SEMINAR NASIONAL TEQIP UM – PT PERTAMINA

SEMINAR NASIONAL

EXCHANGE EXPERIENCE TEQIP

 

 

TEMA

 

”PENINGKATAN PEMBELAJARAN BERMAKNA MELALUI EXCHANGE EXPERIENCE”

24 November 2012

Penyelenggara:

Universitas Negeri Malang (UM)

bekerja sama dengan

PT Pertamina (Persero) Jakarta

E-mail panitia:

semnasteqip2012@gmail.com

semnasteqip2012@yahoo.co.id

SEMINAR NASIONAL

PENINGKATAN MUTU GURU PENDIDIKAN DASAR MELALUI PEMBELAJARAN BERMAKNA

 

 

RASIONAL 

Peningkatan mutu pendidikan menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak

dan tidak dapat ditun-da-tunda lagi.Salah satu cara untuk meningkatkan

mutu pendidikan adalah peningkatan mutu guru, karena guru memiliki

peranan sentraldalam proses pembelajaran di sekolah. Guru sebagai motivator

dan mediator bagi siswauntuk dapat belajar secara efektif dan efisien.

Guru harus berperan mendorong siswa untuk menjadi profesional

yang mempunyai kemampuan penguasaanmateri, metode, media, dan asesmen,

serta memiliki wawasan yang komprehensif terhadap bidang studi yang diajarkan.

Sebagai salah satu bentuk tuntutan guru yang profesional adalah mampu meng-

komunikasikan secara ilmiah gagasan, ide, pengalaman,ataupun penelitiannya

dalam suatu forum ilmiah. Salah satu forum ilmiah yang dapat digunakan

sebagai wadah komunikasi tersebutadalah seminar. Universitas Negeri Malang (UM)

bekerja sama dengan PT Pertamina(Persero) Jakarta mengadakan seminar nasional

exchange experience TEQIP (Teachers Quality Improvement Program).

Seminar ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk bertukar pengetahuan

dan pengalaman dalam meningkatkanmutu guru pendidikan dasar.

 

 

TUJUAN

  1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru pendidikan dasar.
  2. Meningkatkan profesionalisme guru pendidikan dasar.

 

MATERI dan KEY NOTE SPEAKER

  1. 1.   Program Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Dasar

Oleh: BPSDM

  1. 2.   Kebijakan Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Dasar

Oleh: Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd (Direktur Pembinaan SD

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kemdiknas)

  1. 3.   Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menjadikan Pendidikan Lebih Bermakna

Oleh: Prof. Dr. Sa’dun Akbar (Pakar Pendidikan Karakter Siswa, UM)

  1. 4.   TEQIP sebagai Wahana Pengembangan Pembelajaran Bermakna

Oleh: Dr. Subanji, M.Si (Ketua TEQIP, UM)

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAANHari/Tanggal  : Sabtu, 24 November 2012

Pukul            : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat         : Aula  Utama Gedung A3 Universitas Negeri Malang (UM), Jl. Semarang 5 Malang

 

KONTRIBUSI

Pemakalah                           : Rp 200.000,-

Peserta Guru/Mahasiswa        : Rp 100.000,-

Peserta Dosen/Umum            : Rp 150.000,-

Bagi peserta TEQIP maupun alumni TEQIP bebas biaya kontribusi. Kuota peserta

dan pemakalah maksimum 300 orang.

Kontribusi seminar dibayar-kan langsung ke panitia pada hari pelaksanaan seminar.

Setiap peserta dan pemakalahakan mendapatkan Seminar KIT dan Sertifikat.

 

CONTACT PERSON:

Erry Hidayanto (081803829306)

Siti Zubaidah (081334435234)

Mimin Nurbintarti (0811363163)

Sekretariat: Kantor TEQIP, Jl. Surakarta 7C Malang

 

MAKALAH SEMINAR

Peserta diberi kesempatan untuk menulis makalah yang relevan dengan tema

seminar dan dipresenta-sikandalam sesi paralel. Soft file abstrak dan makalah

lengkap diterima panitia paling lambat tanggal 17 November 2012 dapat dikirim

melalui email pani-tia. Sesi paralel yang disediakan meliputi:

  1. Matematika dan Pembelajaran Matematika.
    1. IPA dan Pembelajaran IPA.
    2. Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
      1. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar.
      2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study.

 

SISTEMATIKA PENULISAN

  1. 1.   Hasil Pemikiran:

Judul, Nama Penulis (tanpa gelar akademik), Abstrak (maks. 100 kata),

Kata Kunci, Pendahuluan, Bahasan Utama, Kesimpulan dan Saran,

Daftar Rujukan.

 

  1. 2.   Hasil Penelitian/Lesson Study:

Judul, Nama Penulis (tanpa gelar akademik), Abstrak (maks. 100 kata), Kata Kunci,

Pendahuluan (berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian/

kegiatan), Metode/Langkah Kegiatan, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran,

Daftar Rujukan.

 

 

                                                              FORMULIR PENDAFTARAN

 

Nama     :

Instansi  :

Alamat   :

Telp       :

Email     :

Alamat Rumah:

 

Dengan ini saya mohon didaftarkan sebagai :

 

Peserta seminar

Pemakalah Sesi Paralel A/B/C/D/E*)

 

 

Judul :

 

______________2012

 

(Tanda tangan dan Nama Lengkap)

                                                                                                                    (__________________)Tanda tangan dan nama terang

 

 

*) coret yang tidak perlu

 

 

 

 

Post Author: humas admin

Comments are closed.