami setiap unsur dalam tabel periodik?

Nur Chandra   : Iya…berkorelasi Mas.

Penulis             : Ferril Irham Muzaki

Post Author: Admin Berkarya