Tingkatkan Kreativitas dan Ekonomi Masyarakat Desa Dayurejo, KKN UM Edukasi Pembuatan Batik Jumputan

Pasuruan. Batik merupakan warisan dari leluhur yang wajib dijaga kelestariannya. Batik sendiri memiliki banyak motif hingga teknik pembuatan yang beragam. Batik jumputan merupakan suatu karya seni yang mempunyai nilai budaya dan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Selain itu bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan batik jumputan relatif mudah didapatkan serta harganya cukup terjangkau. Minggu, 21 Juni 2020 KKN UM 2020 Desa Dayurejo mengadakan sosialisasi video panduan pembuatan batik jumputan dan praktik pembuatan batik. Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Desa Dayurejo yang dihadiri oleh 48 orang ibu PKK dan 5 orang perangkat desa. Sosialisasi yang diadakan tetap mematuhi protokol kesehatan dimana tempat duduk diatur berjarak (1 meter), pemakaian masker, penyediaan hand sanitizer di meja presensi dan adanya pengecekan suhu tubuh.

Masyarakat Desa Dayurejo Khidmat mengikuti sosialisasi Pembuatan Batik

Setelah sosialisasi maka diadakan praktik pembuatan batik jumputan yang diikuti oleh perwakilan ibu PKK Desa Dayurejo. Hal ini bertujuan untuk menambah pemahaman mengenai pembuatan batik jumputan. Secara sukarela 6 orang ibu PKK mengajukan diri untuk mengikuti praktik pembuatan batik jumputan. Dibentuk 2 kelompok yang terdiri dari 3 orang per kelompok untuk mengerjakan 2 buah kain batik jumputan. Praktik ini dipandu oleh 2 PJ proker video panduan pembuatan batik jumputan yaitu Richa Rezadina dan Dese Setiyowulan yang juga dibantu anggota kelompok. Kegiatan ini disambut hangat oleh ibu-ibu PKK, yang mana akan mengagendakan kembali pembuatan batik jumputan untuk mengisi kegiatan PKK.

Praktik Pembuatan Batik

“Kita harapkan untuk teman-teman KKN ini bisa memberikan/menularkan ilmunya diberikan kepada anak-anak muda yang notabenya suka kepada seni syukur-syukur dapat menjangkau seluruh Desa Dayurejo, karena untuk menghadirkan pelatih batik itu pun sudah mahal dan kita manfaatkan dengan hadirnya teman KKN ini bisa memberikan ilmunya secara gratis.” ujar Pak Wahono selaku Kades Dayurejo.

Batik Jumputan karya Mahasiswa KKN UM

Pewarta: Zubaidah Wahyuni – Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UM

Pewarta foto: Muhammad Faza Aizullah – Mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah UM

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published.