Menuju Guru Pendidik Profesional di Sekolah Dasar

Menjadi seorang pendidik profesional merupakan salah satu tuntutan di era global. Sejalan dengan tantangan tersebut Program Studi (Prodi) PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Jurusan KSDP-FIP UM merespon tantangan tersebut dengan mengadakan perkuliahan dengan tema Magang 1 pada tanggal (7/25/2016).

Sasaran akhir dari kegiatan magang 1 bagi peserta perkuliahan adalah (1) peserta perkuliahan mengadakan pengamatan langsung tentang kultur dan budaya komunikasi di sekolah, (2) peserta perkuliahan mengadakan pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pedagogoik, kepridaian dan sosial, (3) peserta perkuliahan mengadakan pengamatan untuk memperkuat pemahaman terhadap siswa dan perserta didik di lingkungan sekolah dasar (4) peserta perkuliahan mengadakan pengamaan langsung atas proses pembelajaran di kelas, dan (5) perserta perkuliahan mampu mengadakan refleksi hasil pengamatan pembelajaran.

13754342_1668443036814768_4273326015951350963_n

Ruang lingkup dari kegiatan magang satu adalah (1) mengenali kultur, iklim, dan komunikasi sekolah dasar, sturktur organisasi sekolah, (3) mengenai tugas, pokok, dan fungsi guru secara langsung, mengenali sistim administrasi di SD, (5) memahami kegiatan ekstra kurikuler di SD, mengenali pengenalan karakteristik siswa SD sesuai dengan umur dan kelas, melakukakan studi kasus dan menyusuan solusinya dan mediagnosa kesulitan belajar siswa.

13775437_1668443033481435_6472850094955722792_n

Dengan kegiatan magang 1, peserta perkuliahan Magang 1 program studi PGSD pada akhirnya memiliki jiwa sebagai seorang pendidik sebagaimana yang digariskan oleh Ki Hadjar Dewantoro yakni Ing Ngarso Sung Tulodho (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik), Ing Madyo Mbangun Karso (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan Tut Wuri Handayani (seorang guru wajib memberikan dorongan atau arahan).

 

(fimz)

Post Author: humas admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.