Mahasiswa UM Ciptakan Inovasi Edukasi Budaya Indonesia di Masa Kini

Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) KAMAL UCUL menggagas sebuah produk inovatif yang mendekatkan kembali budaya Indonesia dengan masyarakat. KAMAL UCUL merupakan singkatan dari Key Chain for Smart Learning Our Culture. Tim KAMAL UCUL membuat 34 gantungan kunci sesuai provinsi di Indonesia dengan desain yang berbeda-beda. Di sisi belakang gantungan kunci akan terdapat Quick Response Code (QR Code) yang merupakan kunci untuk mengakses aplikasi edukasi budaya.

“Kami mengolaborasikan teknologi dalam gawai dan gantungan kunci, yang mana keduanya merupakan benda yang dekat dengan sehari-hari,” tutur Nahdhiah Ketua Tim KAMAL UCUL.

Lewat Quick Response Code, pembeli dapat masuk mengakses aplikasi untuk belajar dan bermain sesuai dengan provinsi gantungan kuncinya. Nantinya, pembeli gantungan kunci dapat mengunduh aplikasi ‘Cerdas Budaya Kamal Ucul’ di Playstore dan menggunakannya di gawai.

Ide KAMAL UCUL didasari oleh betapa kayanya Indonesia akan warisan budaya. Sayangnya, generasi muda Indonesia saat ini minim rasa bangga akan budayanya. Saat ini hampir semua orang memiliki gawai. Oleh karena itu, kolaborasi antara gantungan kunci yang merupakan benda keseharian dan gadget yang juga dekat dengan kehidupan merupakan strategi dan potensi besar dalam upaya meningkatkan kecintaan sekaligus wawasan terhadap budaya Indonesia. Gawai yang notabene dapat menjadi sarana berdampak negatif dapat diarahkan ke hal positif sebagai sarana edukasi budaya Indonesia.

“Dengan karya kami ini, saya berharap budaya Indonesia semakin dikenal dunia dan dicintai oleh bangsanya,” harap mahasiswa pendidikan tersebut.

Tim KAMAL UCUL merupakan kolaborasi Umi Nahdhiah dengan anggota Nindya Seftiana, Hanif Samsu Angga Risky, Vina Nur Machabbatulillah, dan Kristina Adeliya Putri di bawah bimbingan dosen Yuniawatika, S.Pd, M.Pd. Gantungan kunci KAMAL UCUL akan diperkenalkan secara luas melalui akun instagram @ganci_kamalucul dan nantinya juga akan dipasarkan di sekolah, toko oleh-oleh, dan berbagai market place untuk menggaungkan budaya Indonesia.

Penulis: Umi Nahdhiah

Post Author: Admin Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *