Tim Peneliti Dosen PG PAUD UM, KB-TK Laboratorium Universitas Negeri Malang bersama Tim MRI, Adakan Kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini

Malang, 29 Agustus 2022 Tim Dosen PG PAUD Universitas Negeri Malang, TK-KB Laboratorium ¬†Universitas Negeri Malang bersama dengan Tim MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) berhasil menyelenggarakan kegiatan mitigasi bencana untuk anak usia dini. ¬†Kegiatan ini mengambil judul “Pengembangan Model Permainan Aktivitas Gerak untuk Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Anak Usia Dini” yang bertempat di KB & TK Laboratorium Universitas Negeri Malang Jl. Magelang No. 2 Malang.

Kegiatan ini di ketuai oleh  Dr. Pramono, S.Pd, M.Or. anggota Dr. Yudithia Dian Putra, M.Pd., M.M, dr. Anindya HapsariM.Kes, Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd, Dr Norasykin Mohd Zaid dan yang diikuti oleh enam mahasiswa penelitian, yaitu Ainul Nur Khusna, Ajeng Galuh Pratiwi, Farida Nur Maulidya, Fatimatuz Zahro, Isna Retno Sari, dan Maya Rahmah Dian. Pembukaan kegiatan ini di ruang gugus TK & KB LAB UM. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan visualisasi materi bencana gempa bumi dan gunung meletus yang ditampilkan oleh tim MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) melalui LCD proyektor. Setelah kegiatan visualisasi selesai, anak-anakmelanjutkan kegiatan praktek mitigasi bencana, seperti: kebakaran, angin puting beliung, banjir, gempa bumi indoor dan gempa bumi outdoor yang dibagi menjadi lima pos. Dalam hal ini tim MRI menyediakan berbagai alat dan media sebagai penunjang kegiatan.

Sebelum kegiatan di tutup, anak-anak melaksanakan kegiatan bermain dengan permainan ular tangga di masing-masing kelas yang mana terdapat perintah di setiap kotaknya. Adapun perintah tersebut berkaitan dengan upaya mitigasi bencana yang diwujudkan dalam berbagai aktivitas gerak.

Mengingat bahwa di Kota Malang cukup banyak terjadi bencana seperti angin kencang, banjir, gempa, bahkan juga berkemungkinan terjadi gunung meletus karena kota malang di apit oleh banyak gunung aktif. Sehingga tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak usia dini terkait dengan upaya mitigasi bencana.

penulis : Dr. Pramono, S.Pd, M.Or

Post Author: humas admin