Program Studi Baru

Berdasarkan surat Direktur Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,  No. 4255/D2.2/2009, tanggal 11 Desember 2009, Perihal: Penyerahan SK Ijin Penyelenggaraan Prodi Baru pada Universitas Negeri Malang di Malang, UM diijinkan menyelenggarakan 2 (dua) prodi baru yaitu:

1. Pendidikan Luar Biasa jenjang program Sarjana (S1) di Fakultas Ilmu Pendidikan.

2. Perpustakaan jenjang program Diploma III (DIII) di Fakultas Sastra.

Dalam suratnya Direktur Akademik berpesan agar tetap mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal, menyelenggarakan proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan mentaati penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan demikian sampai dengan saat ini UM memiliki 7 Fakultas, 1 PPS, 26 jurusan dengan  79 prodi ( 56 prodi kependidikan dan 23 prodi nonkependidikan). Terdiri dari jenjang D III: 10 prodi, S1: 45 prodi, S2: 15 prodi, dan S3: 9 prodi.

Saat ini untuk kelengkapan pembukaan  kedua prodi baru tersebut sedang diproses pembuatan dan pengiriman  Surat Pernyataan Pembukaan Program Studi/ Pendirian Perguruan Tinggi ke Direktorat Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pada tahun akademik 2010/2011 sudah dapat menerima mahasiswa baru setelah rencana daya tampung ditetapkan.

Selamat atas turunnya SK Ijin Penyelenggaraan Prodi Pendidikan Luar Biasa dan Perpustakaan yang berlaku untuk jangka waktu 2 (dua) tahun terhitung sejak tahun akademik pertama setelah ditetapkan pada tanggal 7 Desember 2009.

Post Author: Aminarti Siti Wahyuni

11 thoughts on “Program Studi Baru

    Ahmad Nur Edi

    (20 Februari 2010 - 10:29)

    Oh, iya saya baca info di UM akan merealisasikan konsep bisnis yang prestisius yaitu membangun 2 buah hotel, pruduk air kemasan, one stop shopping, SPBU, dll. Pembangunan perhotelan diarahkan pada pembukaan Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, korelasi dengan jurusan Inglish for Bussines, Tata Boga, dan tata busana yang bersifat komplementer. Saya kira jurusan – jurusan yang bersifat komplementer di UM bisa di sinergikan menjadi Jurusan / Fak. yang baru. Selamat berkarya dan berprestasi. Bravo UM.

    Ahmad Nur Edi

    (20 Februari 2010 - 10:16)

    Asw. Selamat dengan berhasil dibukanya prodi di UM. Tentu merupakan bagian dari pelayanan secara optimal kepada alumni SMA, SMK, MA untuk dapat masuk ke UM dengan jurusan yang lebih variatif, sehingga UM semakin memiliki peran strategis dan akses yang luas untuk membangun bangsa ini lebih maju dan berperadaban. Di FMIPA perlu di buka Jurusan / Fak. baru Farmasi karena di Jurusan Kimia banyak ahli yang berlatar belakang farmasi, di Fisika dibuka prodi instrumentasi, di FIK dikembangkan jurusan ilmu Kesehatan Masyarakat, geografi sains, dikembangkan prodi sains baru baik S-1, S2, dan S3. Sehingga semakin memperluas kiprah UM di tingkat nasional maupun internasional. Memberikan kesempatan bagi tenaga dosen untuk meningkatkan keilmuannya pada sektor yang luas dan spesifik, membuka kesempatan baru penerimaan tenaga edukatif dengan keahlian khusus. Sehingga dengan demikian UM kedepan dapat menajdi pilihan utama masyarakat Indonesia. Semoga tim Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di UM dapat merekonstruksi prodi dan fakultas baru yang memiliki kelayakan dan keandalan. Semoga.

    vina leyga seftriana

    (8 Januari 2010 - 11:35)

    tambah fakultad lagi dunk di um bikin fakultad hukum, apa fakultad apa gtoe biar um tambah rame n tambah maju hehehe…. n tambah terkenal juga dech kampudnya…..

    Denny Tulus Saputra

    (28 Desember 2009 - 13:17)

    Assalamualaikum wr.wb.
    Saya sangat berterimakasih sekali dan sangat berbahagia dengan adanya 2 fakultas baru tersebut, terutama mengenai fakultas FIS. Hal ini berkaitan dengan pengalaman saya pada realitas di lapangan pada saat penelitian skripsi. Saya mahasiswa jurusan Geo namun masuk dalam fakultas mipa termasuk rekan saya yang jurusan sejarah masuk ke dalam fakultas sastra. Banyak guru-guru yang menanyakan hal tersebut. Namun, dengan adanya 2 fakultas baru ini, niscaya akan menjawab semua persoalan tersebut dan tidak menjadikan khalayak bingung lagi.

    Terus berkarya UM!
    Terus maju menghasilkan generasi cerdas penerus perjuangan bangsa!

    Salam,
    Denny Tulus Saputra
    Makasiswa Geografi UM

    Putri Norma Y

    (24 Desember 2009 - 21:02)

    Apa 9 akan ada Prodi baru d FIK y???
    >_<

    Putri Norma Y
    Mahasiswa FIK
    PJR '07

    Noor Farochi

    (21 Desember 2009 - 07:37)

    @Muladi
    Ya Pak, saya sudah baca, tapi menurut saya kok lebih pas dengan rancangan yang saya sampaikan dulu di file Mindjet Mindmanager ya? tapi nantilah itu bisa dibicarakan bersama, terimakasih.

    Noor Farochi – RS BAAKPSI UM

    Muladi

    (17 Desember 2009 - 10:41)

    Salam,
    Selamat atas pembukaan prodi baru sebagai salah satu upaya peningkatan capacity building.
    Proses pengajuan prodi baru selama ini dilakukan secara off-line yaitu melalui tata cara surat-menyurat. Mulai 1 Januari 2010 proses pengajuan prodi baru akan dilakukan dengan kombinasi off-line dan on-line yaitu surat pengajuan dikirimkan secara offline dan data kelengkapannya diunggah melalui alamat http://prodibaru.dikti.go.id. Informasi lengkap tentang pengajuan prodi baru dan perijinan prodi dapat dilihat pada alamat tersebut.
    @pak noor
    Kode baru sudah saya ajukan pak, mohon dikritisi dan hasilnya nanti akan digunakan untuk membangun aplikasi yang baru. Mudah-mudahan tidak keduluan lahirnya Fakultas Psikologi. Rancangan kedua sedang saya siapkan namun dampaknya lebih luas terhadap perubahan sistem sehingga diperlukan banyak perhitungan.

    Selamat bekerja,
    Muladi
    Kepala Pusat TIK

    kusmain

    (17 Desember 2009 - 08:26)

    @Imam Kh
    ya pak Khotib, kesempatan Pustakawan untuk mutasi ke dosen.

    Imam Kh

    (16 Desember 2009 - 09:02)

    –> Pak Noor
    Mari kita garap bareng ya pak, tentu tidak meninggalkan unit terkait lainnya, bersama pasti bisa.

    Noor Farochi

    (16 Desember 2009 - 08:08)

    Kalau ada penambahan Fakultas baru lagi yang repot pasti Pusat TIK, ya Pak Imam Kh.?

    Imam Kh

    (16 Desember 2009 - 07:37)

    Selamat, dapat menambah dan meningkatkan pengabdian UM dan mencerdasan masyarakat.
    (Imam Kh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *