Mari Konsultasi Karir Bersama Drakulo

Di Indonesia, sejumlah 87% mahasiswa mengalami fenomena “salah jurusan” dari jumlah mahasiswa secara keseluruhan. Hal tersebut berdampak pada banyaknya ketidaksesuaian jurusan saat kuliah dengan bidang pekerjaan yang dimiliki individu. Fenomena ini terjadi salah satunya dipicu oleh ketidaksiapan perencanaan karir pada saat individu berada di tingkatan sekolah menengah atas. Untuk mengatasi masalah tersebut Ofik Suprihatin, Nur Izzatin Nufus, dan Muhammad Khoironi mencetuskan Drakulo (Psikodrama Kromo Inggil Jowo).

Drakulo, psikodrama dengan menggunakan bahasa Jawa Kromo Inggil merupakan teknik konseling kelompok yang dilakukan dengan cara bermain peran, dan naskah drama yang dibuat dalam bahasa Kromo Inggil yang dibuat sendiri oleh siswa mengenai hal yang berhubungan dengan situasi karir yang akan dihadapi oleh siswa tersebut berdasar skenario. Menurut Ofik dkk, keunggulan teknik konseling ini adalah siswa dapat merasakan langsung berbagai peran yang ada dalam kehidupan kerja melalui bermain peran dan siswa juga dapat menggali dan mengembangkan kemampuannya secara tepat, tanpa membuang waktu untuk melewati masa ‘trial and error’ dalam perencanaan karirnya.

Ofik bersama kedua temannya melakukan penelitian pada remaja di Kota Malang, dengan sampel penelitian yaitu 8 orang siswa SMA Panjura Kota Malang. Setelah dianalisis hasil penelitiannya, didapatkan bahwa 4 subjek sebagai kelompok eksperimen yang melaksanakan teknik konseling psikodrama kromo inggil jowo mengaalami peningkatan nilai yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh pemberian evaluasi secara langsung setelah dilaksanakannya proses konseling psikodrama tersebut. Maka, dapat disimpulkan bahwa Drakulo berpengaruh terhadap perencanaan karir siswa SMA Panjura Kota Malang.

Penulis: Tismen Yoga Pradana

Post Author: Arvendo Mahardika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *