IDE: Manfaatkan Push E-mail untuk Pengiriman Informasi

.

Push e-mail adalah teknologi yang membuat handphone bisa membuka e-mail pada saat ada e-mail yang masuk. Jadi, tidak perlu repot masuk ke mail server atau menjalankan Outlook atau sejenisnya.

Apa gunanya push e-mail ini?

Jika saya ikut bertanggung jawab atas suatu kegiatan (antara lain: pendaftaran online UM, registrasi mahasiswa baru, krs online, pendaftaran SNMPTN) maka saya mengirim short message service (SMS) berisi INFO singkat tentang perkembangan kegiatan kepada pejabat yang berkepentingan. Satu SMS dikirim ke 10-15 orang dan dilakukan setiap hari selama 5-10 hari per kegiatan.

Saya membayangkan betapa cepatnya informasi didistribusikan dan tanpa biaya (dari sisi UM) jika pejabat yang berkepentingan memiliki handphone yang bisa menggunakan push e-mail dan berlangganan push e-mail.

Berapa biayanya?

Handphone yang dapat memanfaatkan push e-mail mulai dari harga sekitar Rp 2 juta ke atas. Untuk biaya berlangganan ambil contoh Matrix. Pelanggan Matrix Indosat membayar biaya tambahan (di luar pulsa, SMS, dan GPRS) Rp 140.000 per bulan untuk paket BlackBerry yang mencakup push e-mail, internet, instant messaging, dan Global Positioning System (GPS).

Sanggupkah Divisi Perangkat Lunak memanfaatkan push e-mail?

Mulai pukul 16.30  (15 Juli 2010) sampai saat saya menulis ini pukul 23.00, handphone saya berdering setiap 30 menit karena menerima e-mail yang berisi tentang perkembangan SMPDS II, mencakup jumlah pembeli PIN, total pembayaran, waktu pembelian PIN terakhir, waktu login terakhir dan IP. Juga dilampiri dengan file Excel yang berisi data pembelian PIN. Terima kasih kepada Programmer Sdr. Arrijal yang telah berhasil membuat aplikasi ini. Aplikasi seperti ini akan sangat berguna untuk mendistribusikan informasi secara otomatis dan membangun sistem peringatan dini.

.

Malang, 15 Juli 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

.

Post Author: Johanis Rampisela

2 thoughts on “IDE: Manfaatkan Push E-mail untuk Pengiriman Informasi

    michael

    (18 Juli 2010 - 00:59)

    Tambahan informasi:
    Jika ingin harga yang agak murah dapat memanfaatkan nokia C3 untuk push email yang dibandrol dengan harga 1,1 juta s.d. 1,3 juta.
    Untuk menggunakannya cukup aktifkan GPRS dan Layanan Nokia Messanging

    Saat ini, operator yang sudah mendukung Nokia Mesanging adalah Telkomsel (25.000/bulan), XL (30.000/bulan), Indosat (35.000/bulan).

    Penarifan di atas ada yang sudah termasuk biaya GPRS ada yang belum. Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi website masing-masing operator.

    Salam,
    Michael
    (Alumnus FS UM)

    ekowahyu

    (16 Juli 2010 - 10:25)

    saya sudah menggunakan push-email sejak awal tahun 2009.
    memang sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan konfirmasi email secara cepat.

    ekowahyu-fs um.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *