Tetap Aman Berkendara Selama Pandemi Bersama E-Codrive

Tampilan Aplikasi E-Codrive

Malang – Mematuhi protokol kesehatan COVID-19 juga berlaku saat hendak berkendara. Selain mengutamakan keselamatan aman berkendara, pengendara juga harus mengimplementasikan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus.

Menyikapi hal ini, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang terbentuk dalam tim Bikin Karya Creative Media menginovasikan sebuah aplikasi sebagai pemandu virtual berkendara selama masa New Normal.

Melalui inovasi yang bernama Electronic COVID-19 Integrated Drive Maps Zone (E-Codrive) ini pengendara dapat mendapatkan edukasi secara mandiri dan virtual. E-Codrive dikembangkan untuk memberikan informasi dan rekomendasi kepada pengendara melalui fitur-fitur yang disediakan.

Fitrah Izul Falaq selaku ketua tim menunjukkan aplikasi E-Codrive

“Kehadiran E-Codrive akan membantu masyarakat untuk mendapatkan edukasi secara virtual dan mandiri tentang aman berkendara selama masa New Normal,” jelas Fitrah Izul Falaq selaku ketua tim.

E-Codrive dilengkapi dengan fitur Mapping yang akan memberikan informasi rute yang akan dilewati kepada pengendara sebelum memulai perjalanan. Pengembangan aplikasi E-Codrive ini memanfaatkan data sebaran COVID-19 di wilayah sebagai petunjuk rute perjalanan bagi pengendara. Data juga akan diperbarui sesuai dengan perkembangan informasi teraktual terkait status zona wilayah.

Melalui fungsi ini, pengendara dapat melihat status wilayah yang berada di rute perjalanannya dan E-Codrive juga akan memberikan rekomendasi rute terbaik. Pengendara cukup memasukkan daerah asal dan tujuan maka E-Codrive akan menampilkan status wilayah yang akan dilewatinya.

“Penggunaannya mudah dan praktis bagi masyarakat umum. Beragam manfaat dan panduan untuk aman berkendara dapat diperoleh dalam genggaman ponsel. Intinya E-Codrive akan memberikan edukasi, informasi, dan rekomendasi,” terang Fitrah.

Keberadaan aplikasi sejenis yang masih tidak tersedia untuk pengendara menjadi poin utama pengembangan aplikasi ini.

“Ke depannya, kami harap bisa mengembangkan fiturnya menjadi lebih baik lagi dan dapat terus digunakan oleh masyarakat bahkan sampai pandemi telah usai,” timpalnya.

Reporter          : Andita Eka Wahyuni

Post Author: Admin Berkarya